gentlemancode.id
INILAH PERBEDAAN DARI POMADE LIGHT, MEDIUM, DAN HEAVY
Perbedaan pomade light, medium, dan heavy

PERBEDAAN POMADE LIGHT, MEDIUM, DAN HEAVY

Published on Tuesday, 28 March 2017

Suka bingung gak sih Bro mengenai varian-varian pomade yang ada saat ini? Ada oil based, ada water based, ada clay, ada hair mud, dan lain sebagainya. Banyak banget Bro, setiap varian memiliki karakter dan kegunaannya masing-masing.

Buat Lo yang masih bingung, kali ini Gw akan sedikit sharing mengenai varian-varian yang dimiliki oleh oil based pomade.

Oil based pomade pada umumnya memiliki 3 varian, yaitu light, medium, dan heavy. 3 varian ini memiliki fungsi dan karakter yang berbeda dan itu akan berpengaruh pada result ketika kita memakainya. Kita bahas satu-satu yuk Bro :)

1. Light pomade

LIght pomade adalah tipe pomade yang dibuat khusus untuk orang-orang yang menyukai penampilan klasik dengan rambut klimis dan mengkilap. Secara umum karakterisitiknya adalah sebagai berikut:

Texture
Pomade dengan tipe light biasanya memiliki tekstur yang lembut dan sangat mudah diratakan ditangan. Karakternya yang lembut membuat pomade dengan tipe light sangat mudah untuk diaplikasikan. Kita gak akan mengalami jambakan-jambakan yang menyakitkan ketika mengaplikasikannya. Selain itu, pomade dengan tipe light  tidak akan menyusahkan kita ketika melakukan penyisiran.

Shine
Karakter lain dari pomade dengan tipe light adalah mampu memberikan tingkat shine atau kilap yang tinggi. Bener Bro, pomade ini memang dikenal dengan tingkat kilapnya yang sangat tinggi yang mampu memberikan kesan klasik dan berkelas pada pemakainya. Jadi, buat kalian yang suka dengan penampilan rambut yang mengkilap, maka kalian harus memilih pomade dengan tipe light.

Hold
Untuk masalah hold, pomade dengan tipe light tidak akan memberikan hold yang baik kepada rambut. Hold-nya lemah sehingga tidak bisa menahan tataan rambut yang kita inginkan.

2. Medium hold

Pomade dengan tipe medium hold sangat cocok untuk digunakan oleh orang-orang yang menginginkan pomade yang simple dan mudah untuk digunakan namun tetap mampu memberikan hold yang lumayan. Secara umum pomade medium memiliki karakter sebagai berikut:

Texture
Pomade dengan tipe medium biasanya memiliki tekstur yang lumayan lembut tapi sudah terasa padat dan solid. Proses perataan ditangan juga sudah lumayan agak berat tapi masih mudah untuk diratakan. Untuk proses aplikasi, pomade dengan tipe medium tidak akan memberikan kesulitan kepada kita yang memakainya, namun biasanya kita akan sedikit mengalami beberapa jambakan pada rambut.

Shine
Shine yang diberikan oleh pomade dengan tipe medium tidak akan sama dengan shine yang diberikan pomade dengan tipe light. Shine dari pomade ini levelnya adalah sedang, tidak terlalu mengkilap dan tidak terlalu mate.

Hold
Hold yang diberikan pomade medium adalah sedang, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu lemah. Pas!

3. Heavy hold

Pomade dengan tipe heavy sangat cocok untuk kalian yang ingin menata rambut dengan gaya pompadour dengan pomp yang tinggi. Hold-nya sangat baik sehingga mampu menata rambut secara sempurna. Secara umum karakteristiknya adalah:

Texture
Dari kebanyakan pomade heavy yang Gw coba, khususnya oil based, tekstur yang dimiliki pomade-pomade ini biasanya cukup keras. Perlu sedikit tenaga untuk mencoleknya, dan perlu usaha ekstra juga ketika ingin meratakannya. Dan bisa Lo tebak, untuk proses pengaplikasiannya agak menyiksa, karena Gw mengalami jambakan-jambakan yang lumayan sering pada rambut Gw. Gak jauh beda dengan proses aplikasi, proses penyisiran pun agak susah karena rambut menjadi kesat ketika disisir.

Shine
Shine yang diberikan oleh pomade dengan tipe heavy cenderung natural atau mate finish.

Hold
Tingkat hold yang diberikan oleh pomade heavy adalah yang tertinggi dari kedua varian pomade yang udah Gw sebutin diatas. Pomade dengan tipe heavy memang diperuntukan untuk orang-orang yang ingin mendapatkan hold yang maksimal untuk rambut mereka.

Oke Bro, itu tadi sedikit penjelasan dari Gw mudah-mudahan bisa mencerahkan. Kalo Lo ada pertanyaan Lo bisa kirim message di facebook kita ya.

O iya, Jangan lupa di share ya Bro :)

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

Bro, terima kasih karena sudah setia membaca www.gentlemancode.id ya! Sebagai salah satu bentuk apresiasi, gentlemancode ngajak Lo semua untuk gabung ke dalam Gentleman Community yang akan kami launching tanggal 15 Januari 2018!

Gentleman Community bisa menjadi tempat Lo menulis banyak hal bermanfaat yang pingin Lo bagikan ke orang lain via website kami, tapi tentunya melalui kurasi dulu ya bro!

Jangan kuatir, setiap kegiatan yang Lo lakukan seperti mendaftar community, melengkapi data dan menulis artikel (kemudian kami tayangkan), akan mendapatkan poin yang bisa Lo tukarkan dengan hadiah menarik.

Info lebih lanjut langsung klik di sini, Bro!

Hobi nulis dan pengen dapet hadiah menarik? Yuk gabung community!
terpopuler
close
gentlemancode.id