gentlemancode.id
Jangan minum sambil berdiri, ini 8 dampak buruknya!

JANGAN MINUM SAMBIL BERDIRI, INI 8 DAMPAK BURUKNYA!

Published on Friday, 02 February 2018

Minum cukup air putih setiap hari memang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh kita, bro. Tapi, kita harus memperhatikan cara kita meminumnya bukan hanya memperhatikan jumlahnya saja. Posisi tubuh saat minum ternyata bisa memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap kesehatan lho.

Posisi yang baik untuk minum adalah posisi duduk bro bukannya berdiri. Kenapa? Karena ternyata minum air putih dalam posisi berdiri bisa memberikan sejumlah dampak negatif, seperti:

1. Menyebabkan nyeri sendi

Dari beberapa sumber yang kami peroleh, minum dalam poisi berdiri bisa menyebabkan nyeri sendi. Kok bisa? Jadi, minum air sambil berdiri ternyata bisa mengganggu keseimbangan cairan dalam tubuh. Akibatnya akan terjadi penumpukan cairan di sendi-sendi tubuh sehingga akhirnya mengakibatkan nyeri sendi.

2. Mengganggu sistem pencernaan

Ketika kita minum dalam posisi berdiri, maka air yang kita minum akan mengalir melewati usus dan menciprat ke dinding perut. Cipratan ini bisa mengakibatkan kerusakan sistem pencernaan dalam jangka panjang karena merusak dinding perut dan saluran pencernaan.

3. Rasa haus tidak cepat hilang

Siapa sangka, ternyata minum ketika dalam posisi berdiri ternyata akan menyebabkan rasa haus yang kita rasakan tidak hilang-hilang. Untuk itu, duduklah ketika Lo akan minum agar air meresap kedalam tubuh secara sempurna.

4. Ginjal tidak bisa menyaring air dengan baik

Ginjal tidak bisa bekerja secara optimal ketika kita minum sambil berdiri. Malahan nih bro, kotoran bisa menumpuk di dalam ginjal dan kandung kemih yang pada akhirnya nanti akan menyebabkan gangguan saluran kemih. Yang lebih bahaya adalah, dalam jangka panjang hal tersebut mampu menyebabkan kerusakan ginjal secara permanen. Nggak mau kan?

5. Tidak bisa mengencerkan kadar asam di dalam tubuh

Sebaiknya air diminum sedikit demi sedikit dan secara perlahan dalam posisi duduk. Dengan begitu, air bisa membantu mengencerkan kadar asam dalam tubuh yang disesuaikan dengan proporsi air yang dibutuhkan tubuh. Kalo misalnya Lo minum sambil berdiri, maka proses pengenceran kadar asam bisa terganggu.

6. Keseimbangan tubuh terganggu

Minum sambil berdiri akan menyebabkan jaringan organ pada saraf pusat tertekan dan dipaksa untuk terus bekerja menstabilkan kondisi tubuh. Akibatnya, saraf-saraf tubuh mengalami stres dan memicu munculnya disfungsi saraf. Ketidak normalan fungsi saraf ini kemudian akan berpengaruh kepada keseimbangan, koordinasi otot dan gerakan tubuh kita.

7. Perut kembung

Kebiasaan minum sambil berdiri akan menyebabkan air langsung masuk kedalam tubuh dan melewati dinding usus dengan cepat. Kondisi ini akan membuat seseorang akan mudah megalami perut kembung. Selain itu, rasa tidak nyaman pada perut dan rasa ingin muntah kerap terjadi ketika kita minum sambil berdiri.

8. Mengakibatkan Luka pada lambung

Ketika kita minum dalam posisi berdiri, air yang masuk kedalam lambung secara tiba-tiba akan mengalir secara tidak merata dan akan menyebabkan makanan di dalam lambung sulit untuk dicerna. Hal ini bisa menyebabkan luka pada dinding lambung dan membuat seseorang mengalami peradangan lambung yang pada akhirnya nanti akan meningkatkan kadar asam di dalam lambung.

Bahaya yang ditimbulkan akibat kita minum sambil berdiri ternyata tidak bisa dianggap remeh, bro. Untuk itu, sangat penting untuk kita memperhatikan posisi tubuh kita ketika akan minum. Usahakan untuk selalu duduk ketika Lo akan minum agar bahaya-bahaya tadi nggak terjadi sama Lo. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya. Thanks.

Baca juga : Bahaya Makan Sambil Berdiri

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini