gentlemancode.id
3 Cara Untuk Bahagia Meski Dikelilingi Orang-Orang Negatif

3 CARA UNTUK BAHAGIA MESKI DIKELILINGI ORANG-ORANG NEGATIF

Published on Wednesday, 28 November 2018

Bahagia itu pilihan, bro. Bahagia itu kita sendiri yang menentukan, buka orang lain. Tapi, dalam prakteknya nggak semudah itu. Terkadang, pengaruh lingkungan dan orang-orang sekitar bisa membuat mood kita buruk sehingga kita nggak bisa menikmati kebahagiaan. Lalu, bisa nggak sih kita hidup bahagia meski kita dikelilingi oleh orang-orang yang negatif?

Sebelum nyalahin orang lain, ternyata nih bro, otak kita ikut terlibat sebagai salah satu pemicunya. Otak merupakan organ tubuh yang sangat peka terhadap berbagai hal entah itu positif atau negatif.

Sinyal yang ditangkap otak ini akan diteruskan ke sel-sel saraf di dalam tubuh untuk memberikan respons tertentu, entah itu marah, kecewa, sedih, sampe bahagia. Jadi, sebetulnya kunci dari kebahagiaan itu adalah pengendalian emosi bro dan respons Lo kepada hal-hal negatif.

Nah, dibawah ini adalah beberapa langkah yang bisa Lo lakukan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih bahagia, diantaranya adalah:

1. Cari tahu penyebab emosi negatif

Apa yang terjadi sama kita pada dasarnya nggak ada yang kebetulan, termasuk kenapa Lo ngerasa dikelilingi orang-orang yang memberikan energy negatif. Sebagai permulaan, kenali akar masalah dari rasa nggak nyaman tersebut, bro.

Mungkin Lo merasa nggak nyaman ketika mendengar ada teman Lo yang membicarakan kejelekan orang lain, Lo dijadikan bahan bercandaan, dan lain sebagainya.

Dengan Lo mencari tahu masalah tersebut satu per satu, cepat atau lambat itu akan membantu Lo untuk mengetahui apa saja yang menyebabkan energy negatif di sekitar Lo.

2.  Fokus pada hal yang bisa dikendalikan

Lo nggak mungkin bisa mengendalikan semua hal bro dan Lo harus bisa menerima itu. Berusaha mengendalikan hal-hal yang di luar kuasa Lo hanya akan membuat Lo susah untuk bahagia. Untuk itu, jangan terlalu memikirkan hal-hal yang nggak bisa Lo kendalikan karena itu sia-sia.

Misal jalanan yang macet, yang bisa Lo lakukan adalah mengendalikan reaksi Lo, bro. Jalanan macet itu di luar Kendali Lo. Nah, yang bisa Lo lakukan adalah Lo fokus nyari jalan alternatif atau mencari kegiatan lain yang lebih bermanfaat ketika macet daripada Lo marah-marah nggak jelas. 

3. Berfikir positif

Kalo Lo kebanyakan mikirin hal-hal negatif, maka Lo bakalan stres sendiri, bro. Perlu Lo tahu nih, pikiran negatif nggak akan ngasih Lo keuntungan apa-apa, justru malah akan membuat semakin terpuruk. 

Daripada Lo Menuhin pikiran Lo dengan pikiran-pikiran negatif, mending Lo positive thingking aja agar Lo bisa lebih tenang dan Lo nggak khawatir berlebihan.

Sebisa mungkin jauhi pikiran buruk dan kodisikan agar Lo berfikir positif meski Lo sedang terjebak dalam lingkungan yang Lo rasa nggak enak, bro.

Jadi, sekali lagi Gw bilang sama Lo bro bahwa bahagia itu pilihan dan bukan orang lain yang menentukan. 

 

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini