gentlemancode.id
Membeli Ketenangan di Tengah Tuntutan Dunia Hiburan & Seni

MEMBELI KETENANGAN DI TENGAH TUNTUTAN DUNIA HIBURAN & SENI

Published on Thursday, 10 August 2017

Masih segar di telinga kita mengenai kabar bahwa ada sepasang suami istri yang merupakan public figure yang tertangkap mengonsumsi dan juga menyimpan obat psikotropika berjenis Dumolid di rumahnya. Kabar ini langsung menghebohkan di beberapa media dan sampai saat ini masih hangat dibicarakan karena yang bersangkutan merupakan artis yang memang cukup terkenal. Kabar terakhir yang Gw denger adalah istrinya bebas sedangkan suaminya dihukum lima tahun penjara.

Pekerjaan di dunia hiburan dan seni memang bukanlah pekerjaan seperti pekerjaan orang-orang kantoran yang waktunya sudah baku dan terbilang normal. Bekerja didunia hiburan bukan lah pekerjaan yang menerapkan waktu Senin sampai Jumat dan lima jam kerja per harinya, tapi pekerjaan yang gak kenal waktu dan tempat. Hal itulah yang membuat para pekerjanya untuk harus pintar-pintar menjaga kondisi tubuh di sempitnya waktu istirahat. Kalau kerjanya aja bisa setiap waktu, boro-boro curi waktu buat olahraga, makan tepat waktu aja belum tentu sempet.

Nah pertanyaannya, Dumolid itu apa sih?

Lo pasti udah sering denger narkoba jenis "ganja", "sabu", "putaw", "ekstasi" atau bahkan "kokain". Tapi Dumolid? Belum banyak orang yang familiar.

Dumolid biasa juga disebut Dum atau Mud (dibalik) sebenarnya bukan narkoba melainkan obat penenang yang bisa digunakan dengan resep dokter. Gw pun pernah denger kalau Dumolid ini biasa digunakan untuk nenangin pasien rumah sakit jiwa kalo mereka lagi kumat.

Menurut beberapa sumber, Dumolid adalah nama merek dari obat generik berjenis nitrazepam 5 mg yang termasuk ke dalam kelas obat Benzodiazepin atau obat penenang. Dumolid termasuk favorit untuk dijadikan obat penenang bagi pasien yang sulit tidur. Nitrazepam termasuk ke dalam psikotropika golongan IV atau sejatinya bukan narkoba namun obat khusus yang hanya bisa dikonsumsi dengan resep dokter.

Lalu apa efeknya? Dumolid bakal membuat penggunanya merasakan kepercayaan diri yang tinggi dibarengi dengan ketenangan secara fisik dan mental. Nitrazepam juga membuat penggunanya akan lebih santai, banyak bicara dan juga energik.

Buat kalian yang kepikiran buat cobain obat ini harus hati-hati! Selain Lo menyalahgunakan fungsi obat, efek jangka panjangnya bahaya, Bro! Hampir semua obat penenang mengandung zat adiktif. Semakin lama Lo pakai, maka semakin banyak dosis yang Lo butuhkan karena tubuh punya toleransi yang terus bertambah. Kalau Lo tetap mengonsumsi obat penenang secara terus-menerus, Lo malah akan merasa depresi, cemas, takut bahkan bisa jadi phobia. Bukan gak mungkin Lo akan mengalami halusinasi juga.

Efek jangka panjangnya adalah akan membuat tubuh Lo selalu "butuh" obat penenang sebagai pendorong rasa ketenangan. Semakin Lo sering mengkonsumsi obat tersebut, maka semakin banyak dosis yang Lo butuhkan. Semakin banyak Lo mengkonsumsinya maka besar kemungkinan Lo akan terkena stroke, koma bahkan kematian.

Seperti yang Gw bilang tadi di atas, walaupun nitrazepam bukan jenis narkoba, tapi penggunaannya sangat dibatasi. Kalau Lo ketahuan mengkonsumsi obat-obatan tersebut tanpa resep dokter, maka akan ada hukuman yang harus Lo terima.

Hukuman bagi yang menyalahgunakan obat psikotropika diatur di Pasal 62 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika menyebutkan bahwa seseorang yang memiliki dan/atau membawa psikotropika tanpa hak dapat dipidana penjara paling lama 5 tahun dan pidana denda paling banyak Rp 100 juta.

Kembali ke topik, sebagai pekerja hiburan dan seni tentu dituntut selalu kreatif dengan fisik yang selalu prima. Hal itu berbanding lurus dengan pendapatan yang didapat. Alangkah baiknya semakin banyak pendapatan, Lo harus makin pinter buat milih-milih teman, Bro. Jangan sampai salah langkah dan salah gaul yang bakal bikin Lo terjerumus dalam jurang hitam narkoba atau obat-obatan terlarang.

Gw harap Lo bisa memahami kasus ini sebagai peringatan kalau benteng diri sangat penting dalam kehidupan lo.

With Love,
Genta

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

ARTIKEL TERKAIT
KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini