gentlemancode.id
Tips Memilih Ikat Pinggang Pria

TIPS MEMILIH IKAT PINGGANG PRIA

Published on Monday, 04 February 2019

Ikat pinggang merupakan salah satu barang yang tidak mungkin kita abaikan, bro. Selain berfungsi untuk menjaga agar celana tidak melorot, ikat pinggang juga menjadi sebuah barang yang bisa menunjang penampilan kita menjadi terlihat lebih keren. Ya, bener banget bro, ikat pinggang yang tepat akan membantu memaksimalkan penampilan Lo. 

Nah bro, Lo perlu tahu bahwa ada aturan tertentu yang bisa Lo ikuti dalam memilih ikat pinggang agar sesuai dengan pakaian yang Lo gunakan dan sesuai dengan acara yang Lo hadiri. Biar Lo nggak salah pilih ketika menggunakan ikat pinggang, Lo harus simak tips dibawah ini!

1. Perhatikan bahan 

Saat ini banyak banget bahan pembuat ikat pinggang yang beredar di pasaran, bro. Bahan yang paling umum dan paling banyak dipakai biasanya adalah ikat pinggang dengan bahan kulit. Bahan kulit sendiri bisa banyak banget jenisnya seperti kulit sapi, domba, suede, kulit kuda, hingga kulit buaya atau ular.

Keunggulan ikat pinggang dengan bahan kulit adalah lebih awet dan akan semakin bagus dengan berjalannya waktu. Tapi, ikat pinggang dengan bahan kulit biasanya nggak murah bro alias mahal. 

Bahan lain yang bisa menjadi pilihan adalah kulit sintetis. Sekilas ikat pinggang ini terlihat seperti ikat pinggang kulit namun karena bahannya sintetis, membuat ikat pinggang jenis ini cepat rusak dan terlihat jelek.

Lalu, ada juga ikat pinggang yang terbuat dari kanvas atau nilon. Bahan ini cenderung lebih murah dan menimbulkan kesan kasual untuk penggunanya. Bahan ini mudah sobek apabila terkena benda tajam dan mudah menipis jika sering digunakan.

2. Perhatikan bentuk Buckle

Buckle atau ikat kepala ikat pinggang merupakan bagian penting yang wajib Lo perhatikan. Untuk ikat pinggang harian, sebaiknya Lo memilih buckle dengan bentuk klasik dengan model frame karena model ini lebih enak dan cocok untuk digunakan dalam berbagai acara.  Buckle model frame yang tipis akan lebih cocok apagila digunakan untuk acara formal sedangkan frame yang lebih tebal lebih cocok digunakan untuk gaya kasual.

Selain bentuk frame, buckle lain yang bisa Lo pilih adalah box frame style, yaitu buckle dengan bentuk kotak yang bisa mengunci ikat pinggang sesuai ukuran sehingga ikat pinggang dengan model ini tidak memerlukan lubang untung mengencangkannya. 

Setelah itu, ada jenis buckle O-Ring dan D-Ring buckle yang memiliki bentuk seperti huruf O dan D. Nah, buckle jenis ini cocok banget buat Lo yang suka dengan gaya kasual, bro.

Ketika memilih buckle, Lo harus juga memperhatikan warnanya bro jangan cuma bentuknya aja. Usahakan warna buckle ikat pinggang Lo sama dengan warna bahan besi lain yang ada pada tubh Lo misal jam tangan. Jika warna besi jam tangan Lo hitam, sebaiknya Lo memilih buckle dengan warna hitam juga.

3. Perhatikan Warna

Warna ikat pinggang yang Lo gunakan akan berpengaruh kepada penampilan keseluruhan Lo, terlebih kalo Lo memasukan baju Lo ke dalam celana. Sebaiknya pilih warna yang bisa masuk ke warna apa aja seperti cokelat tua karena warna ini akan cocok dengan busana formal maupun kasual.

Pilihan kedua adalah warna hitam karena warna ini cenderung formal namun tetap bisa Lo pake ketika Lo santai. 

Warna lain seperti warna tan akan sangat cocok dengan gaya kasual. Pilihan warna kasual lainnya adalah biru, tapi warna ini akan sulit untuk dipadukan dengan warna pakaian Lo yang lain.

Usahakan untuk menyelaraskan warna ikat pinggang dengan bahan kulit lain yang Lo pakai. Kalo misalnya Lo memakai jam tangan dan sepatu warna cokelat, maka sebaiknya Lo juga menggunakan ikat pinggang dengan warna cokelat. Menyelaraskan warna ikat pinggang dengan sepatu dan jam tangan akan membuat penampilan Lo lebih terlihat mengesankan, bro.

4. Perhatikan Ukuran

Ikat pinggang untuk busana formal memiliki ukuran yang cenderung lebih tipis dibandingkan dengan ikat pinggang kasual. Pilihlah ikat pinggang dengan lebar sekitar 1-1,5 inci untuk busana formal sedangkan untuk busana kasual seperti jeans atau chinos adalah 1,5-1,75 inci.

Untuk panjang, sebaiknya Lo menyesuaikan dengan ukuran badan Lo. Ikat pinggang dengan lubang setidaknya bisa Lo kaitkan di lubang ke dua atau tiga di ikat pinggang Lo atau Lo bisa mengukur ikat pinggang saat dipakai, seharusnya panjang ikat pinggang maksimal hanya sampai pada lubang ikat pinggang kedua pada celana Lo. 

5. Sesuaikan ikat pinggang dengan acara

 Kalo Lo datang ke acara formal, ikat pinggang kulit dengan ukuran kecil dan buckle standar sangat cocok Lo pakai dan kalo Lo lagi nyantai nongkrong bareng temen-temen Lo maka ikat pinggang dengan buckle yang lebih bervariasi dengan bahan kulit atau fabric yang lebih berwarna merupakan pilihan bagus yang sesuai dengan kegiatan yang akan Lo lakukan.

Nah, itu dia 5 tips penting yang bisa Lo ikuti dalam memilih ikat pinggang. Semoga dapat bermanfaat, bro!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini