gentlemancode.id
Kebiasaan Kecil Ini Ternyata Bisa Mengganggu Kesehatan - Bagian 1

KEBIASAAN KECIL INI TERNYATA BISA MENGGANGGU KESEHATAN - BAGIAN 1

Published on Monday, 13 August 2018

Kesehatan merupakan salah satu hal penting dalam hidup kita, bro. Percuma Lo punya kecukupan dalam hal materi, tapi kesehatan Lo malah sebaliknya. Kebiasaan Lo sehari-hari itu tanpa Lo sadari sebetulnya sangat berdampak bagi kesehatan Lo. Nah, kali ini Gentlemancode akan mengulas tentang kebiasaan-kebiasaan apa saja yang tanpa Lo sadari dapat mengganggu kesehatan Lo. Apa aja? Langsung aja, ini dia penjelasannya!

1. Menunda waktu Makan

Tanpa Lo sadari, kegiatan atau pekerjaan dapat membuat Lo melupakan waktu makan, bro. Ketika Lo sudah merasa lapar, segerakan untuk makan dan tundalah kegiatan atau pekerjaan Lo sejenak. Ternyata, menunda makan justru bisa meningkatkan nafsu makan Lo di waktu setelahnya, bro. Nah, ini yang menyebabkan porsi makan Lo akan menjadi lebih banyak, yang justru tidak baik bagi lambung Lo.

Menunda waktu makan juga bisa melambatkan metabolisme tubuh bro sehingga bisa menyebabkan Lo merasa lemas. Nggak hanya itu, menunda waktu makan bisa menyebabkan asam lambung Lo naik, dan efek buruk lainnya adalah, kebiasaan menunda makan ini ternyata bisa meningkatkan risiko untuk timbulnya penyakit diabetes, bro. Oleh karena itu, jangan tunda waktu makan ya, agar Lo punya cadangan energi dan bisa fokus melakukan kegiatan atau pekerjaan Lo, bro.

2. Melewatkan waktu Sarapan

Hal ini sering banget terjadi ketika Lo buru-buru ke kantor, Lo ada meeting pagi-pagi sama client, atau Lo ada kegiatan yang musti banget dilakukan pagi. Sesibuk apapun Lo, sempatkan sarapan ya, bro! Seperti yang kita lansir dari A Centers for Disease Control menyebutkan bahwa mereka yang nggak menyempatkan sarapan,  memiliki kemampuan daya ingat dan konsentrasi yang lebih rendah daripada mereka yang rutin sarapan, bro.

Seperti yang kita lansir juga dari situs resmi National Institutes of Health, melewatkan waktu sarapan dapat menyebabkan Lo berisiko menderita gula darah yang rendah atau hypoglycemia. Hal ini ditandai dengan kepala pusing, sakit kepala, loyo dan detak jantung meningkat. Nah, udah tauhu kan sekarang dampak negatifnya apa? Masih mau nge-skip sarapan?

3. Makan di saat nggak lapar

Masih soal makanan nih, bro. Ketika Lo bekerja,  berkegiatan, atau sedang stres, kadang Lo bawaannya pengen ngemil terus, padahal Lo sama sekali nggak lagi lapar. Kebiasaan ini ternyata bisa  menyebabkan tubuh Lo mejadi kelebihan kalori, bro. Sehingga memungkinkan untuk berat badan Lo menjadi naik di atas normal dan menyebabkan perut buncit bahkan obesitas. Nah, dari obesitas inilah yang akan meningkatkan banyak risiko, nggak cuma diabetes, tapi penyakit lainnya, bro. Sesekali ngemil sah-sah aja bro asal jangan keseringan, dan jangan lupa untuk berolahraga secara teratur ya!

4. Menahan Emosi

Kebiasaan lain yang sebaiknya Lo hindari adalah, menahan emosi, bro. Ketika Lo sedang emosi, akan lebih baik untuk dilampiaskan bro, dengan catatan Lo melakukannya dengan cara yang benar. Ketika Lo pendam perasaan emosi yang Lo alamai, maka hal ini bisa menyebabkan stres terpendam dan bisa memuncak, yang justru bisa membahayakan kesehatan Lo. Bukan berarti Lo harus melampiaskannya dengan marah-marah ya tapi Lo bisa melampiaskannya dengan melakukan kegiatan lain yang bisa menyalurkan emosi Lo bisa itu olahraga atau kegiatan bermanfaat lainnya. Emosi bisa diselesaikan tanpa harus marah kok, gimana pun caranya yang terpenting emosi Lo tersalurkan dengan cara yang baik ya!

Oh iya bro, seperti yang kita lansir juga dari WebMD, disebutkan bahwa bahwa orang yang menahan emosi mereka dan mengalami ledakan emosi atau kemarahan yang tiba-tiba akan lebih rentan terkena penyakit jantung. Ngeri kan, bro? Makanya, kontrol dan jaga emosi Lo agar tetap tersalurkan dengan baik ya!

5. Terlalu Lama Main Game atau Sosial Media

Sosial media dan games yang ada pada gadget Lo, ternyata bagi sebagian orang bisa menyebabkan kecanduan yang mengakibatkan mereka malas bergerak, bro. Menghabiskan terlalu banyak waktu bersosial media atau main games menggunakan gadget sambil duduk atau sambil tiduran ternyata bisa memperburuk kesehatan fisik Lo. Kenapa? Karena posisi statis dalam jangka waktu yang lama, bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit diabetes tipe 2, obesitas, dan penyakit kardiovaskular.

Oh iya, terlalu sering bermain sosial media juga bisa menyebabkan kesehatan psikologis Lo kurang baik dan bisa menimbulkan rasa iri dan membuat mood Lo jelek ketika Lo menemukan postingan yang nggak Lo suka. Nah, hal ini bisa meningkatkan risiko terjadinya depresi, bro. Intinya, boleh-boleh aja sih Lo main sosial media atau main games untuk sekadar melepas penat atau stres, tapi jangan jadi kebiasaan dan keseringan ya, bro.

6. Suka Menyalahkan Diri Sendiri

Apakah Lo adalah tipikal orang yang suka menyalahkan diri sendiri, bro? Kebiasaan ini memang nggak langsung berdampak pada kesehatan Lo. Tapi, ketika Lo menempatkan diri Lo pada posisi yang salah atau menganggap diri sendiri bodoh, hal ini bisa merusak kesehatan mental Lo. Seperti yang kita lansir dari Personality and Individual Differences, menyebutkan bahwa mengkritik atau menyalahkan diri sendiri dengan keras, dapat meningkatkan terjadinya gejala depresi

7. Memakai Hand Sanitizer

Hand sanitizer bagi sebagian orang adalah benda wajib yang tidak bisa ditinggalkan yang berguna untuk membersihkan tangan dari kuman. Tapi bro, ternyata hand sanitizer pada umumnya mengandung triclosan yang justru bisa meningkatkan daya tahan bakteri atau virus terhadap antibiotic. Sebaiknya, pilihlah hand sanitizer yang mengandung setidaknya 55% alkohol yang bisa membunuh 98% bakteri. Kalo sesekali, nggak masalah pakai hand sanitizer, asal jangan menjadi kebiasaan ya. Agar tangan Lo bersih dari kuman, cuci tangan dengan air menggunakan sabun atau antiseptik, karena ini merupakan cara yang lebih efektif untuk membasmi kuman di tangan.

Nah, itu dia bro tujuh hal yang sebaiknya Lo hindari agar kesehatan Lo tetap terjaga. Kesehatan adalah asset berharga dalam hidup. Selagi Lo bisa menjaganya, kenapa enggak Lo jaga dengan baik selama Lo bisa. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Untuk hidup Lo yang lebih baik, ayo sama-sama hindari kebiasaan di atas, bro!

Anyway, masih banyak sebetulnya kebiasaan yang tanpa Lo sadari ternyata bisa mengganggu kesehatan Lo. Tapi, biar nggak kepanjangan, akan kita sajikan di artikel yang berbeda ya! So, pantau terus artikel kita, bro! Selamat beraktifitas and have a nice day

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini