gentlemancode.id
IKUTI 3 TIPS INI UNTUK MENJADI SEORANG PEMIMPIN YANG DIHARGAI
Tips Agar Lo Menjadi Pemimpin yang Dihormati

TIPS AGAR LO MENJADI PEMIMPIN YANG DIHORMATI

Published on Thursday, 28 June 2018

Dalam pekerjaan itu, nggak selamanya Lo akan menjadi bawahan terus, bro. Suatu saat nanti Lo pasti akan menjadi supervisor atau bahkan Lo akan menjadi owner dari suatu perusahaan. Nah, disaat inilah kemampuan kepemimpinan Lo akan diuji. Apakah Lo seorang atasan yang baik atau malah tidak disukai oleh bawahan Lo.

Nggak semuanya suatu keputusan yang diambil oleh seorang pemimpin atau atasan itu selalu didukung oleh bawahannya. Kadang ada juga sebuah keputusan yang  tidak disukai oleh bawahan atau karyawannya karena satu dan lain hal, namun atasan tersebut tetap dihormati. Nah, berikut ini adalah tips agar Lo bisa dihormati oleh bawahan Lo ketika Lo menjadi seorang pemimpin, diantaranya adalah:

1. Turunlah ke Lapangan

Beberapa pemimpin perusahaan besar seperti Toyota mempunyai prinsip untuk melihat ke lapangan atau turun ke bawah langsung, bro. Tidak selamanya mereka duduk di ruangan ber-AC dan hanya melihat laporan keuangan dan administrasi lainnya. Mereka perlu melihat dan meninjau apa yang karyawan bahkan buruh pabrik kerjakan setiap harinya. Prinsip ini dinamakan "Genchi Genbutsu" atau diterjemahkan "pergi dan lihat sendiri". Selain melihat apa yang karyawan lakukan, mereka juga perlu mengetahui apa yang konsumen rasakan. Di sinilah para atasan mengetahui apa saja masalah yang benar-benar dihadapi dan mendapat solusinya. Selain itu para atasan ini mendapat wawasan baru, ide yang lebih fresh dan dihormati oleh para bawahan. Pemimpin yang tidak malu dan rajin untuk meninjau ke lapangan akan menjadi inspirasi bagi para bawahannya. Coba deh bro, sebagai atasan, Lo pergi mengunjungi atau mengobrol dengan karyawan yang sangat jarang Lo temui sehari-harinya!

2. Tidak Malu Mengakui Kelemahan

Pemimpin juga manusia biasa bro sama dengan manusia pada umumnya. Mereka juga sama memiliki kelemahan dan kekurangan dan diantaranya adalah mereka mempunyai batas kesabaran dan keterbatasan dalam informasi. Kadang seorang atasan perlu juga mencari informasi dan pengetahuan dari bawahannya. Mereka bukanlah orang yang maha pintar dan mengetahui segala hal. Perlu peran karyawan atau bawahan untuk bisa belajar bersama untuk mencari solusi atas masalah perusahaan. Disaat inilah karyawan atau bawahan bisa menyadari bahwa atasan juga seorang manusia biasa sama seperti mereka. Atasan yang tidak malu untuk mengakui kelemahannya bisa lebih mendapat respect  dari bawahannya. Tidak ada salahnya sebagai atasan, Lo sering berdiskusi dengan bawahan dan transparan atas apa saja kelemahan Lo yang bisa di "tambal" oleh bawahan. Ingat bro, perusahaan itu bukan hanya hasil dari kerja satu orang, namun hasil dari kerja tim yang sangat solid dan sifat leadership yang baik.

3. Bisa Melihat dari Berbagai Perspektif

Terkadang orang hanya bisa memikirkan atas kehendaknya sendiri dalam membuat suatu keputusan tanpa mendengarkan pendapat atau perspektif orang lain. Atasan seperti ini umumnya tidak disukai. Sebaliknya, atasan yang dapat melihat segala sesuatu dari berbagai sudut pandang lebih dihormati karyawan atau bawahan. Hal ini karena karyawan atau bawahan akan merasa didengarkan dan tidak dipandang sebelah mata. Misalnya ketika membuat suatu keputusan sebaiknya atasan tidak melihat dari sudut pandang satu divisi saja, melainkan melihat dari sudut pandang beberapa divisi yang berhubungan. Memang tidak mudah sih mengkombinasikan berbagai keperluan dalam suatu keputusan dan kadang memang ada yang harus dikorbankan. Tapi setidaknya banyak kepentingan yang didahulukan (tidak hanya satu).

Nah bro, itu dia 3 tips yang bisa Lo ikuti agar Lo bisa menjadi seorang pemimpin yang dihargai. Semoga bermanfaat bro!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini