gentlemancode.id
Bahaya Makan Terlalu Cepat

BAHAYA MAKAN TERLALU CEPAT

Published on Friday, 01 February 2019

Buat Lo yang suka buru-buru cabut pas mau berangkat kuliah atau kerja, atau Lo punya waktu yang mepet untuk makan, mungkin Lo sering ngalamin momen dimana Lo grasak-grusuk ketika makan. Disisi lain waktu Lo dikit, disisi lain Lo harus makan, akibatnya Lo jadi buru-buru deh makannya. Nah, terus kebiasaan ini bahaya nggak sih untuk kesehatan?

Sekali dua kali mungkin Lo belum merasakan ada yang salah dengan kebiasaan Lo itu, bro. Tapi, Lo perlu tahu nih kalo kebiasaan tersebut bahaya. Nggak cuman keselek doang, ternyata ada bahaya-bahaya lain yang bisa serius dampaknya. Nah, biar Lo terhindar dari hal tersebut, kenali bahaya makan terlalu cepat yang Gw kutip dari hellosehat.com diantaranya adalah:

1. Masalah Pada Jantung

Nah Lo, siapa yang nyangka makan cepet-cepet bisa menimbulkan masalah pada jantung. Ini serius bro dan ini sudah dibuktikan oleh seorang ahli jantung dari Jepang yaitu Dr. Takayuki Yamaji.

Jadi, doi udah meneliti hal ini dari 1000 peserta dalam 5 tahun. 5 tahun loh bro bukan satu bulan dua bulan. Nah, peserta ini dibagi menjadi 3 kelompok berdasarkan kecepatan makan. Mereka dipisahkan dari mulai yang lambat, normal, sampe yang makannya cepet. Hasilnya, kelompok yang makan dengan cepat memiliki risiko penyakit sindrom metabolic yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Waduh!

2. Asam Lambung Naik

Kalo misalnya Lo sering mengalami gejala mules, mual, sakit perut, dan sulit menelan, mungkin ini disebabkan oleh kebiasaan Lo makan yang terlalu cepat, bro. Ya, makan terlalu cepat memang akan menyebabkan asam lambung naik sehingga Lo mengalami gejala-gejala tadi. 

3. Diabetes

Lho kok diabetes?

Gini bro, sebuah penelitian di Lithuania pada tahun 2012 menemukan bahwa diabetes menjadi salah satu masalah yang bisa terjadi karena seseorang makan terlalu cepat. Ketika Lo makan terlalu cepat, Lo cenderung jadi sulit untuk kenyang. Tanpa Lo sadari, akhirnya Lo jadi makan terlalu banyak tanpa terkendali, bro.

4. Obesitas

Ketika Lo makan terlalu cepat, tubuh Lo jadi susah kenyang, bro. Akibatnya, Lo jadi makan dengan kalap yang akhirnya akan menyebabkan asupan kalori Lo menjadi lebih tinggi dari yang Lo butuhkan. Nah, kalo misalnya Lo makan dengan pelan, otak jadi punya cukup waktu untuk menerima sinyal dari tubuh untuk merasa kenyang. Hal inilah yang kemudian membuat Lo berhenti makan begitu perut terasa penuh. 

Nah bro, mulai sekarang jangan sekali-kali lagi makan cepet-cepet ya. Nikmati makanan Lo dan makanlah secara perlahan supaya tubuh Lo tidak mendapatkan dampak buruknya. 

Baca juga:

Bahaya makan sambil berdiri

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini