gentlemancode.id
Ini Dia 9 Jenis Diet Yang Perlu Lo Ketahui

INI DIA 9 JENIS DIET YANG PERLU LO KETAHUI

Published on Tuesday, 09 January 2018

Memiliki berat badan idel adalah dambaan semua orang. Nggak hanya cewek, cowok juga harus punya badan ideal, Bro. Nggak hanya soal penampilan, berat badan ideal juga sangat penting untuk menjaga kesehatan

Salah satu cara untuk menjaga berat badan agar tetap ideal adalah dengan cara melakukan diet, Bro. Nah, ada berbagai macam cara dan metode dalam melakukan diet, ada yang mengubah pola makan, atau memilah jenis makanan tertentu untuk dikonsumsi.

Diet tidak hanya berfungsi untuk menurunkan berat badan, diet juga berguna untuk menurunkan kolesterol, mencegah penyakit, dan untuk hidup yang lebih sehat. Dilansir dari Medical News Today, terdapat sembilan jenis diet yang bisa Lo coba, diantaranya adalah:

1. Diet Atkins

Diet ini fokus kepada kontrol level insulin dalam tubuh melalui diet makanan rendah karbohidrat. Orang yang menjalani diet ini akan menghindari makanan karbohidrat, tapi mereka akan banyak mengkonsumsi protein dan lemak. Sebelum Lo menjalankan diet ini, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

2. Diet Zona

Tujuan utama dari Diet ini adalah untuk untuk menyeimbangkan gizi, dimana setiap makanan yang kita konsumsi harus mengandung 40 persen karbohidrat, 30 persen lemak dan 30 persen protein. Sama halnya dengan diet atkins, diet ini mengatur kadar insulin di dalam tubuh. Diet ini menyarankan kita untuk mengkonsumsi karbohidrat yang berkualitas tinggi, seperti alpukat , minyak zaitun, dan kacang-kacangan.

3. Diet Ketogenik

Diet Ketogenik sering digunakan untuk pengobatan epilepsi. Diet ini dilakukan dengan cara mengurangi asupan karbohidrat dan menambahkan asupan lemak. Asupan lemak akan membuat tubuh menggunakan lemak yang ada di dalam tubuh sebagai energi. Lemak yang dikonsumsi merupakan jenis lemak sehat seperti lemak yang terdapat dalam kelapa, alpukat, biji-bijian, kacang Brazil, dan minyak zaitun.

4. Diet Vegetarian

Jenis diet ini adalah jenis diet yang paling sering dilakukan, karena kedengaran lebih masuk akal dari pada diet yang lainnya. Diet vegetarian ini memiliki berbagai jenis diantaranya adalah: lacto-vegetarian, fruitarian vegetarian, lacto-ovo vegetarian, living food diet vegetarian, ovo-vegetarian, pesco-vegetarian, dan semi vegetarian. Nah Bro, dari semua jenis diet vegetarian yang Gw sebutin barusan, yang paling sering dilakukan adalah lacto-ovo vegetarians. Vegetarian jenis ini tidak mengkonsumsi makanan berbasis hewani kecuali susu, madu dan telur. Berdasarkan hasil penelitian, para vegetarian memiliki berat badan yang cenderung normal dan lebih jarang untuk terkena penyakit.

5. Diet Vegan

Vegan bukanlah cara untuk diet namun lebih dianggap sebagai gaya hidup. Orang yang menjalankan gaya hidup vegan tidak memakan makanan dari bahan hewani dan juga tidak meminum susu, madu atau telur. Pola makan ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan lingkungan bukan karena alasan menurunkan berat badan atau alasan kesehatan. Bagi para vegan, pola hidup seperti ini akan memberikan dampak yang lebih baik bagi kelangsungan hidup terutama untuk hewan. 

6. Diet Weight Watchers

Diet jenis ini fokus kepada penurunan berat badan melalui diet, olahraga, dan lingkungan yang mendukung. Pada awalnya, diet ini diketahui berawal dari seorang ibu rumah tangga yang berhasil menurunkan berat badan dan menaruh perhatian khusus supaya berat badannya nggak naik lagi. Dia membentuk Weight Watchers Inc pada tahun 1960 bersama teman-temannya. Setelah itu, Weight Watchers kemudian menjadi perusahaan besar dengan banyak memiliki cabang di seluruh dunia. Para pelaku diet dapat bergabung langsung atau menghadiri pertemuan yang dilakukan secara rutin, dan juga pertemuan secara online. Di setiap pertemuan, baik offline ataupun online, ada banyak pengetahuan seputar diet diberikan disana. 

7. Diet South Beach

Tujuan utama diet ini adalah untuk mengatur kadar insulin di dalam tubuh. Pada awalnya, diet ini ditujukan kepada orang untuk mengurangi resiko penyakit jantung. Diet ini dikenalkan oleh dokter ahli jantung, dr. Agatston dan seorang ahli gizi Marie Almon. Diet ini menganjurkan kita untuk menghindari karbohidrat tertentu berdasarkan indeks glikemik.

8. Diet Makanan Mentah

Sesuai namanya, diet ini dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan yang tidak dimasak atau mentah, Bro. Biasanya dilakukan dengan langsung mengkonsumsi tanaman yang ditanam secara organik. Ahli makanan mentah meyakini bahwa makanan yang dikonsumsi seseorang tiga seperempatnya harus terdiri dari makanan mentah.

9. Diet Mediterania

Diet ini dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan nabati dan mengkonsumsi buah sebagai makanan penutup. Lemak diperoleh dari mengkonsumsi biji-bijian, kacang-kacangan, dan minyak zaitun. Makanan utama yang bisa dikonsumsi dalam melakukan diet ini adalah keju dan yoghurt.

Tujuan utama diet adalah  untuk menjaga kesehatan, Bro. Kalo penampilan Lo jadi makin baik, maka itu adalah bonus yang Lo dapet dari diet yang Lo lakukan. Sebelum Lo melakukan diet, sangat disarankan buat Lo untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu supaya Lo nggak salah dalam melakukannya. Semoga bermanfaat Bro dan jangan lupa di share ya. Thanks.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini