gentlemancode.id
KADANG SUKA MALES SIH PAKE PAKAIAN RAPI, TAPI MANFAATNYA BANYAK LHO BRO!
Ini dia Alasan kenapa Lo harus berpakaian rapi

INI DIA ALASAN KENAPA LO HARUS BERPAKAIAN RAPI

Published on Tuesday, 06 March 2018

Nggak semua orang suka berpakaian rapi, dan nggak semua orang tahu alasan kenapa kita harus berpakaian rapi. Untuk sebagian orang dandanan rapi kadang sering diidentikan dengan orang tua, om-om, bapak-bapak, dan lain sebagainya. Padahal berpakaian rapi adalah bagian dari attitude bro, attitude yang menunjukan kematangan Lo dalam bersikap dan bersosialisasi, karena berpakaian rapi adalah sebuah bentuk usaha Lo dalam menghargai orang yang Lo temui dan bentuk penghargaan terhadap diri Lo sendiri.

Sebagai cowok, Lo adalah masa depan negara ini bro. Lo nanti akan jadi bapak, suami dan mungkin jadi pemimpin. Maka nggak berlebihan kalo misalnya Lo harus mulai belajar untuk mulai berpakaian rapi. Tentunya harus disesuaikan dengan kegiatan dan acara juga ya bro, ada waktunya Lo dandan kasual dan adakalanya Lo harus dandan rapi dan formal. 

Dandan rapi itu yang kaya gimana sih?

Sebelum kita masuk ke tema utama kita yaitu alasan mengapa kita harus berpakaian rapi, ada baiknya kita memahami dulu dengan apa yang dimaksud dengan berpakaian rapi. 

1. Berpakaian rapi artinya kita memakai pakaian yang bersih dan pas untuk kita

Apakah berpakaian rapi berarti Lo harus memakai suit tiap hari?

Definitely no. Nggak semua dari kita memiliki pekerjaan yang mengharuskan kita untuk memakai suit setiap hari. 

Terlepas dari apapun pekerjaan Lo atau kegiatan Lo, berpakaian rapi artinya Lo memakai pakaian yang nggak bau, nggak robek, bersih, dan nggak lusuh.

Nggak cuma bersih, Lo juga harus memastikan bahwa pakaian yang Lo pakai itu pas sama Lo. Nggak kegedean dan nggak kekecilan. Just fit!

2. Berpakaian rapi berarti kita tahu pakaian seperti apa yang cocok untuk kita

Pada dasarnya nggak ada yang salah dengan mengikuti trend. Tapi, akan jadi masalah kalo misalnya Lo mengikuti trend yang salah bro. Dalam artian trend yang Lo ikuti itu nggak cocok buat Lo.

Perlu Lo garis bawahi bahwa nggak semua trend fashion bisa Lo ikuti. Mungkin ada yang cocok buat Lo dan mungkin ada yang engga. Nah bro, berpakaian rapi artinya Lo tahu pakaian seperti apa yang cocok buat Lo dan tidak memaksakan sesuatu yang tidak bagus buat Lo.

3. Berpakaian rapi berarti kita belajar pada budaya klasik

Kalo Lo perhatiin, gaya-gaya orang tua kita atau bahkan kakek kita pasti selalu identik dengan pakaian rapi. Cara mereka memakai pakaian, aksesoris dan lain sebagainya pasti selalu terlihat elegan dan berwibawa. Untuk itu bro, Lo perlu belajar mengenai budaya ini supaya Lo punya referensi mengenai penampilan rapi yang elegan. Budaya klasik itu nggak pernah kuno bro, justru sampe sekarang gaya-gaya klasik ini tetap relevan untuk digunakan.

4. Berpakaian rapi berarti kita berani menjadi diri sendiri

Mau berpakaian rapi akan menunjukan bahwa Lo berani untuk menjadi diri sendiri. Menjadi diri Lo yang tahu bagaimana menghargai diri Lo dan orang yang Lo temui. Menjadi diri sendiri adalah mengenai sikap bro dan berpakaian rapi adalah satu dari banyak hal yang bisa Lo lakukan untuk menjadi diri sendiri. 

Sekarang Lo semua udah tahu apa esensi dari berpakaian rapi. Selanjutnya, inilah alasan kenapa Lo sebagai gentleman harus berpakaian rapi.

1. Penampilan rapi akan memberikan Lo kesan positif

We live in judgemental world bro, kita biasa membuat asumsi dan nge-judge seseorang hanya berdasarkan apa yang kita lihat.

Untuk itu, kita harus beradaptasi kepada keadaan tersebut dengan cara memaksimalkan penampilan kita. Bagaimana penampilan kita, suka nggak suka akan berpengaruh kepada penilaian orang lain. Penampilan yang baik dan rapi secara otomatis akan memberikan Lo kesan positif dari orang lain yang bertemu dengan Lo, sebaliknya penampilan Lo yang kurang baik akan memberikan kesan negatif dari orang lain.

2. Penampilan rapi akan menunjukan kedewasaan

Penampilan rapi akan menunjukan motivasi dan kedewasaan kepada orang yang melihat Lo. Mereka akan melihat Lo sebagai orang yang antusias dan optimis kepada masa depan Lo. Selain itu mereka akan melihat Lo sebagai orang dewasa yang memiliki tanggung jawab yang tinggi terhadap apa yang sedang Lo lakukan.

3. Penampilan rapi akan menunjukan penghargaan kepada diri sendiri dan orang lain

Ketika Lo berusaha untuk memakai pakaian rapi, itu artinya Lo sudah menghargai diri Lo sendiri dan orang lain yang akan Lo temui. 

Orang akan melihat Lo secara positif, bro. Dengan berpakaian rapi, maka  Lo sudah menunjukan penghargaan Lo kepada orang disekitar Lo. 

Kalo misalnya Lo meeting sama orang terus orang yang Lo temui itu dandanannya serampangan, maka apa yang ada dalam pikiran Lo?

4. Penampilan rapi akan meningkatkan kepercayaan diri

Apa yang Lo pakai akan berpengaruh kepada kenyamanan Lo, dan ketika Lo nyaman maka Lo bisa melakukan berbagai hal dengan penuh percaya diri. Pakaian yang rapi dan proper somehow akan mampu meningkatkan kepercayaan diri Lo, bro. Dengan kepercayaan diri, Lo bisa achieve banyak hal dalam hidup Lo, itulah alasan kenapa Lo harus punya rasa percaya diri yang tinggi.

Bagaimana bisa Lo bisa menjadi pengusaha sukses kalo Lo nggak percaya diri? Bagaimana Lo bisa punya pasangan kalo deketin cewek aja Lo malu? Bagaimana caranya Lo bisa kerja kalo Lo nggak yakin Lo bisa?

Percaya atau engga, penampilan rapi akan nge-boost rasa percaya diri Lo. Coba deh!

5. Penampilan rapi akan membuat Lo menjadi pusat perhatian

Orang dengan penampilan rapi akan terlihat lebih stand out diantara banyak orang. Berpakaian rapi adalah langkah awal yang bisa Lo lakukan dalam menarik perhatian orang lain. 

Suka atau tidak suka, penampilan adalah hal yang sangat penting. Untuk itu, perhatikan penampilan Lo dengan mulai untuk berpakaian rapi. Bukan berarti Lo setiap hari harus pake jas tapi gunakanlah baju yang memang layak dan sesuai dengan acara yang akan Lo datangi. Semoga bermanfaat bro dan jangan lupa di share ya. Thanks.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini