gentlemancode.id
Bike to Work, Kenapa Enggak? Ini 6 Alasannya

BIKE TO WORK, KENAPA ENGGAK? INI 6 ALASANNYA

Published on Friday, 19 January 2018

Kemacetan yang semakin hari semakin menjadi-jadi, membuat Lo harus pinter dalam memilih moda transportasi, bro. Kalo nggak gitu, Lo bisa tua di jalan. Terus, keburu telat deh ke kantor. Nah, kalo keseringan bisa di tegur dan paling parah sih di potong gaji. Sedih nggak Lo? Huft.

Tapi, selain kemacetan, yang menjadi masalah di kota-kota besar yang nggak boleh kita abaikan adalah masalah polusi, bro. Semakin hari, jumlah polusi yang mencemari lingkungan kita khususnya udara semakin meningkat. Kalo ini di biarkan, sampe kapan kita bisa menghirup udara yang sehat seperti sekarang. Jangan sampe kaya di China bro, disana udara udah nggak layak untuk manusia karena tingkat polusinya yang sangat tinggi.

Nah, untuk mengatasi dua masalah tadi, kenapa nggak Lo mulai pake sepeda untuk alat transportasi Lo. Selain ramah lingkungan, kendaraan ini bisa melalui jalur-jalur sempit yang nggak bisa dilalui oleh motor apalagi mobil. Terus, kalo Lo pake sepeda Lo pasti akan lebih sehat bro karena Lo jadi bergerak terus.

Kenapa bersepeda baik untuk kesehatan?

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Lo dapatkan dari bersepeda secara rutin bro, diantaranya adalah:

1. Memperbaiki Kardiovaskular

Bersepeda adalah termasuk kedalam olahraga kardio karena dengan bersepeda kinerja jantung, paru-paru dan sistem sirkulasi akan meningkat. Selain itu, dengan bersepeda secara teratur Lo bisa menurunkan kolesterol jahat di dalam darah, menguatkan jantung dan menurunkan tekanan darah.

Dengan turunnya tingkat kolesterol jahat di dalam darah Lo maka resiko penyempitan pembuluh darah bisa di minimalisir. Otot jantung yang biasa terlatih akan lebih efektif mengantarkan darah dan oksigen secara optimal ke seluruh tubuh.

Semakin baik kinerja sistem peredaran darah, maka semakin rendah resiko Lo terkena stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi.

2. Meningkatkan Kekuatan Otot

Hampir semua anggota tubuh bergerak ketika Lo bersepeda. Mulai dari kaki sampe mata yang tetap waspada. 

Dikarenakan banyak anggota tubuh yang aktif bergerak membuat otot tubuh yang bersangkutan mengalami peningkatan aktivitas. Kalo aktivitas tersebut dilakukan secara rutin, maka hasilnya otot Lo akan lebih kuat, bro. Tidak hanya itu, koordinasi dan keseimbangan tubuh juga ikut terlatih.

3. Merawat Sendi

Tidak hanya otot, sendi-sendi pada kaki dan tangan juga akan ikut aktif ketika Lo bersepeda. Sikut, Lutut, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan adalah beberapa sendi yang bekerja pada saat bersepeda. Hal ini akan membuat persendian menjadi semakin fleksibel, bro.

4. Menjaga Berat Badan

Banyak keuntungan yang bisa Lo dapet dari bersepeda, salah satu keuntungannya adalah  meningkatnya pembakaran kalori. Pembakaran kalori tentu saja sangat baik untuk menjaga berat badan Lo tetap ideal. Usahakan untuk menjaga pola makan yang sehat dan seimbang agar bisa dikombinasikan dengan kebiasaan Lo bersepeda untuk menghindari resiko kegemukan.

5. Menurunkan Tingkat Stres

Ketika Lo bersepeda, tubuh akan mengeluarkan hormon yang bernama endorphin. Hormon ini akan memberikan Lo rasa nyaman dan suasana hati yang baik. Selain itu, endorphin juga bisa mengurangi rasa sakit bro.

Nah, hal ini lah yang bisa membuat Lo merasa lebih tenang dan membantu mengurangi beban pikiran Lo. Apalagi jalur yang Lo lalui ketika bersepeda adalah jalur yang memiliki pemandangan yang bagus, Gw yakin Lo pasti akan lebih tenang dan mood Lo pasti akan jauh lebih baik dan bebas dari stres.

6. Menurunkan Resiko Penyakit

Aktivitas fisik yang rutin melalui bersepeda sangat baik untuk kesehatan tubuh Lo. Salah satu keuntungan dari tubuh yang aktif adalah Lo bisa meminimalisir risiko terkena diabetes. Selain itu, bersepeda juga bisa memperkecil risiko terkena kanker terutama kanker usus besar.

Tuh bro, banyak banget manfaatnya ketika Lo mau menggunakan sepeda ke tempat kerja. Selain bisa membantu Lo mengatasi kemacetan, Lo juga bisa membantu menjaga kualitas udara agar bebas dari polusi. Selain itu, yang paling penting adalah Lo bisa menjaga kesehatan tubuh Lo dengan bersepeda. Jadi, bike to work, kenapa engga?

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini