gentlemancode.id
PERLU TAHU NIH BRO, BIAR NGGAK PAKE SEPATU YANG ITU-ITU AJA!
Jenis Sepatu Pria Yang Wajib Dimiliki Oleh Seorang Gentleman

JENIS SEPATU PRIA YANG WAJIB DIMILIKI OLEH SEORANG GENTLEMAN

Published on Tuesday, 13 March 2018

Umumnya seorang pria bisa memiliki lebih dari dua pasang sepatu bro dan itu adalah hal yang wajar. Memiliki banyak sepatu itu baik asalkan tiap sepatu dibeli dengan pertimbangan yang tepat. Sangat tidak disarankan untuk datang ke sebuah wawancara pekerjaan menggunakan sepatu crocs yang bagian depannya memiliki lubang ventilasi super nyaman karena sepatu itu punya tugas lain bagi si pemakai, yaitu memberikan rasa nyaman bukan penampilan yang baik apalagi kalau baju yang dipakai adalah setelan kemeja dan celana bahan.

Selain karena suka, ada hal lain yang mungkin perlu diperhatikan sebelum masuk antrian kasir untuk membeli sepasang sepatu. Kalau sudah dibeli nanti, akan dipakai untuk ke mana sepatu ini? karena sepatu dibuat dengan tujuan yang jelas, maka harus dibeli dengan tujuan yang jelas pula, bro. Ada yang dibuat khusus untuk keperluan olah raga (fungsional) dan ada juga yang dibuat untuk keperluan penampilan (estetika). Berikut ini adalah dua jenis sepatu yang umum dimiliki oleh seorang gentleman, diantaranya adalah:

Plain Toe Shoes

Sepatu formal, atau yang biasa kita sebut pantofel, memiliki berbagai macam bentuk seperti Wing Tip, Cap Toe, dan sebagainya. Di antara berbagai macam bentuk sepatu formal, Plain Toe adalah jenis sepatu yang perlu dimiliki oleh seorang gentleman karena bentuknya yang simple dan bisa dibilang nggak akan pernah kuno. Bentuk yang sederhana adalah kunci menuju penampilan elegan dan berkelas. Tidak ada motif atau ornamen apapun di bagian kulitnya seperti sepatu jenis Wing Tip atau Cap Toe.

Buat Lo yang suka sama sepatu dengan motif yang menarik, Wing Tip atau Cap Toe bisa jadi pilihan sepatu yang lebih menarik untuk dibeli karena nggak ada benar atau salah dalam berselera. Tapi, bagi kalian yang suka dengan bentuk simple dan elegan sekaligus berkelas, ini lah sepatu yang perlu kalian beli untuk dipakai dalam acara atau aktivitas yang sifatnya formal seperti ke kantor, acara pernikahan dan sebagainya. Sepatu Plain Toe dengan kualitas bahan yang bagus bakalan bisa bikin penampilan sang pemakai jadi setingkat lebih keren.

Boat Shoes

Jenis sepatu ini sering banget dikombinasi dengan celana panjang yang digulung sampai atas mata kaki, sepatu ini mampu memberikan tampilan kasual namun berkelas bagi sang pemakai. Sebagian orang mungkin menduga bahwa nama Boat Shoess diambil dari bentuk jenis sepatu ini yang sepintas memang agak seperti perahu dayung (bentuknya kotak memanjang), tapi ternyata bukan. Saat ini Boat Shoes adalah sepatu yang fungsinya saat ini lebih condong ke arah estetika. Padahal dahulu kala pertama kali muncul di tahun 1930-an, seorang pelaut bernama Paul Sperry menempelkan sol karet pada bagian bawah sepatu yang ia miliki agar tidak terpeleset di atas lantai kapal yang licin.

Sebuah jenis sepatu yang memiliki nilai estetika tinggi ternyata awalnya dibuat dan dibeli karena fungsinya yaitu supaya para pelaut di Amerika tidak mudah terpeleset. Sekarang sepatu jenis ini bisa dibilang sudah jadi bagian yang tidak terpisahkan dari gaya kasual pria muda pada umumnya.

Dengan pilihan warna yang elegan yaitu coklat, sepatu ini bisa membuat penampilan sang pemakai menjadi lebih berkelas, santai namun tetap berkarisma dan nggak bisa diremehkan. Sepatu ini bisa dipakai untuk pergi ke kampus, jalan ke mall atau bahkan ngantor di hari jumat karena umumnya tema pakaian di hari jumat adalah santai dan rapih. 

Sport Shoes - Sneakers

Jenis sepatu ketiga yang perlu dimiliki oleh seorang gentleman adalah Sport Shoes. Walaupun jenis sepatu ini memang lebih bertujuan untuk keperluan olah raga, hampir semua pilihan Sport Shoes memiliki bentuk estetika yang keren juga, bro. Membeli sepatu jenis ini jelas tujuannya adalah untuk dipakai saat berolah raga, namun karena bentuk yang keren dan rasanya nyaman saat dipakai maka banyak juga yang memakai jenis sepatu ini saat pergi ke kampus atau mall. Bisa dibilang jenis sepatu ini lebih serba guna dibanding dua jenis sepatu sebelumnya karena nggak hanya berfungsi untuk memaksimalkan penampilan tapi juga nyaman untuk dipakai beraktivitas.

Sepatu bola indoor dan sepatu lari adalah dua contoh sepatu olahraga yang biasanya punya bentuk kasual dan nggak salah kalo dimiliki oleh seorang gentleman. Salah satu contoh sepatu bola indoor yang memiliki nilai estetika tinggi adalah Nike Davinho. Fungsinya tuh dapet tapi bentuknya juga nggak kalah bagus dan mampu memberikan kesan kasual dan playful ketika dikombinasi dengan celana jeans. Sementara itu kalau dari jenis sepatu lari, ada New Balance 368, sepatu olahraga bernuansa kasual milik sejuta umat alias banyak banget yang pakai karena memang mampu membuat penampilan sang pamakai menjadi lebih wow. Ibarat mobil, New Balance 368 ini seperti Avanza, digandrungi dan banyak peminatnya.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
Hobi nulis dan pengen dapet hadiah menarik? Yuk gabung Gentleman Community!
terpopuler
close
gentlemancode.id