gentlemancode.id
Cara Efektif Mengecilkan Pori-pori Pria

CARA EFEKTIF MENGECILKAN PORI-PORI PRIA

Published on Thursday, 14 March 2019

Bro, apakah Lo sedang mencari solusi bagaimana cara mengecilkan pori-pori khususnya di area wajah? Kalo iya, artikel ini mungkin bermanfaat buat Lo karena kali ini Gw akan membahas seputar pori-pori besar dan cara efektif untuk mengatasinya! 

Sebelum Gw mulai, Lo perlu tahu nih, sebetulnya wajar sih kalo pori-pori Lo membesar seiring bertambahnya usia, karena apa? Aktifitas yang tinggi, otomatis juga akan membuat produksi sebum atau minyak di wajah Lo meningkat, bro. Setiap orang memang memiliki tipe kulit yang berbeda. Faktor pori-pori yang membesar pun bisa dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya kebersihan kulit, lingkungan dan hormon. Langsung aja bro, kali ini Gw akan membagikan beberapa tips yang bisa Lo terapkan untuk mendapatkan pori-pori yang kecil atau paling tidak tersamarkan. Check this out!

Pertama, Jaga Kebersihan Wajah

Kebersihan memang faktor utama untuk menjaga kesehatan kulit wajah Lo, bro. Seperti yang Gw singgung sebelumnya, sebetulnya yang membuat pori-pori membesar adalah karena adanya sebum atau produksi minyak di wajah Lo. Cara efektif untuk menghilangkan minyak tersebut adalah pertama, Lo bisa menggunakan sabun wajah berjenis scrub atau yang mengandung minyak. Kenapa perlu menggunakan scrub? Karena partikel pada scrub, akan memaksa masuk ke dalam pori sehingga otomatis akan mengangkat sisa minyak dan kotoran yang tersumbat. Nah, kenapa perlu menggunakan pembersih wajah yang berbahan minyak. Gini bro, zat berbasis minyak akan dapat menyatu dengan bahan yang berbasis minyak juga, jadi minyak pada pembersih wajah akan mengikat sebum atau minyak pada pori dan mengangkatnya keluar bersamaan dengan air. Intinya, sesuaikan dengan tipe kulit Lo ya, jika kulit Lo berminyak parah, Lo bisa menggunakan pembersih wajah berjenis scrub, atau jika kulit Lo cenderung normal namun berminyak, pilihlah pembersih wajah yang mengandung minyak untuk membantu mengangkat sisa sebum dan kotoran.

Kedua, Punya Basic Skin Care Routine

Di zaman sekarang, melakukan perawatan wajah bukan hanya wajib bagi kaum hawa aja, bro. Lo sebagai pria juga wajib untuk melakukan perawatan untuk memastikan kulit Lo tetap sehat dan enak buat dilihat. Carilah basic skin care routine Lo, pilihlah yang simple, nggak ribet, tapi bisa memenuhi kebutuhan kulit Lo. Nggak harus ke dokter, nggak harus mahal. Banyak produk over the counter yang bisa Lo gunakan untuk mendapatkan kulit sehat dan pori yang kecil, bro.

Saran dari Gw pilihlah, produk berjenis noncomedogenic. Produk berjenis noncomedogenic ini nggak akan membuat pori-pori Lo tersumbat. Kandungan lain yang sebaiknya ada di skin care routine Lo adalah asam alfa atau beta-hidroksi (semacam asam salisilat), atau kandungan glukonat dan magnesium seng, untuk membantu Lo mengontrol produksi sebum. Yang tak kalah penting adalah, retinoid untuk mengurangi pembesaran pori dan menormalkan regenerasi kulit. Mungkin agak susah ya, bro. Kalau saat ini Lo sudah memiliki skin care routine, Lo bisa mengecek komposisinya, apakah terdapat kandungan tersebut atau tidak. Tapi kalo Lo belum memiliki basic skin care routine, Lo bisa pergi ke supermarket untuk mendapatkan produk dengan kandungan yang Gw sebutkan di atas. Kalo perlu, Lo bisa berkonsultasi pada dokter atau ahlinya untuk mendaptkan solusi yang tepat atas permasalahan kulit Lo, bro.

Ketiga, Lindungi Kulit dari Paparan Sinar UV

Sebagai pria aktif, untuk menghindari sinar matahari memang susah, bro. Tapi Lo perlatu tahu bahwa paparan sinar UV ternyata bisa memperbesar pori-pori, mempercepat penuaan kulit dan permanen, bro! Sinar UV dapat menurunkan kolagen dan menyebabkan peningkatan ukuran pori. Kalo Lo belum tahu, fungsi kolagen adalah untuk membuat elastisitas kulit Lo tetap terjaga. Tenang, agar kulit Lo terlindung dari paparan sinar UV, Lo bisa menggunakan sun block dengan SPF yang tinggi, atau jika memungkinkan Lo bisa menggunakan sunblock yang mengandung seng oksida atau titanium dioksida untuk memastikan ukuran pori-pori Lo tetap normal. Pastikan pilih sun block yang sesuai dengan tipe kulit Lo ya. Karena kalo salah, yang ada malah timbul jerawat di kulit Lo, bro. Yang nggak kalah penting adalah, gunakan topi atau baju lengan panjang ya ketika Lo harus panas-panasan. 

Keempat, Gunakan Pelembab

Masih berkaitan dengan poin nomor dua soal skin care routine. Sebagai pria, jangan malu juga untuk menggunakan pelembab sebagai bagian dari skin care routine Lo ya, bro. Gw menyarankan untuk menggunakan pelembab berjenis Matte. Karena menurut yang Gw tahu, pelembab wajah atau masker yang berlabel mattifying, dapat menyerap sebum dan membuat kulit Lo terkesan matte, tetap lembab dan tidak terlalu berminyak. 

Kelima, Gunakan Bahan-Bahan Herbal Lainnya

Untuk mendapatkan kulit yang sehat dengan pori-pori kecil memang gampang-gampang susah, bro. Nah, Lo bisa menggunakan bahan-bahan herbal ini juga, diantaranya adalah:

1. Lemon

Kandungan dalam lemon ternyata dapat membantu mengeluarkan racun, membersihkan kulit, serta menyeimbangkan PH kulit, bro. Berkat kandungan dalam lemon inilah yang membuat pori-pori kulit Lo tampak mengecil. Caranya begini, Lo bisa mencampurkan lemon dengan madu lalu diaplikasikan ke seluruh wajah secara rutin misal seminggu sekali.

2. Baking Soda

Baking soda adalah salah satu bahan alami yang bisa membersihkan pori-pori secara maksimal. Caranya begini, Lo bisa mencampurkan satu sendok baking soda dengan beberapa tetes air. Setelah itu, aplikasikanlah secara merata pada area wajah lalu diamkan selama 5-10 menit dan bilas dengan menggunakan air hangat. Kalo Lo melakukan secara rutin seminggu sekali, maka Lo bisa mendapatkan pori-pori yang lebih kecil, bro.

3. Masker charcoal atau Arang

Untuk yang satu ini memang sedikit ribet , ro. Untuk praktisnya Lo bisa membeli masker berbahan dasar charcoal atau arang di supermarket atau belilah secara online. Masker berbahan charcoal atau arang ini berfungsi untuk membersihkan pori-pori kulit secara maksimal berkat teksturnya dan membuat kulit Lo lebih bercahaya.

Nah, itulah cara-cara yang bisa Lo lakukan untuk mengecilkan pori-pori wajah atau paling tidak membantu Lo untuk menyamarkan pori-pori. Memang nggak ada yang instan, tapi kalo Lo konsisten dan menyempatkan beberapa cara di atas di sela-sela padatnya aktifitas Lo, Lo akan bisa mendapatkan kulit yang sehat dan pori-pori yang kecil. 

Oke deh, Gw rasa itu aja dari Gw. Semoga bermanfaat ya, thanks and have a nice day!

Sumber gambar:
[1] https://www.standard.co.uk

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini