gentlemancode.id
14 Makanan yang baik untuk pertumbuhan rambut

14 MAKANAN YANG BAIK UNTUK PERTUMBUHAN RAMBUT

Published on Monday, 20 August 2018

Siapa sih yang nggak pengen punya rambut sehat? Semua orang pasti menginginkannya, khususnya rambut yang kuat, tebal, dan tentunya nggak rontok.

Rata-rata, rambut kita akan tumbuh sekitar 0.5 inchi atau kurang lebih 1.25 cm per bulannya, dan 6 inchi atau 15 cm per tahun. Bagaimana pertumbuhan rambut Lo akan sangat bergantung kepada umur, kesehatan, dan genetik, bro.

Meskipun Lo tidak mungkin bisa mengubah faktor yang berhubungan dengan umur dan genetik, pengaturan pola makan adalah hal yang bisa Lo lakukan untuk menjaga rambut Lo agar tetap sehat dan tumbuh dengan baik karena pola makan yang buruk mampu membuat pertumbuhan rambut Lo kurang baik.

Disisi lain, konsumsi makanan yang baik dengan nutrisi yang baik bisa membantu pertumbuhan rambut Lo, khususnya kalo Lo mengalami kerontokan rambut karena nutrisi yang  buruk.

Nah, dibawah ini adalah 14 makanan terbaik yang bisa membantu pertumbuhan rambut Lo bro, diantaranya adalah:

1. Telur

Telur adalah makanan yang mengandung protein dan biotin yang kaya bro, yang mana kedua hal tersebut sangat penting peranannya dalam pertumbuhan rambut.

Konsumsi protein yang cukup sangat penting untuk pertumbuhan rambut karena folikel rambut sebagian besar dibentuk oleh protein. Nah, kurangnya protein bisa meningkatkan resiko rambut rontok, bro.

Biotin sangat penting untuk produksi protein rambut yang disebut keratin. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung biotin dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut pada orang-orang yang kekurangan asupan biotin.

Selain protein dan biotin, telur juga kaya akan kandungan zinc, selenium, dan nutrisi baik lainnya untuk rambut. Hal ini menjadikan telur sebagai salah satu makanan terbaik untuk mengoptimalkan pertumbuhan rambut.

2. Buah Beri

Buah beri mengandung senyawa dan vitamin bermanfaat yang bisa meningkatkan pertumbuhan rambut. 

Salah satu vitamin yang dimiliki oleh buah beri adalah vitamin C, yang mana vitamin ini memiliki sifat antioksidan yang kuat. Antioksidan dapat membantu melindungi folikel rambut terhadap kerusakan dari radikal bebas dan molekul berbahaya lainnya. 

3. Bayam

Bayam kaya akan nutrisi yang baik seperti folat, zat besi, vitamin A, dan vitamin C, yang mana nutrisi-nutrisi tersebut sangat baik untuk pertumbuhan rambut.

Vitamin A berperan dalam membantu kelenjar kulit untuk menghasilkan sebum. Sebum ini membantu melembabkan kulit kepala untuk menjaga rambut tetap sehat.

Bayam juga kaya akan zat besi yang mana zat ini sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Zat besi membantu sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh dimana proses ini nantinya akan sangat berpengaruh untuk pertumbuhan rambut.

4. Ikan

Ikan seperti salmon dan mackerel memiliki nutrisi yang sangat baik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Ikan-ikan ini adalah sumber asal lemak omega-3 yang sangat baik, yang bisa membantu pertumbuhan rambut. 

Sebuah penelitian menemukan bahwa asam lemak omega-3 dan omega-6 serta antioksidan mampu mengurangi kerontokan dan meningkatkan kepadatan rambut.

Ikan juga merupakan makanan yang kaya akan protein, selenium, vitamin D3, dan vitamin B yang bisa membantu pertumbuhan rambut yang kuat dan sehat.

5. Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan makanan yang kaya akan beta karoten. Tubuh mengubah senyawa ini menjadi vitamin A, yang mana vitamin A sangat baik untuk kesehatan rambut. 

Salah satu manfaat vitamin A untuk rambut adalah mempercepat laju pertumbuhan rambut dan mendorong pertumbuhan rambut yang lebih tebal.

6. Alpukat

Selain enak, alpkuat juga kaya akan gizi dan lemak sehat. Alpukat merupakan sumber vitamin E yang sangat baik yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. 

Sama halnya dengan vitamin C, vitamin E adalah antioksidan yang bisa membantu memerangi stress oksidatif dengan menetralisir radikal bebas. 

Vitamin E juga bisa melindungi area kulit, seperti kulit kepala, dari kerusakan. Kulit yang rusak pada kulit kepala dapat menyebabkan kualitas rambut yang buruk.

Selain itu, alpukat adalah sumber asam lemak esensial yang mana lemak ini tidak dihasilkan oleh tubuh. Kekurangan asam lemak esensial bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya kerontokan pada rambut.

7. Kacang

Kacang-kacangan meruapakan makanan yang kaya akan nutrisi yang bisa membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Terlebih lagi, kacang-kacangan menyediakan vitamin B, seng, dan asam lemak esensial. Nah, kekurangan nutrisi-nutrisi ini bisa menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut.

8. Biji-bijian

Biji-bijian memberikan sejumlah besar nutrisi dengan sedikit kalori. Banyak dari nutrisi ini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut seperti vitamin E, seng, dan selenium. 

Sama halnya dengan kacang, biji-bijian juga kaya akan vitamin E dan nutrisi lainnya yang bisa membantu pertumbuhan rambut. 

9. Paprika

Paprika adalah sumber vitamin C yang sangat baik, yang dapat membantu pertumbuhan rambut.

Bahkan, satu lada kuning menyediakan hampir 5,5 kali lebih banyak vitamin C sebagai jeruk.

Vitamin C membantu meningkatkan produksi kolagen, yang dapat membantu memperkuat helai rambut. Ini juga merupakan antioksidan kuat, yang dapat melindungi rambut terhadap stres oksidatif.

Stres oksidatif terjadi ketika radikal bebas menguasai sistem pertahanan antioksidan tubuh. Ini telah dikaitkan dengan rambut rontok dan rambut yang mulai beruban.

Selain itu, paprika manis juga merupakan sumber vitamin A yang sangat baik.

Vitamin ini dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut dan merangsang produksi sebum, yang membantu menjaga rambut tetap sehat.

10. Tiram

Tiram adalah salah satu sumber makanan terbaik yang kaya akan kandungan seng sementara seng adalah mineral yang membantu mendukung pertumbuhan rambut.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen seng dapat membalikkan efek rambut rontok yang disebabkan oleh kekurangan seng.

Namun, mengonsumsi terlalu banyak seng juga dapat memicu kerontokan rambut. Itu sebabnya mendapatkan seng dari makanan seperti tiram mungkin lebih baik daripada mengkonsumsi suplemen, karena makanan menyediakan seng dalam dosis kecil namun sehat .

11. Udang

Udang adalah makanan yang populer dan kaya akan nutrisi yang memiliki potensi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Udang adalah sumber protein, vitamin B, seng, zat besi dan vitamin D, yang dapat membantu pertumbuhan rambut. Udang juga menyediakan sejumlah kecil asam lemak omega-3 yang sehat.

12. Kacang Polong

Kacang polong merupakan sumber protein nabati yang sangat baik, yang sangat penting untuk pertumbuhan rambut.

Seperti tiram, kacang polong adalah sumber seng yang baik, yang membantu pertumbuhan rambut dan siklus perbaikan.  Kacang polong juga menyediakan banyak nutrisi sehat lainnya, eperti zat besi, biotin dan folat.

13. Kedelai

Penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa dalam kedelai dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Salah satu senyawa ini adalah spermidine, yang bisa kita dapatkan dari kedelai .

14. Daging

Daging adalah sumber protein yang sangat baik, yang penting untuk rambut yang sehat dan kuat. Daging merah, khususnya, kaya zat besi, yang dapat membantu pertumbuhan rambut.

Kesimpulan

Jadi bro, apa yang Lo makan dapat memberikan efek besar pada kesehatan rambut Lo.

Kurangnya nutrisi yang tepat termasuk vitamin A, C, D dan E, seng, vitamin B, zat besi, biotin, protein dan asam lemak esensial dapat memperlambat pertumbuhan rambut atau bahkan menyebabkan kerontokan rambut.

Untungnya, memperbaiki kekurangan dalam nutrisi ini dapat membantu mengobati kerontokan rambut dan meningkatkan laju pertumbuhan rambut.

Kalo Lo merasa kekurangan nutrisi ini, cobalah menambahkan beberapa makanan di atas ke dalam menu harian Lo. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke temen-temen Lo ya. Have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini