gentlemancode.id
PENGEN NGAJUIN KENAIKAN GAJI? IKUTI 4 LANGKAH INI, BRO!
Mau Naik Gaji? Coba Lakukan 4 Langkah ini!

MAU NAIK GAJI? COBA LAKUKAN 4 LANGKAH INI!

Published on Friday, 08 June 2018

Udah bekerja lama tapi gaji tetap segitu-segitu aja? Apakah performa kerja kita kurang baik? Apakah kita salah pilih perusahaan? Mungkin pertanyaan-pertanyaan tersebut sering ada di pikiran Lo. Kebutuhan yang terus meningkat kadang membuat Lo berpikir lagi tentang pendapatan atau gaji yang Lo terima. Inilah yang akhirnya membuat pertanyan-pertanyaan tadi muncul, bro. Untuk masalah ini, Lo bisa aja sebetulnya mencoba menyakan hal ini kepada HRD atau atasan Lo. Tapi sebelum itu, coba lakukan hal di bawah ini dulu ya, bro.

Coba Pelajari Kebijakan dan Kondisi Perusahaan

Setiap perusahaan mempunyai kebijakan yang berbeda-beda terhadap penilaian kinerja atau asersi terhadap karyawannya. Mungkin kebijakan ini nggak bisa Lo pertanyakan saat Lo wawancara pertama kali, tapi nggak ada salahnya kebijakan ini Lo tanyakan kepada HRD atau atasan Lo. Hal ini juga bisa berguna agar Lo bisa menyesuaikan ekspektasi Lo terhadap kebijakan perusahaan yang berkaitan dengan kesejahteraan karyawan. Selain itu, cobalah untuk mencari tahu tentang kondisi perusahaan, apakah perusahaan sedang profit atau justru mengalami kerugian.

Evaluasi Performa Kinerja 

Tingkat kesejahteraan Lo akan berbanding lurus terhadap performa kinerja Lo, bro. Cobalah evaluasi apakah kinerja Lo udah sesuai dengan harapan dari atasan atau belum. Lo juga perlu evaluasi sudahkah Lo melakukan kinerja yang baik dan mencapai KPI (Key Performance Indicator) yang ditetapkan? Nah, ini bro yang kadang orang banyak missed. Kadang orang kurang aware terhadap KPI yang ditetapkan untuk kinerja pribadi setiap karyawan sehingga akhirnya nilai yang didapatkan tidak maksimal.

Kumpulkan Data Pasar Sebagai Informasi Tambahan

Cari informasi tentang gaji yang sesuai dengan lingkup pekerjaan Lo di perusahaan lain, bro! Informasi ini berguna untuk melihat seberapa besar gaji yang sesuai dengan pekerjaan Lo sekarang. Kalau memang udah di atas gaji rata-rata, berarti mungkin gaji Lo udah mentok, bro. Coba cari informasi ini di Salary.com, GenderGapApp, atau Getraised.com.

Tentukan Waktu yang Tepat

Kalau semua persiapan dan langkah di atas sudah Lo lakukan, maka sekarang Lo perlu mengetahui waktu yang tepat untuk mempertanyakan tentang kenaikan gaji Lo ke atasan Lo. Coba cari waktu yang tepat untuk kalian ketemu agar nanti Lo bisa mengungkapkan semua unek-unek Lo. Kemukakan dengan jelas mengenai alasan kenapa Lo menginginkan kenaikan gaji. Kemukakan juga hasil dari performa kinerja Lo selama ini dan seberapa besar pengaruh pekerjaan Lo itu kepada perusahaan.

Saat permintaan kenaikan gaji Lo disetujui oleh atasan, maka Lo perlu meningkatkan kinerja Lo lebih baik lagi agar karir dan gaji Lo semakin cemerlang. Apabila permintaan kenaikan gaji Lo tidak disetujui, Lo perlu menanyakan alasannya dengan sopan. Lo juga perlu menanyakan kinerja apa yang harus Lo tingkatkan untuk bisa memenuhi target perusahaan sehingga gaji Lo bisa naik.

Nah itu tadi langkah-langkah yang perlu Lo ketahui bro ketika Lo ingin mengajukan kenaikan gaji bro! Kalau tidak ada kenaikan juga, Lo perlu memikirkan apakah Lo akan sabar menunggu atau pindah ke perusahaan lain yang bisa memberikan gaji dan tunjangan yang sesuai harapan Lo.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini