gentlemancode.id
Tipe-tipe Pekerja Kantoran

TIPE-TIPE PEKERJA KANTORAN

Published on Monday, 06 August 2018

Beda orang, beda caranya dalam bekerja, bro. Beda kantor, beda juga tipe-tipe orang di dalamnya. Lo pekerja kantoran? Langsung aja deh bro, setiap orang yang bekerja di suatu perusahaan atau kantor, pastilah memiliki karakter berbeda, baik saat ia bekerja ataupun bersosialisasi dengan rekan-rekan kerja lainnya. Nah, kali ini Gentlemancode akan mengulas tentang tipe-tipe pekerja kantoran, Lo termasuk yang mana nih?

1. Tipe Pekerja Keras

Pekerja keras biasanya dibentuk dari apa yang sebelumnya ia lewati dan tujuannya dalam hidup. Tipikal yang dimaksud di sini, bukan ia yang bekerja rodi, sampai pulang larut malam, bro. Tapi adalah ia yang terlalu rajin bekerja, biasanya cerdas dan selalu berkomitmen dengan apa yang ia kerjakan, atau biasa disebut overcommited worker. Dia selalu mengerjakan apapun yang sudah menjadi jobdesc-nya atau bahkan sedikit di luar jalur demi kesuksesan perusahaan, tipikal ini tidak pernah menolak jika disuruh untuk melakukan berbagai hal.

Dengan adanya pekerja tipe ini, biasanya akan sangat membantu dalam satu divisi, bro. Terutama untuk menutupi kekurangan orang yang kurang rajin dalam divisi tersebut. Tapi bro, kadang tipe ini juga bisa menjadi menyebalkan karena semua kesempatan diambil atau dikerjakan oleh tipe ini sehingga pekerja lain nggak mendapatkannya.

Adakah rekan kerja Lo yang seperti ini, bro? Atau justru Lo yang termasuk ke dalam tipe ini? Nggak masalah bro, sebetulnya patut buat dicontoh, dan jangan salah, dengan menjadi pekerja keras dan cerdas, kemungkinan untuk naik level dalam perusahaan tersebut akan semakin tinggi.

2. Tipe Pekerja Tim

Tipe pekerja ini biasanya adalah tipe pekerja kantoran yang penuh semangat yang menyukai bekerja dalam tim daripada bekerja sendiri. Tipe ini biasanya adalah individu yang banyak berbicara, dan juga adalah dia yang paling baik dalam hal memulai pekerjaan. Tapi nih bro, biasanya untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan dibutuhkan kerjasama dan semangat anggota lainnya dalam tim.

Tipikal ini biasanya sering melakukan hal-hal spontan, dan bisa mengerjakan banyak hal dalam waktu bersamaan atau multitasking. Apakah Lo termasuk tipe ini, bro?

3. Tipe Individual

Tipe ini adalah kebalikan dari tipe di poin dua. Tipe ini cenderung lebih suka untuk bekerja secara individu, cenderung lebih menyukai obrolan yang berfokus, dan bekerja secara sistematis. Biasanya dalam pergaulan, tipikal ini justru akan terlihat kaku. Oh iya, tipikal ini lebih suka terfokus pada satu pekerjaan saja sebelum melanjutkan ke pekerjaan selanjutnya. Sehingga, untuk bekerja dalam tim pekerja ini butuh penyesuaian lebih agar hasilnya bisa maksimal.

4. Tipe Pemimpin

Tipikal seperti ini bisa jadi banyak Lo temui di kantor, bro. Tipikal ini biasanya berjiwa pemimpin, dan akan memposisikan dirinya sebagai pemimpin sekalipun untuk rekan kerja yang posisinya sama dengan dia. Jangan salah, tipikal ini biasanya selalu menganggap serius pekerjaannya dan tekun, bro. Nggak jarang, antusismenya dalam bekerja justru bisa menjadi inspirasi bagi rekan-rekannya. Tipe ini pun biasanya adalah pendengar yang baik, bro.

5. Tipe Si Bos

Tipe ini biasanya adalah mereka yang sudah memiliki anak buah, bro. Tipe ini biasanya selalu mengawasi bawahannya dengan sangat ketat, suka nge-push bawahannya agar bekerja dengan cepat dan tepat sesuai objective-nya, bahkan nggak segan untuk berbicara dengan nada tinggi. Tapi bro, sisi positifnya adalah, biasanya ia bekerja dengan lebih detail. 

Tipikal ini memang biasanya kurang disukai oleh orang-orang di sekitarnya dan biasanya dia nggak menyadari itu. Apakah Lo merasa seperti tipikal ini, bro? Nah, kalo Lo adalah seorang yang ada pada level ini, nggak ada salahnya kalo Lo bertanya tentang bagaimana mereka melihat diri Lo. Kalo Lo termasuk tipikal ini, cobalah belajar untuk memperbaikinya ya agar bawahan Lo pun akan nyaman bekerja bersama Lo.

6.  Tipe Anti Sosial

Di kantor ada juga lho tipe anti sosial. Tipe ini biasanya lebih suka menghabiskan waktu di kantornya dengan sendiri, dan bekerja sesuai dengan jobdesc-nya, tanpa mau terlibat urusan atau pekerjaan dengan orang lain di kantor tersebut. Ada kok bro tipe seperti ini. Tipikal ini kemungkinan memiliki kinerja bagus untuk perusahaan, tapi biasanya sulit berkomunikasi dengan rekan kerja dan juga bekerja dalam tim.

7. Tipe Humoris

Orang dengan tipe ini biasnaya pintar dalam mencairkan suasana di kantor atau selalu bisa membuat candaan, bro. Tipe ini biasanya memilki pribadi yang menyenangkan. Tipikal ini biasanya bisa membuat penat di kantor, menjadi hilang karena "hiburan" yang ia lontarkan. Tipikal ini biasanya pekerja yang baik, dan mampu menempatkan diri di mana dia boleh bercanda dan tidak, tapi di manapun biasanya ia memiliki pembawaan yang membuat orang-orang di sekitarnya merasa senang. Apakah Lo termasuk tipe ini? Atau Lo punya temen kantor yang begini?

8. Tipe Pemalas

Tipe ini memang sengaja kita letakkan di akhir, bro. Hmm, ternyata tipe yang satu ini masih dan makin banyak lho ditemui. Tipe pemalas yang kita maksud di sini adalah, dia yang sering mengerjakan pekerjaan "ala kadar" nya, yang penting dikerjain, biasanya juga nggak banyak membantu dalam kerja tim, dan biasanya juga nggak mau terlibat dengan persiapan acara apapun di kantor. Tipikal ini biasanya lebih suka kongkow, daripada menyelesaikan pekerjaannya. Semoga Lo nggak seperti ini ya, bro.

Nah, itu dia tipe-tipe pekerja kantoran versi Gentlemancode. Bagamanapun, yang namanya tempat kerja pasti akan ada banyak tipikal orang yang Lo temui, tapi kembali lagi bagaimana pembawaan Lo dan sikap Lo dalam bekerja ya. Intinya, bagaimanapun rekan dan lingkungan Lo, yang terpenting adalah kinerja dan prestasi Lo dalam bekerja, juga jangan lupakan sosialisasi dengan rekan kerja ya. 

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini