gentlemancode.id
Bagaimana cara mengatasi rambut yang mulai menipis

BAGAIMANA CARA MENGATASI RAMBUT YANG MULAI MENIPIS

Published on Thursday, 04 October 2018

Oke bro, permasalahan rambut yang menipis Gw rasa adalah permasalahan yang Lo nggak pengen ngalamin, bener nggak?

Rambut yang menipis pada dasarnya bisa dipengaruhi oleh berbagai macam faktor diantaranya adalah stres atau pengaruh hormon. Kalo misalnya Lo mengalami penipisan rambut, jangan khawatir bro!

Ada beberapa cara yang bisa Lo lakukan untuk mengatasi penipisan rambut, seperti merubah gaya rambut Lo, menggunakan produk yang baik untuk rambut Lo, dan lebih banyak mengkonsumsi makanan dengan protein tinggi dan omega-3s.

Nah, dalam artikel ini Gw akan memberikan Lo beberapa cara untuk mengatasi penipisan rambut diantaranya adalah:

1. Gunakan produk yang bersahabat dan aman

Ketika Lo menyadari rambut Lo mulai menipis, mengganti produk-produk perawatan dan penata rambut biasa menjadi produk yang lebih natural adalah pilihan yang bijaksana, bro. Banyak shampo, conditioner, dan beberapa penata rambut mengandung bahan kimia yang tidak bersahabat untuk rambut dan kulit kepala sehingga menyebabkan rambut menjadi rontok dan masalah rambut lainnya.

  • Gunakan shampo yang tidak mengandung sulfates atau alkohol karena bahan-bahan ini bisa membuat rambut Lo kering dan bisa merusak rambut Lo.
  • Gunakan conditioner yang tidak mengandung silicone karena zat ini bisa membuat rambut Lo menjadi terlalu berat.
  • Gunakan produk penata rambut yang dibuat dengan menggunakan bahan-bahan alami agar rambut Lo sehat dan ternutrisi.

2. Gunakan sisir dengan gigi yang lebar

Sisir yang terlalu rapat berpotensi lebih besar untuk menyebabkan kerontokan, bro.

Untuk itu, gunakan sisir dengan gigi yang lebar ketika Lo menata rambut agar Lo bisa mengurangi risiko kerontokan.

3. Biarkan rambut mengering ketika Lo selesai keramas

Ketika selesai keramas, biarkan rambut mengering secara alami atau cukup keringkan dengan handuk bro dengan cara menepuk-nepuk handuk kepada rambut dengan lembut.

Usahakan untuk tidak menggunakan hair dryer karena panas yang dihasilkan oleh hair dryer bisa menyebabkan rambut menjadi stres dan rusak.

4. Jangan menggunakan alat yang mengeluarkan panas ketika Lo menata rambut

Ketika Lo menata rambut, cukup gunakan tangan dan sisir aja bro nggak perlu sampe menggunakan alat-alat yang bisa membahayakan rambut Lo seperti misalnya hair dryer.

Emang sih, hair dryer bisa membantu kita untuk menata rambut menjadi terlihat lebih bervolume dan bertekstur dengan panas yang dihasilkan. Namun, seperti yang sempat Gw bahas di poin sebelumnya bahwa panas yang dihasilkan oleh hair dryer bisa membuat rambut Lo stres dan rusak.

5. Hindari gaya rambut yang membuat rambut terlalu ketarik

Maksudnya gini bro, gaya rambut seperti rambut yang di ikat ke belakang dengan kencang atau gaya rambut yang memakai pomade secara berlebihan, akan membuat rambut menjadi terlalu ketarik, bro.

Nah, hal ini sebaiknya dihindari karena kondisi tersebut akan membuat rambut menjadi mudah rontok.

6. Pijat kulit kepala dan Gunakan minyak alami atau Vitamin rambut

Memijat kulit kepala mampu merangsang pertumbuhan rambut dengan meningkatkan sirkulasi darah di sekitar folikel rambut, bro.

Selain itu, agar rambut Lo bisa tumbuh dengan baik, maka Lo harus memberikan nutrisi untuk pertumbuhan rambut Lo dengan menggunakan vitamin dan minyak-minyak alami seperti misalnya minyak kelapa.

7. Konsumsi makanan yang baik untuk pertumbuhan rambut

Pengaturan pola makan adalah hal yang bisa Lo lakukan untuk menjaga rambut Lo agar tetap sehat dan tumbuh dengan baik karena pola makan yang buruk mampu membuat pertumbuhan rambut Lo kurang baik. 

Untuk itu, konsumsi makanan-makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang tepat yang mengandung vitamin A, C, D dan E, seng, vitamin B, zat besi, biotin, protein dan asam lemak esensial agar pertumbuhan rambut bisa optimal dan mencegah kerontokan rambut.

Nah, Lo bisa baca artikel ini bro untuk mengetahui makanan apa saja yang baik untuk pertumbuhan rambut:

14 makanan yang baik untuk pertumbuhan rambut

8. Atasi stres dengan baik

Stres adalah salah satu penyebab terjadinya kerontokan rambut, bro. Untuk itu, atasi stres dengan baik agar Lo tidak mengalami stress berkepanjangan. 

Untuk mengatasinya, Lo bisa olahraga atau Lo juga bisa mengoptimalkan waktu istirahat Lo untuk membantu Lo menangani stres.

Oke bro, Gw rasa itu aja yang bisa Gw bagi sama Lo kali ini mengenai cara mengatasi penipisan rambut. Gw rangkum ya caranya dibawah.

  • Gunakan produk yang bersahabat dan aman untuk rambut
  • Gunakan sisir dengan gigi lebar
  • Biarkan rambut mengering sendiri ketika Lo selesai keramas
  • Jangan menggunakan alat yang mengeluarkan panas ketika Lo menata rambut
  • Hindari gaya rambut yang membuat rambut terlalu ketarik
  • Pijat kulit kepala dan Gunakan Vitamin rambut
  • Konsumsi makanan yang baik untuk pertumbuhan rambut
  • Atasi stres dengan baik

Jadi begitu ya bro caranya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini ya. Thanks and have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini