gentlemancode.id
Apakah boleh berolahraga ketika sakit?

APAKAH BOLEH BEROLAHRAGA KETIKA SAKIT?

Published on Wednesday, 12 December 2018

Lo mungkin bertanya-tanya, apakah Lo boleh berolahraga ketika Lo sedang sakit? Olahraga saat sakit mungkin terdengar aneh. Rata-rata orang pasti mengatakan bahwa orang yang sedang sakit tidak boleh berolahraga, bener nggak? Tapi, bagaimana kalo misalnya olahraga ternyata bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu mengusir penyakit dalam tubuh? Nah, hal ini sebetulnya tergantung pada jenis penyakitnya bro dan jenis olahraga yang dilakukan. Dilansir dari hellosehat.com, berikut penjelasan lengkapnya mengenai apakah boleh berolahraga ketika sakit?

Kapan Lo bisa melakukan olahraga ketika Lo sakit?

Kalo misalnya gejala sakit ada di atas leher Lo, biasanya Lo boleh bro untuk melakukan olahraga selama intensitasnya lebih rendah dari biasanya. Gejala-gejala tersebut antara lain:

  • Ingusan
  • Hidung tersumbat
  • Bersin
  • Sakit tenggorokan
  • Sakit kepala

Kalo Lo memang punya energi yang cukup untuk mengabaikan gejala tersebut, maka olahraga bisa membantu tubuh untuk membunuh banyak virus. Bahkan nih bro, menurut penelitian, melakukan olahraga saat demam justru dianjurkan. What? Kok bisa? Jadi, pada sebuah percobaan selama 10 hari, orang yang berolahraga selama 40 menit setiap hari dengan menggunakan 70% denyut jantung maksimal merasa lebih baik, dibandingkan dengan orang yang tidak berolahraga, meskipun tingkat keparahan klinis dan durasi gejala mereka hampir sama.

Kunci untuk melakukan olahraga saat sakit adalah Lo harus melakukannya dengan sangat hati-hati dan tidak berlebihan, bro. Berolahraga secara  berlebihan akan membuat tubuh Lo stres, sehingga dapat menekan sistem kekebalan tubuh Lo.

Lakukan olahraga secukupnya saja jika misalnya Lo merasa tidak enak badan. Exercise and sport science reviews, mengatakan bahwa latihan intens berkepanjangan bisa menyebabkan imunosupresi, sedangkan latihan dengan intensitas sedang dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dengan menggurangi risiko dan infeksi pernapasan akibat virus.

Kapan Lo dilarang melakukan olahraga ketika sakit?

Umumnya dokter akan menyarankan Lo untuk berhenti melakukan olahraga kalo Lo memiliki gejala di bagian bawah leher Lo, seperti:

  • Demam
  • Batuk atau sesan di dada
  • Kelelahan
  • Nyeri otot
  • Muntah, sakit perut dan/atau kram perut

Apapun gejalanya, Lo harus selalu berhati-hati dan selalu memperhatikan tubuh Lo, bro. Kalo Lo tidak merasakan gejala tersebut, namun Lo hanya pengen istirahat, maka itulah yang dibutuhkan oleh tubuh Lo. Kalo Lo memaksakan tubuh Lo untuk melakukan sesuatu di luar kehendak, maka penyakit Lo akan malah bertambah parah.

Kaitan antara olahraga, stres, dan fungsi kekebalan tubuh

Sekelompok ilmuwan mengumpulkan data tentang kebiasaan olahraga dan penyakit influenza, mereka menemukan bahwa:

  • Orang-orang yang tidak pernah berolahraga akan sakit cukup sering.
  • Orang yang berolahraga antara sebulan sekali dan tiga kali seminggu merupakan yang terbaik.
  • Orang yang berolahraga berat lebih dari empat kali seminggu sakit paling sering.

Jadi, dalam istilah sederhana, orang yang terlalu malas dan terlalu sering berolahraga mengalami penurunan kekebalan. Namun, olahraga pada tingkat sedang dapat meningkatkan imunitas.

Nah, itu dia bro penjelasan mengenai apakah boleh berolahraga ketika sakit? Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini sama temen-temen Lo ya. Sukses buat Lo semua, semoga Lo semua dalam keadaan sehat, thanks and have a wonderfull day gentleman!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini