gentlemancode.id
8 Hal ini akan membuat Lo tidak disukai ketika wawancara kerja

8 HAL INI AKAN MEMBUAT LO TIDAK DISUKAI KETIKA WAWANCARA KERJA

Published on Wednesday, 13 December 2017

Buat Lo yang kerja sebagai HRD dan tugas Lo adalah menyeleksi calon karyawan, Lo pasti tahu kalo tugas seorang pewawancara itu banyak banget. Setiap hari, seorang pewawancara pasti dihadapkan dengan tumpukan resume dari kandidat-kandidat untuk diperiksa. Selain itu, mereka juga lah yang nanti harus memutuskan siapa yang akan lolos untuk menjadi karyawan.

Sebagai perekrut, mereka pasti memiliki kriteria tertentu ketika mereka akan meloloskan kandidatnya. Nah, nggak semua kandidat akan diterima dan nggak semua kandidat akan dilirik oleh perekrut karena faktanya ada kandidat yang malah tidak disukai oleh pewawancara kerja.

Untuk itu Bro, menjadi kandidat yang disukai oleh pewawancara adalah hal mutlak yang harus Lo dapatkan ketika Lo melakukan wawancara karena bagaimanapun juga mereka lah yang akan memutuskan Lo akan diterima atau tidak.

Dibawah ini adalah beberapa hal yang harus Lo hindari supaya Lo tidak menjadi kandidat yang tidak disukai oleh pewawancara. Simak penjelasan ini ya!

1. Resume yang tidak lengkap

Saat Lo melamar pekerjaan, Lo pasti diminta untuk mengirimkan resume. Resume berfungsi untuk menjelaskan profil Lo dan itu akan dipakai untuk menentukan apakah Lo cocok dengan kriteria pekerjaan yang Lo lamar.

Yang sering terjadi nih Bro, pelamar sering mengirim resume yang tidak lengkap. Hal ini tentu tidak akan disukai oleh pewawancara karena informasi yang mereka dapat tidak lengkap.

Kalo Lo pengen diterima untuk pekerjaan yang Lo lamar, maka Lo harus pastikan resume yang Lo kirim udah lengkap tidak kekurangan satu informasi apapun.

2. Melamar pekerjaan yang tidak sesuai

Banyak kejadian dimana banyak pencari kerja yang melamar pekerjaan yang sebenernya tidak sesuai dengan diri mereka. Nah, sebagai pewawancara, tentunya mereka lebih menyukai kandidat-kandidat yang memang cocok dengan pekerjaan yang mereka sediakan. Banyak orang yang buru-buru ingin diterima bekerja sehingga mereka rela melamar pekerjaan apa pun sekalipun itu tidak sesuai dengan keahliannya.

Ada juga pelamar yang tidak membaca deskripsi pekerjaan dengan teliti sehingga mereka tidak membaca informasi-informasi penting seperti job description atau syarat apa saja yang dibutuhkan.

Akibatnya, perekrut banyak sekali mendapatkan lamaran yang beberapa diantaranya tidak sesuai dengan persyaratan yang mereka minta. Nah, hal ini tentu akan menyulitkan mereka dalam mengidentifikasi kandidat yang tepat dan tentu mereka tidak akan menyukai hal seperti ini.

Sebaiknya, sebelum Lo melamar pekerjaan, Lo harus pastiin bahwa Lo udah memahami persyaratan yang dibutuhkan jangan asal apply doang.

3. Bersikap Kasar

Seorang pewawancara pasti harus selalu bertemu dengan banyak orang setiap harinya. Mereka terbiasa berhadapan dengan banyak orang dengan karakter yang berbeda-beda. Namun, meskipun begitu bukan berarti mereka bisa menerima orang yang memiliki sikap yang kasar.

