gentlemancode.id
5 Masalah Kesehatan Akibat Konsumsi Gula Berlebih

5 MASALAH KESEHATAN AKIBAT KONSUMSI GULA BERLEBIH

Published on Friday, 05 April 2019

Makanan dan minuman manis hampir tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kita sehari-hari, bener nggak? Lo pasti sering deh kalo pas sarapan atau makan siang Lo pesen teh manis untuk minum, atau Lo pesen minuman lain yang memiliki rasa manis. Nah, Lo perlu tahu bro kalo Lo kebanyakan mengonsumsi makanan dan minuman manis itu bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Dikutip dari hellosehat.com dibawah ini adalah beberapa penyakit gula selain diabetes yang bisa menyerang Lo ketika Lo kebanyakan mengkonsumsi gula:

1. Penyakit Jantung

Dr. Frank HU, Seorang Profesor Nutrisi di the Harvard T.H. Chan School of Public Health menyatakan bahwa semakin banyak Lo mengkonsumsi gula maka semakin besar juga risiko Lo terkena penyakit jantung. 

Apa hubungannya antara banyaknya konsumsi gula dan penyakit jantung? Jadi gini, ketika Lo terlalu banyak mengkonsumsi gula maka itu bisa membuat hati bekerja lebih keras. Nah, hati memetabolisme gula dengan mengubah karbohidrat menjadi lemak. Lama kelamaan, kalo Lo tidak menghentikan kebiasaan mengkonsumsi gula, maka lemak akan menumpuk di hati dengan jumlah yang besar dan mengakibatkan terjadinya perlemakan hati. Perlemakan hati inilah yang kemudian akan meningkatkan risiko Lo terkena penyakit jantung.

Selain itu, mengkonsumsi terlalu banyak gula bisa meningkatkan tekanan darah dan juga peradangan kronis yang mana itu semua akan memicu penyakit jantung.

2. Obesitas

Obesitas merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan oleh gula yang bisa menjadi memicu berbagai penyakit kronis. British Dietetic Association (BDA) mengatakan bahwa makanan dan minuman yang memiliki kandungan gula tambahan mengandung banyak kalori. Semakin banyak Lo mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula, maka akan semakin banyak pula kalori yang Lo konsumsi.

Gula itu mematikan sistem pengaturan nafsu makan seseorang. Itulah sebabnya ketika Lo makan dan minum yang manis-manis, Lo jadi nggak bisa berhenti dan bakalan pengen makan makanan manis atau minum minuman manis lainnya. Kalo udah gitu, kalori yang Lo konsumsi akan melebihi batas normal. Akibatnya, kalo misalnya kebiasaan ini dilakukan terus menerus maka Lo bisa mengalami berat badan berlebih, bro.

For your information, Lo itu tidak disarankan untuk mengonsumsi gula lebih dari 10 persen asupan kalori perhari, umumnya sih sekitar 70 gram untuk pria dan 50 gram untuk wanita. Untuk itu, kalo Lo pengen mengkonsumsi makanan dan minuman manis, sebaiknya gunakan pemanis rendah kalori. Selain berguna untuk menghindari lonjakan gula darah, pemanis rendah kalori tidak mengandung banyak kalori yang bisa membuat Lo cepet melar.

3. Hiperglikemia

What? Apaan tuh? 

Hiperglikemia merupakan penyakit gula darah tinggi sebagai komplikasi dari diabetes. Biasanya, yang menjadi faktor seseorang mengalami hiperglikemia adalah makanan yang tidak dijaga, kurang olahraga, obat-obatan nondiabetes yang bisa menaikan gula darah, dan melewatkan konsumsi obat penurun gula darah atau suntik insulin.

Hiperglikemia termasuk kedalam masalah kesehatan yang bisa berakibat serius kalo tidak segera ditangani. Biasanya, kondisi ini akan menyebabkan komplikasi pada mata, saraf, ginjal, dan juga jantung. Nggak hanya itu aja, hiperglikemia juga bisa membuat Lo mengalami koma.

Untuk itu, selain Lo harus mengikuti berbagai aturan minum obat yang sudah dianjukan oleh dokter, Lo juga perlu mengendalikan jenis makanan yang Lo konsumsi. Usahakan untuk menghindari makanan dan minuman yang mengandung gula tambahan kalo Lo sudah memiliki diabetes untuk mencegah kondisi yang bisa semakin parah.

4. Kerusakan Gigi

Gula adalah sesuatu yang sangat disukai oleh bakteri jahat di dalam mulut. Bakteri-bakteri ini menghasilkan asam di mulut setiap kalo Lo mengkonsumsi gula. Bakteri ini akan memakan gula yang Lo makan dan membentuk plak pada gigi.

Plak merupakan lapisan lunak dan lengket pada gigi yang terdiri dari 70 persen bakteri yang berasal dari air liur. Plak pada gigi yang tidak hilang dengan air liur dan tidak hilang saat sikat gigi membuat pH mulut menurun sehingga membuatnya menjadi lebih asam.

Serangan asam berulang menyebabkan mineral di email gigi menjadi hilang. Lama kelamaan, hal ini bisa membuat lemah dan menghancurkan email gigi yang pada akhirnya bisa membentuk lubang kecil di gigi. Kalo dibiarkan, lubang ini akan semakin besar hingga menyebar ke lapisan gigi yang lebih dalam dan bisa membuat gigi sakit.

Baca juga: Cara merawat gigi.

5. Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit degenerative yang membuat hilangnya neuron (sel otak) dan sinapsis (persimpangan antara sel-sel otak) secara bertahap. Kondisi ini membuat penurunan fungsi otak dari waktu ke waktu. Penurunan kemapuan berfikir, penurunan daya ingat, perubahan prilaku, adalah beberapa tanda-tanda penyakit Alzheimer. Ketika Alzheimer sudah parah, pengidapnya nggak akan lagi mampu melakukan berbagai kegiatan tanpa bantuan orang lain.

Nah bro, itu dia 5 masalah kesehatan yang akan terjadi ketika Lo terlalu banyak mengkonsumsi gula. Ingat bro, kesehatan itu sangat penting, maka lebih baik mencegah daripada mengobati. Tetap jaga kesehatan, bro!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini