gentlemancode.id
4 Langkah efektif agar tidak stres ketika Lo berhenti merokok

4 LANGKAH EFEKTIF AGAR TIDAK STRES KETIKA LO BERHENTI MEROKOK

Published on Thursday, 29 November 2018

Berhenti merokok itu emang nggak gampang. Tapi, Lo bisa kok berhenti  kalo Lo sungguh-sungguh mau berusaha untuk berhenti. 

Mungkin ketika awal-awal berhenti, Lo akan merasa stres karena dari yang Gw lansir dari Everyday Health, CDC Amerika serikat menemukan bahwa sekitar 70 persen mantan perokok mengalami efek berhenti yang cukup serius. Mulai dari kenaikan berat badan, gangguan kecemasan, sampe depresi atau stres berkepanjangan.

Kenapa bisa terjadi seperti itu? Hal ini ternyata disebabkan oleh kandungan nikotin pada rokok yang memicu peningkatan hormon dopamine pada otak. Akibatnya timbul perasaan puas, lega, bahagia, dan tenang saat menghisap rokok. Bahkan nih bro, efek ini hampir sama dengan pengaruh obat antidepresan yang ampuh meredakan depresi.

Nah, ketika seseorang berhenti merokok, maka nggak akan ada lagi dorongan dopamine yang terjadi di dalam otak. Akibatnya, Lo jadi gampang stres, lebih agresif, dan jadi gampang ngambek. 

Ngatasin rasa stres setelah Lo berhenti merokok itu emang gampang-gampang susah, bro. Tapi sekali lagi, kalo Lo niat sunguh-sungguh untuk berhenti dan Lo bener-bener ingin memperbaiki kualitas hidup Lo, maka Lo pasti bisa. 

Nah, dibawah ini adalah langkah-langkah yang bisa Lo lakukan untuk mengatasi stres akibat efek berhenti merokok, diantaranya adalah:

1. Kenali tanda stres

Mengatasi stres akan lebih mudah ketika Lo mengenali tanda-tandanya, bro. Nggak hanya cemas berlebih, tanda stres akibat berhenti merokok lainnya meliputi:

  • Otot menegang
  • Sakit leher atau sakit punggung
  • Sakit perut
  • Sakit kepala
  • Sembelit atau diare
  • Sesak napas

Kalo Lo mengalami salah satu gejala tersebut, duduklah dengan tenang dan atur napas secara perlahan. Ingat bro, kembali merokok bukan solusi yang tepat untuk mengataso stres yang Lo alami.

Semakin cepat Lo mengetahui gejalanya, maka Lo akan semakin cepat dalam mengatasi stres sebelum stres tersebut semakin menjadi-jadi.

2. Alihkan perhatian

Begitu Lo stres dan Lo pengen ngerokok, segera alihkan perhatian Lo dengan hal-hal yang Lo sukai selain merokok. Lo bisa jalan-jalan, olahraga, makan, atau bahkan tidur.

Cara apa pun yang Lo pilih, Lo harus tanamkan dalam pikiran Lo bahwa berhenti merokok bukanlah hal yang mustahil. Buktinya, banyak orang yang bisa berhenti total, dan Lo pun pasti bisa, bro.

3. Atur pola makan

Dalam usaha kita membersihkan diri dari nikotin dan racun-racun lainnya, maka tubuh memerlukan makanan dengan nutrisi yang tinggi untuk melakukannya. 

Pilihlah jenis makanan yang sehat dan kaya akan gizi seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan lain sebagainya. Nah, zat-zat beracun yang ada di dalam tubuh Lo akan kalah dengan kebaikan nutrisi yang dimiliki oleh makanan-makanan tadi sehingga tubuh Lo akan lebih sehat, bro.

Selain itu, hindari makanan atau minuman yang mengandung kafein dan alkohol karena dua bahan tersebut justru akan membuat Lo kembali ingin merokok.

4. Olahraga

Olahraga merupakan  salah satu cara yang bisa Lo lakukan untuk mengatasi stres, bro. Olahraga dapat meningkatkan produksi hormon endorphin, dopamine, dan serotonin, yang mana hormon-hormon tersebut berperan penting dalam menciptakan perasaan senang dan mengurangi rasa sakit.

Semakin Lo rajin olahraga, maka Lo akan semakin fresh bro dan pikiran Lo juga lebih tenang. 

Nah bro, itu dia 4 cara yang bisa Lo lakukan untuk mengatasi stres ketika Lo berhenti merokok. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini sama temen-temen Lo ya. Sukses buat Lo semua, thanks and have a nice day!

Sumber:
[1] https://hellosehat.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini