gentlemancode.id
Mending mana, Pomade Oil based Atau Water based?

MENDING MANA, POMADE OIL BASED ATAU WATER BASED?

Published on Friday, 06 April 2018

Rambut adalah mahkota bagi pemilikinya. Bagaimana Lo menata rambut dan bagaimana potongan rambut Lo akan memberikan kontribusi besar kepada penampilan Lo. Kalo tatanan rambut Lo oke, dijamin penampilan Lo juga bakalan kebawa oke. Kalo engga, ya penampilan Lo jadi kurang oke, bro.  

Untuk itu, sangat penting buat Lo untuk mengerti karakter rambut Lo seperti apa, bentuk wajah Lo bagaimana, dan jenis penata rambut seperti apa yang cocok buat rambut Lo sehingga Lo mengerti mengenai bagaimana  cara menata rambut Lo dengan baik.

Ngomong-ngomong soal produk penata rambut, makin kesini makin banyak bro pilihannya. Namun, sampai saat ini pomade masih menjadi produk penata rambut paling favorit yang digandrungi para pria di Indonesia.

Pada dasarnya pomade itu punya dua varian dasar yaitu oil based dan water based. Nah, diantara dua varian ini kira-kira mendingan yang mana?

Untuk sedikit memberikan Lo gambaran, Gentlemancode akan mencoba memberikan Lo gambaran berdasarkan poin-poin dibawah ini. Silahkan disimak ya.

Berdasarkan Hold

Pomade dengan jenis oil based memiliki hold yang lebih mantap dan nyaman dirambut. Berbeda dengan pomade dengan jenis water based yang memiliki hold yang kurang mantap dan cenderung kering ketika digunakan.

Berdasarkan Durability

Untuk masalah ketahanan, pomade oil based jelas lebih unggul karena memang pomade jenis ini tahan jika terkena air. Lain halnya dengan pomade dengan jenis water based yang akan luntur ketika terkena air.

Berdasarkan Kemudahan Proses Pencucian

Untuk pomade dengan tipe oil based, Lo memang harus berusaha lebih ekstra untuk mencucinya karena pomade oil based memang dirancang untuk tahan terhadap air. Disisi lain, pomade water based akan sangat mudah untuk dicuci karena bahan dasarnya memang bahan-bahan yang mudah dicuci dengan hanya menggunakan air.

Berdasarkan Wangi

Kalo untuk urusan wangi, dua-duanya punya pilihan wangi yang enak bro. Jadi, tinggal disesuaikan aja sama selera Lo.

Berdasarkan Fleksibelitas

Untuk urusan ini, pomade dengan jenis oil based lebih fleksibel bro karena ketika Lo pengen melakukan penyisiran ulang Lo nggak akan kesulitan. Nah, kalo pomade water based, Lo emang harus sedikit lebih berusaha karena biasanya pomade dengan tipe water based, apalagi yang orthodox water based, akan mengering ketika digunakan. Jadi, Lo harus sedikit membasahi rambut atau sisir Lo untuk melakukan penyisiran ulang which is agak ribet.

Lebih Aman Yang Mana?

Dua-duanya aman untuk digunakan selama Lo menggunakannya sesuai dengan aturan pakai. Selain itu, Lo juga harus rajin untuk memperhatikan kebersihan rambut Lo supaya nggak ada kotoran yang masih tersisa dirambut atau kulit kepala Lo pasca Lo memakai pomade.

Untuk Urusan Harga, Mahal Yang Mana?

Untuk urusan harga biasanya pomade dengan tipe water based emang lebih mahal daripada pomade dengan tipe oil based. Ini mungkin terjadi dikarenakan bahan baku dari pomade water based memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan bahan baku pomade dengan tipe oil based.

Jadi, Pilih Yang Mana dong?

Sesuaikan sama kebutuhan Lo, bro. Kalo misalnya Lo emang suka pake pomade yang memiliki hold yang lebih mantap dan mudah untuk disisir ulang maka pomade dengan jenis oil based adalah pilihan yang tepat, bro. Apalagi kalo misalnya Lo pekerja lapangan. Konsekuensinya adalah Lo akan kesulitan untuk mencucinya, kecuali Lo punya shampoo khusus untuk membersihkan pomade oil based.

Nah, kalo Lo pengen pomade yang mudah dicuci maka pomade dengan jenis water based adalah pilihan yang pas buat Lo. Hold-nya lumayan dan Lo nggak akan ribet ketika akan mencuci rambut Lo karena Lo hanya cukup menggunakan air atau shampoo biasa saja. Kekurangannya, rambut Lo akan kering bro ketika menggunakan pomade dengan jenis ini kecuali Lo memakai jenis unorthodox water based pomade.

Dua-duanya memiliki keunggulan masing-masing bro, jadi sebaiknya sesuaikan sama kebutuhan Lo. Begitu kira-kira bro. 

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini