gentlemancode.id
AJUKAN PERTANYAAN INI KETIKA LO MEETING BRO, JANGAN ASAL NANYA YA!
3 Jenis Pertanyaan Penting yang Perlu Ditanyakan Saat Meeting

3 JENIS PERTANYAAN PENTING YANG PERLU DITANYAKAN SAAT MEETING

Published on Friday, 22 June 2018

Beberapa waktu yang lalu, kita sempat membahas tentang bagaimana agar meeting menjadi efektif dan cara agar kita tidak mengantuk saat meeting. Nah, seperti yang sudah disebutkan pada artikel tersebut bahwa salah satu agar Lo nggak mengantuk dan fokus saat meeting adalah dengan cara bertanya saat meeting berlangsung. Tapi jangan asal nanya ya bro, pastikan pertanyaan Lo itu memang layak bukan pertanyaan yang sebenarnya sudah dibahas atau pertanyaan yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan isi meeting. Kalo Lo asal nanya, bisa-bisa Lo dianggap cuma cari muka doang, bro. Hati-hati!

Pertanyaan yang harusnya ditanyakan akan mendorong temuan-temuan informasi yang lebih mendalam dan berguna untuk pemecahan masalah yang sedang dihadapi oleh perusahaan atau suatu tim dalam sebuah perusahaan. Ini juga bertujuan agar peserta yang lain dapat memahami isi diskusi supaya nggak nge-blank atau bengong doang!

Nah kali ini Gentlemancode akan mencoba memberikan Lo tips mengenai pertanyaan apa saja yang perlu ditanyakan saat meeting. Check it out!

1. Hal Apa yang Sangat Penting Untuk Dibahas dan Apa Solusinya

Hal penting di sini maksudnya adalah inti dari permasalahan. Kita perlu mengeliminasi hal-hal yang sangat tidak berhubungan dengan isi meeting yang malah akan membuat kita membuang waktu percuma. Hal-hal yang tidak berhubungan itu mungkin berguna suatu saat nanti, tapi lebih baik dibicarakan saat inti permasalahan sudah medapat solusi atau dibahas di lain waktu. Selain itu kita juga perlu ingat bahwa meeting diadakan untuk menemukan solusi bukan mempertanyakan siapa yang salah. Lebih baik kita membahas satu persatu masalah atau penyebab dari masalah dan mencari solusi apa yang bisa coba dilakukan. Lo juga boleh banget bro mengkonfirmasi solusi atau hasil dari meeting agar peserta meeting mempunyai pemikiran yang sama.

2. Menanyakan Langkah Apa yang Lo Harus Kerjakan Selanjutnya

Biasanya ya bro, setelah meeting akan ada tugas yang diberikan kepada orang yang berhubungan sebagai bentuk dari solusi pemecahan masalah. Saat semua sudah sepakat apa solusi dari permasalahan perusahaan kadang moderator meeting lupa mengkonfirmasi apa saja langkah selanjutnya yang akan dilakukan setiap karyawan. Saat itulah Lo perlu menanyakan Langkah apa saja yang harus Lo kerjakan selanjutnya. Lo juga perlu menanyakan detil dari langkah yang Lo kerjakan dan kapan batas waktunya. Jangan sampai ada ekspektasi yang Lo nggak bisa penuhi karena ketidaktahuan apa saja detilnya. Jangan lupa konfirmasi agar semua sepakat atas Langkah Lo selanjutnya dan kapan kira-kira akan meeting lagi untuk mereview atas hasil dari apa yang sudah dilakukan.

3. Jangan Takut Untuk Mempertanyakan Pendapat Divisi Lain

Tujuan diadakannya meeting itu adalah untuk mencari solusi dari permasalahan yang sedang terjadi. Solusi ini bisa saja didapatkan dari divisi lain yang kadang tidak diperhitungkan. Kadang dari mereka kita bisa dapat solusi, bro! Beberapa peserta meeting mungkin takut atau malu untuk mengemukakan pendapat mereka tentang permasalahan atau ide yang bisa coba dilakukan untuk memecahkan masalah tersebut. Di saat itulah Lo perlu berani untuk "memancing" mereka dengan mempertanyakan pendapat mereka. Setelah itu jangan lupa untuk konfirmasi dari pendapat mereka agar yang lain juga mengerti.

Nah itu tadi bro pertanyaan-pertanyaan yang harus Lo ajukan saat meeting. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya. Thanks!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini