gentlemancode.id
BACA SAMPE SELESE BIAR LO NGERTI JAWABANNYA, BRO!
Benarkah Pomade Bisa Menimbulkan Jerawat?

BENARKAH POMADE BISA MENIMBULKAN JERAWAT?

Published on Wednesday, 10 January 2018
Jazz Gunung 2018

Beberapa waktu yang lalu, Gw sempat mendapatkan pertanyaan ini, Bro. Dan kalo Gw perhatiin, banyak banget orang yang pengen tahu mengenai jawaban dari pertanyaan ini, apakah pomade bisa menimbulkan jerawat

Nah, biar Gw bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan jelas maka Gw memutuskan untuk membuat artikel khusus mengenai pertanyaan ini supaya bisa Gw bahas secara detail. Oke deh, biar Lo nggak bingung Gw akan langsung jelasin jawabannya ya. Yuk Bro disimak!

Sebelum Lo menyalahkan pomade adalah penyebab jerawat, Lo harus ngerti dulu Bro apa penyebab utama jerawat bisa tumbuh di wajah Lo. Penyebab-penyebabnya diantaranya adalah:

1. Perubahan hormon. Diperkirakan jerawat yang terjadi kepada sebagian besar orang-orang adalah karena faktor perubahan hormon, Bro. Faktor perubahan hormon yang tanpa disadari terjadi sama Lo bisa menjadi penyebab tumbuhnya jerawat di wajah Lo.
2. Masa puber. Hal ini biasanya terjadi pada Lo yang masih remaja, Bro. Ketika masa puber, produksi kelenjar minyak akan meningkat. Bukan hanya itu, hormon testosteron pada saat itu juga lagi tinggi-tingginya. Boom! Tumbuh deh tuh jerawat.
3. Efek samping penggunaan produk tertentu. Produk-produk kosmetik seperti sabun pembersih muka atau produk lainnya kadang kalo misalnya tidak cocok biasanya malah akan memicu timbulnya jerawat.
4. Iritasi. Jerawat bisa muncul ketika terjadi gesekan antara barang yang kita pakai dengan kulit secara terus menerus.
5. Merokok. Asap rokok yang kena ke wajah Lo juga bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat, Bro.
6. Stres. Ketika Lo stres, itu bisa memicu Lo melakukan kebiasaan buruk yang bisa memicu timbulnya jerawat seperti merokok, minum minuman beralkohol, makan berlebihan, dan makan terlalu banyak makanan manis. Mengkonsumsi makanan manis berlebih akan menyebabkan peningkatan insulin sehingga produksi minyak meningkat dan pada akhirnya akan memicu tumbuhnya jerawat.
7. Efek samping obat. Hal ini terjadi biasanya karena penggunaan obat lithium, steroid, dan antiepilepsi. Terus Bro, suplemen vitamin B2, B6 dan B12 juga bisa menyebabkan efek samping berupa jerawat.
8. Keturunan. Kalo orang tua kita pernah jerawatan, maka kita memiliki resiko untuk mengalami hal yang sama.

Nah Bro, 8 hal tadi adalah penyebab yang umum yang menyebabkan seseorang mengalami jerawat di wajahnya. Lanjut ke pertanyaan tadi, apakah pomade bisa menyebabkan jerawat? Jawabannya adalah mungkin, Bro. Kenapa mungkin?

1. Karena Lo malas membersihkan muka. 

Pomade itu sifatnya lengket, Bro. Jadi, kalo ada kotoran yang terbawa udara akan sangat mudah untuk menempel pada rambut Lo. Ketika Lo keringatan, secara nggak sadar kotoran yang menempel pada rambut Lo tadi akan terbawa ke wajah Lo melalui keringat. Kalo nggak dibersihkan, maka otomatis kotoran tersebut akan menempel pada kulit wajah Lo dan pada akhirnya akan menimbulkan jerawat kalo nggak Lo bersihin. Sebaiknya, setiap kali Lo selesai beraktivitas Lo harus mencuci muka Lo dengan sabun muka supaya kotoran yang menempel pada wajah Lo bisa dibersihkan. Selama Lo rajin membersihkan wajah Lo, kemungkinan Lo terkena jerawat akan semakin kecil.

2. Lo males nyuci rambut Lo ketika selesai beraktivitas

Seperti yang Gw bilang tadi Bro, pomade itu sifatnya lengket. Jadi, kemungkinan kotoran untuk menempel pada rambut lebih tinggi dibandingkan orang yang tidak memakai pomade. Kotoran yang terbawa oleh udara akan menempel pada rambut ketika Lo melakukan aktivitas, Bro. Untuk itu, ketika Lo selesai melakukan aktivitas, sebaiknya Lo cuci rambut Lo sampe bersih supaya kotorannya nggak turun ke wajah.

3. Lo tidak menyeka keringat yang turun dari rambut ke wajah Lo

Keringat bisa menjadi media menyebarnya kotoran dari rambut menuju muka. Untuk itu, selalu sediakan sapu tangan untuk menyeka keringat Lo supaya kotoran tidak menyebar kemana-mana. 

Kesimpulan

Jadi Bro, kalo Lo nanya Gw apakah pomade bisa menyebabkan jerawat, jawabannya adalah mungkin aja, Bro. Tapi, selama Lo menjaga kebersihan kulit dan rambut Lo, pomade nggak akan menyebabkan Lo jadi jerawatan. Nah, kalo misalnya jerawat masih tumbuh juga di wajah Lo sekalipun Lo udah mengikuti 3 hal yang Gw sebutin tadi, sebaiknya Lo hentikan pemakaian pomade untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Saran Gw, sebelum Lo menggunakan pomade, ada baiknya Lo mengetahui dahulu tentang seluk-beluk pomade seperti, gimana cara yang bener pake pomade, cara membersihkan pomade, jenis-jenis pomade, pomade yang cocok untuk jenis rambut Lo apa, dan pomade seperti apa yang Lo harus hindari. Ini penting, supaya Lo bijaksana dalam menggunakannya. Kalo Lo masih ada pertanyaan lain, Lo bisa baca artikel mengenai tanya jawab seputar pomade yang pernah Gw buat dulu, mungkin disitu Lo bisa nemu jawabannya, Bro.

Oke deh, itu aja yang bisa Gw bagi sama Lo kali ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya. Thanks.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
Hobi nulis dan pengen dapet hadiah menarik? Yuk gabung Gentleman Community!
terpopuler
close
gentlemancode.id