Sebagai orang yang melamar kerja, dan Lo sebenernya butuh sama mereka, sudah menjadi kewajiban Lo untuk bersikap baik terhadap mereka. Lo harus memperhatikan cara Lo berpakaian, dan Lo juga harus memperhatikan bagaimana Lo bertutur kata. Interkasi  yang Lo lakukan akan menjadi poin tersendiri yang akan menentukan apakah Lo patut untuk diterima atau tidak.

4. Mencampur CV dan surat lamaran pekerjaan

Bro, Lo harus tahu kalo surat lamaran dan daftar riwayat hidup adalah dua hal yang berbeda karena kedua berkas ini memiliki tujuan yang berbeda. Jadi, pastikan Lo tidak mencampur keduanya dalam satu berkas.

Surat lamaran akan membantu Lo menyakinkan perekrut, sementara Lo bisa menambahkan informasi pengenai profil pribadi Lo di dalam CV. Daftar riwayat hidup atau CV harus mencantumkan pengalaman, keterampilan, serta hal-hal lain yang relevan untuk pekerjaan yang sedang Lo lamar.

Periksa kembali daftar riwayat hidup dan surat lamaran yang Lo miliki dan pastikan keduanya udah Lo buat dalam berkas terpisah.

5. Tidak mengikuti aturan

Setiap perusahaan pasti memiliki aturan-aturan tertentu ketika akan menyaring para pelamar. Lo pasti pernah ngalamin dimana Lo harus membawa CV dengan format tertentu atau Lo harus memakai pakaian tertentu ketika Lo melamar kerja.

Ketika perekrut memberlakukan aturan-aturan tertentu ketika Lo melamar kerja, maka Gw sarankan Lo untuk mengikutinya. Aturan-aturan itu dibuat pasti karana satu alasan dan sebaiknya Lo tidak mengacaukan apa yang sudah mereka rencanakan dengan aturan-aturan yang sudah mereka buat.

6. Apa yang di tulis dan dikatakan tidak terbukti

Lo harus hati-hati Bro dengan apa yang Lo tulis dan Lo katakan ketika wawancara. Salah satu hal yang tidak disukai oleh perekrut adalah pelamar tidak bisa membuktikan apa yang mereka tulis di CV atau mereka katakan ketika wawancara. Jangan membicarakan hal yang tidak Lo kuasai dan Lo jangan ngaku-ngaku kalo Lo menguasainya. Jangan Bro!

Pastikan apa yang Lo tulis dan Lo katakan kepada pewawancara bisa Lo buktikan Bro bukan hanya sekedar omogan doang.

7. Bohong

Kebohongan akan merusak segalanya, Bro.  Berusahalah untuk menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara dengan jujur, tidak dikurangi dan tidak dilebih-lebihkan. Kebohongan yang Lo lakukan entah gimana caranya pasti akan ketahuan, entah itu sekarang atau nanti, Bro.

Jujur lah dari awal, karena pewawancara akan sangat menghargai itu.

8. Tidak antusias

Seperti yang Gw sempet bilang di atas, bahwa banyak orang yang melamar suatu pekerjaann meski sebenernya mereka tidak tertarik terhadap pekerjaan tersebut. Alhasil, mereka tidak antusias ketika melakukan wawancara dan ini tentu tidak akan disukai oleh pewawancara.

Sebagai orang yang melamar kerja, Lo harus antusias Bro. Lo harus tunjukin bahwa Lo betul-betul menginginkan pekerjaan tersebut.  Kalo Lo emang ingin diterima bekerja, ya Lo harus tunjukin kalo Lo emang tertarik sama pekerjaan yang Lo lamar bukan malah sebaliknya.

Kesimpulan

Pewawancara kerja adalah salah satu sosok yang penting dalam pengambilan keputusan apakah Lo akan diterima bekerja atau tidak. Untuk itu penting buat Lo untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak disukai oleh mereka, Bro.

Lo harus memberikan kesan yang baik kepada pewawancara kerja  dan Lo harus bisa meyakinkan mereka bahwa Lo adalah kandidat yang paling tepat untuk diterima sebagai karyawan baru disana.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini