gentlemancode.id
Jenis jenis dasi dan kapan menggunakannya

JENIS JENIS DASI DAN KAPAN MENGGUNAKANNYA

Published on Thursday, 20 September 2018

Bro, Lo sering pake dasi nggak sih?

Terus, Lo tahu nggak jenis-jenis dasi itu ada apa aja?

Kali ini, gimana kalo kita ngomongin dasi bro biar Lo paham jenis-jenis dasi itu ada apa aja dan kapan menggunakannya. Setuju nggak?

Lanjut!

Apapun pekerjaan Lo, menurut Gw seorang gentleman itu seharusnya punya beberapa dasi di dalam lemarinya untuk dipakai dalam berbagai macam keperluan acara seperti misalnya wawancara kerja, kondangan, acara special, atau acara apapun dimana Lo ingin terlihat lebih formal dan classy.

By the way, Lo setuju nggak sih kalo dasi itu merupakan item yang nggak pernah lepas dari image seorang gentleman?

Kalo Gw sih setuju. 

Untuk itu, dibawah ini adalah beberapa jenis dasi yang umum ada dan sering dipake, diantaranya adalah:

1. Four in Hand Necktie

Dasi jenis ini adalah jenis dasi yang mungkin Lo udah tahu karena jenis dasi ini emang familiar banget, bro. Dasi ini sangat umum dipake untuk bekerja dan berbagai acara formal.

Dasi ini punya macam-macam lebar, warna, corak, dan bahan, jadi pilihannya banyak banget. Kalo Lo nggak mau ribet dan pengen dasi yang umum dipake dan tidak terlalu mahal, maka dasi jenis ini adalah pilihan yang sangat tepat.

2. The Seven Fold Tie

Sekilas, dasi ini mirip dengan dasi jenis Four in Hand Necktie, namun kalo Lo perhatiin lebih seksama, dasi jenis ini terlihat lebih lebar bro dan bahannya terlihat lebih bagus. 

Sama dengan jenis dasi sebelumnya, dasi jenis ini juga cocok untuk Lo gunakan untuk bekerja atau acara-acar formal. Namun, harganya emang lebih mahal bro karena bahan yang digunakan juga lebih bagus. Jadi, sesekali aja pakenya kalo Lo emang punya dasi jenis ini. Biar awet, hehe.

3. Skinny Necktie

Dasi ini merupakan variasi lain dari dasi jenis four in hand tie. Kalo Lo perhatiin, bentuknya emang nggak jauh beda, bro. 

Yang membuat dasi ini berbeda adalah bentuknya yang lebih kecil dan terlihat lebih kasual

Dasi jenis ini cukup popular pada tahun 50 dan 60 ketika the Beatles memakainya ketika mereka manggung. 

Saat ini, dasi ini masih cukup popular bro dan sangat bagus untuk Lo pake ngantor atau acara formal lainnya. Dasi jenis ini juga sangat bagus kalo Lo padukan dengan gaya kasual karena modelnya yang memang tidak kaku dan cenderung lebih dinamis.

4. Bowtie

Nah, dasi ini kalo di Indonesia lebih dikenal dengan nama dasi kupu-kupu bro karena bentuknya yang memang menyeruai kupu-kupu. 

Di Indonesia sendiri, dasi ini memang kurang begitu banyak dipakai karena di kita orang-orang lebih banyak memakai 3 jenis dasi yang Gw sebutin di atas untuk keperluan mereka sehari-hari.

Dasi ini nggak cocok untuk Lo pakai ke tempat kerja, bro. Tapi, dasi ini akan bagus banget kalo Lo pake untuk menghadiri acara yang sifatnya formal saja.

5. Western Bowtie

Dasi jenis ini pada dasarnya adalah salah satu variasi dari dasi kupu-kupu biasa, bro. Namun, bentuknya memang lebih unik dan lebih kasual. 

Berbeda dengan dasi jenis bowtie, dasi ini nggak cocok untuk dipakai di acara formal karena memang model dasi ini terlihat lebih dinamis dan sederhana sehingga lebih cocok untuk gaya kasual.

6. Bolo Ties

Menurut Gw, dasi jenis ini lebih terlihat seperti kalung sebenernya dibanding dasi, bro. Dasi jenis ini jelas nggak akan cocok untuk Lo pake ngantor atau untuk acara-acara formal. Tapi, buat Lo yang pengen punya gaya berbeda dan unik, dasi ini mungkin bisa Lo pake sesekali sebagai variasi.

7. Cravat

Berbeda dari dasi-dasi yang Gw sebutkan diatas, dasi jenis ini sedikit berbeda dalam cara pemakaiannya, bro.  Dasi ini dipakai dengan memasukan hampir setengah bagiannya kedalam baju sehingga yang terlihat hanya bagian atasnya saja.  Dasi ini bisa Lo gunakan untuk acara-acara formal dan spesial lainnya, namun sepertinya nggak akan cocok ketika Lo pake untuk bekerja.

8. Neckerchief

Kalo di kita, dasi jenis ini lebih dikenal dengan nama kacu, bro. Gw rasa, Lo mungkin pernah make dasi jenis ini ketika Lo ikut kegiatan pramuka pas Lo ikut kegiatan ekstrakurikuler, bener nggak?

Nah, dasi jenis ini nggak mungkin bisa sih kalo Lo pake untuk acara formal. Tapi, kalo untuk gaya-gayaan di tongkrongan sih bisa banget, bro.

Gimana bro, udah tahu kan sekarang jenis-jenis dasi itu ada apa aja? Jadi, sejauh yang Gw tahu, dasi itu ada 8 jenis yaitu:

  • Four in Hand Necktie
  • The Seven Fold Tie
  • Skinny Necktie
  • Bowtie
  • Western Bowtie
  • Bolo Tie
  • Cravat
  • Neckerchief

Oke deh bro, Gw rasa itu aja yang bisa Gw bagi sama Lo semua kali ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan sama temen-temen Lo ya. Thanks and have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini