gentlemancode.id
#gentabicara - Kalo Lo Gentle, Jangan Cuma Berani Ngomong di sosial media

#GENTABICARA - KALO LO GENTLE, JANGAN CUMA BERANI NGOMONG DI SOSIAL MEDIA

Published on Wednesday, 03 January 2018

Sosial media saat ini udah berkembang dengan sangat pesat, Bro. Gw yakin Lo juga pasti sering menggunakan sosial media setiap harinya, bener nggak? Entah itu memang berhubungan sama kerjaan Lo atau hal lainnya seperti sesederhana menyapa teman lama Lo. Facebook, Twitter, Instagram adalah beberapa aplikasi sosial media yang paling sering digunakan di kalangan masyarakat kita. Dengan beragam fitur yang ditawarkan membuat sosial media ini makin digemari oleh penggunanya khususnya di Indonesia. Ya Bro Indonesia merupakan salah satu Negara dengan pengguna sosial media paling banyak dan paling aktif di dunia. Bayangin aja, dari bangun tidur sampe mau tidur lagi rata-rata orang akan membuka sosial media terlebih dahulu. Gokil nggak tuh?

Terlepas dari banyak banget manfaat yang kita dapet dari sosial media, namun nggak kita pungkiri juga banyak sisi negatif dari aplikasi-aplikasi ini seperti misalnya banyaknya orang yang menggunakan sosial media sebagai alat untuk menyebarkan berita hoax dan ujaran kebencian. Hal ini tentu sangat disayangkan mengingat seharusnya sosial media itu adalah tempat yang seharusnya menjadi lingkungan yang fun untuk bersosialisasi bukan untuk saling mencaci.

Gw yakin Lo pasti sering kan nemuin postingan-postingan seperti ini dan beberapa diantara kalian pasti sebel sama hal tersebut. Belum lagi ada orang-orang yang Cuma ikut-ikutan doang tanpa meneliti terlebih dahulu informasi yang di terima apakah itu fakta atau rekayasa. Orang seperti ini biasanya Cuma bisa manas-manasin doang dan ngomong doang alias culun, Bro.

Yang Gw heran, banyak banget orang yang jago banget dan hobi marah-marah dan ngeluh di sosial media, entah itu sama pemerintah atau siapapun yang mungkin mereka nggak suka. Padahal nih orang yang bersangkutan belum tentu baca juga postingan dia, bener nggak?

Mengemukakan pendapat atau menyampaikan kritik sebetulnya sah-sah aja, toh itu di lindungi oleh undang-undang. Tapi, jangan sampe salah kaprah Bro. Kebebasan berpendapat dan berbicara itu bukan berarti kebebasan untuk mencaci maki. Sebagai bangsa yang menjunjung tinggi norma seharusnya kita bisa menjaga norma kesopanan ketika menyampaikan pendapat atau kritik. Jangan mentang-mentang di sosial media, terus Lo ngomong seenaknya.

Sekarang ini udah ada undang-undang yang mengatur tentang bagaimana kita menggunakan sosial media. Jika ternyata apa yang kita posting mengandung unsur SARA atau ujaran kebencian maka siap-siap aja Lo kena UU ITE, udah banyak kan Bro contohnya?

Terlepas itu adalah hak Lo untuk posting apapun di account social media Lo, menurut Gw akan lebih baik apabila kita mulai menyelesaikan segala masalah secara jantan. Kalo Lo ada masalah sama seseorang ya Lo langsung selesein sama orang tersebut langsung tapa nyindir-nyindir di sosial media. Kalo pun Lo harus menggunakan social media untuk menyelesaikannya, Lo harus pake cara yang sesuai etika. Bukan seenak jidat nyampah-nyampahin orang.

Nah, buat yang suka mengkritik pemerintah, itu juga sebenernya boleh-boleh aja. Asal ya itu tadi Lo sampaikan kritik Lo dengan sopan tidak menjatuhkan dengan membabi-buta. Lebih enak kan kalo gini, Bro? Nggak ada yang tersinggung dan nggak jadi bahan untuk ribut-ributan. Ini baru bener, Bro.

Poin Gw adalah, kalo misalnya Lo punya masalah sama orang siapapun itu jangan gunakan sosial media untuk memperburuk suasana. Kalo Lo ngaku gentle, selesein langsung, ngomong langsung, jangan ngumbar kekesalan Lo di sosial media karena nggak akan nyelesein masalah Lo. Dan kalo emang Lo cuma bisa mengungkapkannya melalui sosial media maka Lo harus melakukannya dengan menjaga etika. 

With Love,

Genta

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini