gentlemancode.id
Dampak negatif yang diakibatkan oleh waktu tidur yang berlebihan

DAMPAK NEGATIF YANG DIAKIBATKAN OLEH WAKTU TIDUR YANG BERLEBIHAN

Published on Tuesday, 20 November 2018

Tidur merupakan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh semua manusia seperti layaknya makan dan minum. Tanpa tidur yang cukup, maka tubuh kita pasti akan kelelahan dan tidak bisa beraktivitas dengan normal. Nggak hanya tubuh, otak kita juga bakalan nggak bisa mikir bro kalo kita tidak memenuhi waktu tidur kita dengan baik.

Tidur merupakan cara yang paling baik untuk mengistirahatkan tubuh. Kebutuhan seseorang untuk tidur mungkin akan berbeda, tergantung kelelahan dan usia orang tersebut. Tapi, normalnya orang yang sudah dewasa disarankan untuk tidur sekitar tujuh sampe delapam jam per hari, bro.

Kalo misalnya kita nggak memenuhi waktu tidur kita, pastinya tubuh kita akan kelelahan bro karena kekurangan istirahat. Nah, ini jelas akan berdampak buruk untuk kesehatan kita. Tapi, harus Lo catet juga nih bro, kekurangan tidur emang nggak baik, tapi kelebihan tidur juga nggak baik.

Jadi gimana? Serba selah jadinya.

Tenang bro, nggak usah pusing. Selama Lo menjalani pola tidur yang normal, Lo pasti baik-baik aja. Nah, kali ini Gw akan ngasi informasi sama Lo mengenai efek negatif dari kelebihan tidur, yang Gw lansir dari brilio.net.

1. Bertambahnya berat badan

Ada beberapa penelitian dengan kesimpulan berbeda terkait hal ini, apakah ada hubungannya antara durasi tidur dengan resiko obesitas atau diabetes. Tapi, dokter menyatakan bahwa kelebihan berat badan seseorang itu bisa terjadi salah satunya adalah karena kurangnya aktivitas fisik. Nah, orang yang kebanyakan tidur, otomatis nggak banyak gerak sehingga masuk akal sih kalo ternyata kebanyakan tidur bisa memicu risiko obesitas atau kelebihan berat badan.

2. Depresi

Orang yang mengalami depresi biasanya mengalami gangguan tidur. Namun yang menarik adalah, dalam beberapa kasus, hal ini terjadi karena seseorang tidur lebih dari durasi normalnya. Kalo seseorang tidur lebih lama dan tidak ingin meninggalkan tempat tidur di pagi hari, ini bisa membuat kehidupan orang itu monoton dan cenderung tidak memiliki semangat, sehingga hal ini bisa menggiring seseorang untuk menjadi depresi.

3. Penyakit jantung

Kalo seseorang tidur kelamaan, bukan hanya waktu aja yang terbuang bro, melainkan kesehatan juga akan berkurang. 

Ada beberapa masalah kesehatan yang mungkin akan Lo alami akibat terlalu lama tidur, dan salah satunya adalah kesehatan jantung. Lo perlu tahu bro, saat ini masalah jantung merupakan penyebab kematian yang paling umum, dan tidur selama lebih dari 8 jam per hari dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami serangan jantung. 

4. Sakit kepala

Sakit kepala juga bisa disebabkan oleh kelebihan tidur. Ya bro, ketika Lo kelamaan tidur maka pas bangun nanti Lo kemungkinan akan mengalami sakit kepala yang parah. Hal ini terjadi karena tidur berlebihan mempengaruhi neurotransmitter di otak dan tingkat serotonin manusia.

5. Masalah ingatan

Sebuah penelitian mengatakan bahwa terlalu lama tidur bisa mempengaruhi kinerja otak kita. Nah, hal ini akan berpengaruh kepada fungsi kognitif otak dan kemampuannya untuk berkonsentrasi dan mengingat secara detail.

6. Susah Tidur

Terkadang, insomnia disebabkan oleh kebiasaan yang tidak sehat terkait durasi tidur. Misal, Lo begadang untuk menyelesaikan pekerjaan Lo dan memutuskan untuk tidur lebih lama pas besoknya. Nah, kebiasaan ini bisa menjadi penyebab Lo mengalami susah tidur pada malam harinya, bro.

Sesuatu yang berlebihan itu emang nggak bagus, bro. Untuk itu, penuhi kebutuhan tidur Lo dengan waktu yang cukup, nggak lebih dan nggak kurang

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini