gentlemancode.id
Ini yang harus Lo lakukan ketika Lo kena PHK

INI YANG HARUS LO LAKUKAN KETIKA LO KENA PHK

Published on Wednesday, 07 March 2018

Kena PHK itu nggak enak. Apalagi Lo mengalami ini ketika Lo sudah berkeluarga. Mungkin Lo akan mengalami shock bahkan stres karena mungkin Lo kepikiran gimana caranya nanti harus memenuhi kebutuhan keluarga. Terlebih Lo tidak merasa melakukan kesalahan apa-apa selama Lo melakukan pekerjaan Lo, pasti Lo makin bingung lagi.

Sebetulnya, alasan perusahaan dalam melakukan PHK bukan hanya karena seorang karyawan melakukan kesalahan saja, tapi banyak faktor bro. Salah satunya adalah karena perusahaan ingin melakukan efisiensi karena beban perusahaan dirasa terlalu besar. Untuk itu, PHK adalah salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut.

Kalo misalnya Lo mengalami ini, pastikan Lo melakukan 5 hal ini supaya Lo bisa segera mengatasi hal tersebut.

1. Mintalah penjelasan mengenai alasan kenapa Lo di PHK

Hal pertama yang harus Lo lakukan adalah Lo harus minta penjelasan sejelas-jelasnya mengenai alasan kenapa Lo sampe kena PHK. Ini penting bro supaya Lo bisa tahu alasan Lo di PHK itu apa, jangan sampe menggantung tanpa alasan yang jelas. Setidaknya Lo tahu apa alasan yang membuat Lo sampe diberhentikan dari pekerjaan Lo.

2. Pastikan Hak Lo dipenuhi oleh perusahaan

Ketika Lo terkena PHK sebetulnya perusahaan memiliki beberapa kewajiban yang harus ditunaikan sama Lo, dan salah satunya adalah memberikan uang pesangon. Pastikan perhitungan uang pesangon Lo jelas dan sesuai dengan peraturan pemerintah. Lo harus tahu berapa jumlah uang pesangon yang akan Lo terima dan kapan uang tersebut akan dibayarkan.

Sebagai referensi Lo bisa membaca cara mengenai perhitungan uang pesangon disini: http://bit.ly/2u24lXo

3. Pastikan bahwa perusahaan Lo itu akan memberikan surat rekomendasi ketika Lo akan malamar kerja nanti

Bila memungkinkan, Lo bisa meminta surat rekomendasi dari perusahaan Lo untuk nanti Lo gunakan ketika akan melamar pekerjaan lagi. Ini akan sangat membantu banget bro karena Lo setidaknya punya sesuatu yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk perusahaan yang Lo lamar nanti.

Surat rekomendasi ini hanya bisa Lo dapet ketika Lo emang tidak punya masalah sama perusahaan Lo, bro. Dengan kata lain Lo nggak pernah melakukan kesalahan yang fatal selama Lo bekerja disana.

4. Jika memungkinkan, minta perusahaan untuk mencarikan pekerjaan yang baru buat Lo

Nggak ada salahnya Lo meminta perusahaan Lo untuk mencarikan pekerjaan yang baru buat Lo. Lo bisa menanyakan hal ini bro, apakah perusahaan bersedia untuk mencarikan pekerjaan dengan koneksi yang mereka miliki. Kalo mereka bersedia maka ini akan sangat memudahkan Lo untuk mendapatkan pekerjaan lagi. jadi, jangan ragu untuk bertanya mengenai hal ini.

5. Segera cari kerja lagi

Ketika Lo sudah mendapatkan informasi mengenai pemutusan hubungan kerja, maka Lo harus segera mencari pekerjaan baru, bro. Selain Lo melakukan 4 hal yang disebutkan tadi, Lo tetap harus mencari info mengenai lowongan-lowongan pekerjaan supaya Lo bisa segera mendapatkan pekerjaan baru. Dengan pengalaman dan surat rekomendasi dari perusahaan Lo, seharusnya Lo akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan lagi.

PHK adalah hal yang bisa terjadi kepada semua orang dan itu memang nggak enak. Untuk itu, hargai pekerjaan yang Lo miliki saat ini dan bekerjalah dengan penuh tanggung jawab.

Apabila Lo terkena PHK, jangan putus asa bro karena dunia ini masih berputar. Tetap berusaha dan tetap semangat karena kesuksesan hanya bisa diraih oleh orang-orang yang mau berusaha dan bekerja keras.

Keadaan memang tidak selalu seperti yang kita inginkan, tetap berfikir positif dan terus melangkah kedepan.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini