gentlemancode.id
5 Cara yang Terbukti efektif untuk Meningkatkan Hormon Testosteron Secara Alami

5 CARA YANG TERBUKTI EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN HORMON TESTOSTERON SECARA ALAMI

Published on Friday, 14 September 2018

Testosteron!

Lo tau nggak bro apa yang dimaksud dengan testosteron?

Terus, Lo tau nggak sih manfaat testosteron itu buat apa?

Dilansir dari hellosehat.com, Testosteron memiliki peranan yang sangat penting dalam tubuh pria, bro. Salah satunya adalah untuk sistem reproduksi.

Menurut artikel yang Gw baca dari alodokter.com, kadar hormon testosteron dalam tubuh pria itu normalnya adalah sekitar 250-1100 ng/dL (nanogram per desiliter) dengan kadar rata-rata 680 ng/dL. 

Nah, hormon ini mengalami peningkatan selama masa puber bro dan mencapai puncaknya ketika Lo berusia sekitar 20 tahum.

Setelah umur Lo 30 tahun ke atas, kadar hormon ini akan berkurang sekitar satu persen setiap tahunnya.

Lalu, apa yang terjadi kalo kita kekurangan hormon testosteron?

Masih dari alodokter.com, disitu disebutkan bahwa menurunnya kadar hormon testosteron sebetulnya merupakan kondisi alamiah seiring bertambahnya usia seseorang.

Ketika hormon testosteron menurun, maka pria akan mengalami beberapa masalah ini bro, diantaranya adalah:

  • Gangguan fungsi seksual
  • Berkurangnya rambut pada tubuh
  • Tulang menjadi rapuh
  • Meningkatnya lemak dan kolesterol
  • Berkurangnya kekuatan atau massa otot
  • Mudah lelah
  • Cenderung merasa depresi
  • Gangguan tidur
  • Penurunan rasa percaya diri
  • Tidak memiliki motivasi
  • Menurunnya tingkat konsentrasi

Nah, sekarang Lo udah tahu kan mengenai apa yang akan terjadi ketika Lo kekurangan hormone testosteron? 

Sekarang, gimana caranya untuk meningkatkan kadar hormon tersebut?

Oke, dalam artikel kali ini Gw akan menjelaskan mengenai hal ini berdasarkan sumber yang Gw baca dari hellosehat.com. Simak baik-baik ya, bro!

1. Cukup tidur

By the way, berapa lama Lo tidur dalam sehari?

Kalo selama ini Lo sering kurang tidur, maka mulai sekarang Lo harus mulai untuk mencukupi waktu istirahat Lo, bro.

George Yu, MD, seorang dosen di George Washington University Medical Center di Washington D.C, menyebutkan bahwa kebiasaan kurang tidur mampu menyebabkan laki-laki mengalami penurunan produksi testosteron. Nah Lo!

Jadi bro, perhatikan pola istirahat Lo. Usahakan untuk tidur cukup 8 jam setiap harinya kalo Lo nggak mau kadar hormon testosteron Lo menurun.

Kalo Lo sering mengalami kesulitan untuk tidur nyenyak, maka cara ini mungkin bisa membantu, bro:

  • Pastikan kamar Lo bersih
  • Pastikan udara di kamar Lo nggak pengap
  • Pastikan suhu di dalam kamar Lo nyaman
  • Jangan minum kopi sebelum tidur
  • Jangan terlalu banyak pikiran

2. Kurangi berat badan

Yap. Kurangi berat badan!

Obesitas adalah salah satu penyebab turunnya produksi testosteron, bro.

Selain menurunnya produksi testosteron, banyak sekali hal negatif lainnya yang akan Lo alami ketika Lo overweight seperti:

  • Berisiko untuk mengalami tekanan darah tinggi
  • Sakit jantung
  • Diabetes
  • Stroke

Terus, secara penampilan juga tentunya Lo nggak akan terlihat oke bro kalo Lo overweight.

Untuk menjaga tubuh Lo tetap dalam keadaan yang baik, maka Lo harus mulai untuk menerapkan pola hidup sehat dengan rajin berolahraga dan menjaga pola makan Lo. Dengan begitu, Lo bisa mengontrol berat badan Lo sekaligus menghindari penurunan produksi testosteron di dalam tubuh Lo.

3. Olahraga

Olahraga. Hal yang penting untuk dilakukan namun malas untuk dijalani. Bener nggak? Hehe.

Tapi, bagaimanapun juga Lo harus memaksakan diri Lo untuk berolahraga secara rutin, bro.

Manfaatnya nggak perlu Gw sebutin lagi kali ya karena Lo pasti udah pada tahu.

Lalu, hubungannya apa antara olahraga dan testosteron?

Jadi gini, ketika tubuh Lo diem aja tidak melakukan apa-apa, maka tubuh Lo akan mengirim sinyal yang menandakan bahwa tubuh tidak memerlukan tambahan hormon testosteron sehingga otomatis produksi testosteron Lo pun menjadi berkurang. Nah, ketika Lo aktif berolahraga, maka otak akan mengirim sinyal kepada tubuh untuk memproduksi lebih banyak hormon testosteron. 

4. Tangani Stres dengan baik

Kita semua pasti pernah merasa stres, nggak mungkin enggak, bener nggak?

Tapi, ada beberapa orang yang bisa mengelola stres dengan baik dan ada yang tidak.

Ketika Lo tidak bisa menangani stres dengan baik maka itu bisa menjadi masalah buat Lo dan salah satu masalahnya adalah menurunnya kadar homon testosteron di dalam tubuh Lo.

Ketika Lo stres, maka tubuh akan memproduksi hormon kortisol bro yang mana hormon ini akan mempengaruhi tingkat produksi hormon testosteron. 

Jadi, tangani stres dengan baik dengan melakukan hal-hal yang bisa membuat Lo lebih rileks seperti olahraga, berkumpul dengan teman-teman Lo, atau lebih mendekatkan diri kepada Tuhan agar stres yang Lo alami bisa Lo atasi.

5. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin D

Untuk meningkatkan produksi testosteron, Lo bisa memakan makanan yang kaya akan vitamin D yang bisa Lo peroleh dari beberapa makanan seperti tuna, susu rendah lemak dengan kandungan vitamin D, kuning telur, tiram, kerang-kerangan, daging sapi dan kacang.

Nah, kira-kira begitu bro cara yang bisa Lo lakukan untuk meningkatkan hormon testosteron di dalam tubuh Lo.

Gw rangkum secara singkat ya caranya:

  • Cukup tidur
  • Kurangi berat badan
  • Olahraga
  • Tangani stress dengan baik
  • Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin D

Oke deh, Gw rasa itu aja yang bisa Gw bagi kali ini sama Lo. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share sama temen-temen Lo ya. Thanks and have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini