gentlemancode.id
Gangguan Kesehatan Akibat Terlalu Lama Duduk

GANGGUAN KESEHATAN AKIBAT TERLALU LAMA DUDUK

Published on Wednesday, 20 June 2018

Saat ini, banyak sekali aktivitas kita yang dihabiskan dengan duduk. Entah itu duduk di kendaraan pribadi atau duduk ketika bekerja di kantor. Sangat sedikit sekali aktivitas bergerak yang kita lakukan setiap harinya sehingga akhirnya tubuh kita kurang aktif bergerak. 

Terlalu banyak duduk ditambah dengan pola makan yang salah dan kurangnya olahraga akan menimbulkan risiko terkena berbagai macam gangguan kesehatan, bro. Nah, dibawah ini adalah beberapa gangguan kesehatan yang akan Lo alami ketika Lo terlalu banyak duduk setiap harinya, diantaranya adalah:

1. Meningkatkan risiko terkena penyakit

Terlalu lama duduk dapat meningkatkan risiko terkena penyakit bro seperti jantung, diabetes, dan kanker. Terlalu lama duduk bisa meningkatkan tekanan darah, meningkatkan gula darah, meningkatkan lemak tubuh sekitar pinggang, dan kadar kolesterol yang tidak normal. Terlalu lama duduk menyebabkan otot membakar sedikit lemak, membuat sirkulasi darah menjadi lambat, dan membuat asam lemak lebih mudah menyumbat peredaran darah ke jantung. Hal ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan meningkatkan kolesterol.

2. Meningkatkan risiko obesitas

Terlalu lama duduk bisa membuat Lo lebih banyak makan sehingga secara tidak sadar akan membuat berat badan Lo naik. Terlebih apabila Lo tidak mengimbanginya dengan olahraga maka sudah pasti berat badan Lo bakalan tidak terkontrol. 

3. Melemahnya Otot

Selama Lo duduk, maka otot-otot pada tubuh Lo tidak akan banyak digunakan, bro. Beda halnya dengan ketika Lo bergerak, akan ada banyak otot yang bekerja sehingga otot tidak diam saja.

4. Melemahnya Kekuatan Otak

Saat Lo duduk, Lo bisa mengerjakan pekerjaan Lo di depan komputer dan menggunakan otak Lo untuk berpikir. Tapi Lo harus tahu bro bahwa duduk dalam jangka waktu yang lama juga dapat melemahkan otak Lo. Kalo Lo bergerak, maka otot akan bergerak memompa darah dan oksigen ke otak dan akan memicu pelepasan zat kimia dalam otak. Namun, kalo Lo duduk terlalu lama maka fungsi otak akan lebih lambat. Hal ini karena peredaran darah dan oksigen ke otak berjalan lebih lambat.

5. Sakit pada leher dan tulang belakang

Duduk dalam waktu yang lama juga dapat menyebabkan sakit leher dan tulang belakang, bro. Hal ini terjadi karena duduk dalam waktu lama ditambah dengan posisi yang tidak nyaman dapat membuat tulang leher tegang dan punggung nyeri. Duduk terlalu lama dapat menambah tekanan pada tulang belakang dan cakram yang menyusun tulang belakang sehingga dapat menyebabkan sakit pada leher dan tulang belakang.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini