gentlemancode.id
Manfaat Pull Up

MANFAAT PULL UP

Published on Thursday, 06 December 2018

Banyak jenis latihan yang bisa kita lakukan untuk membentuk tubuh kita untuk terlihat lebih atletis. Salah satu latihan yang sangat efektif untuk membentuk tubuh kita selain push up atau squat, diantaranya adalah pull up, bro.

Nah, Lo tahu nggak apa saja manfaat latihan pull up untuk badan Lo? 

Perlu Lo ketahui bro bahwa pull up adalah salah satu jenis latihan yang sangat efektif untuk melatih otot tubuh bagian atas. Otot-otot tubuh bagian atas yang akan merasakan dampak yang optimal dari pull up diantaranya adalah:

Latissimus Dorsi

Apa itu latissimus dorsi? Di lansir dari Wikipedia, otot latissimus dorsi adalah otot yang besar, datar, pada bagian punggung, dan terletak di belakang lengan.

Nah, pull up memiliki peranan yang sangat besar untuk peningkatan otot punggung Lo, khususnya Latissimus Dorsi.

Otot latissimus Dorsi ini adalah otot yang membentuk punggung Lo dan pull up akan membantu Lo mendapatkan tampilan tubuh berbentuk V yang kuat dan ideal.

Rhomboids

Otot kedua yang mendapatkan manfaat dari pull up adalah otot Rhomboid, bro. Lalu, apa yang dimaksud dengan otot Rhomboid? Jadi, menurut yang Gw baca dari Wikipedia, otot Rhomboid adalah salah satu otot yang menyusun  bangian lengan atas. Nah, pull up akan mebantu Lo meningkatkan otot ini sehingga punggung Lo akan menjadi lebih kuat. Lo perlu tahu bro bahwa otot punggung itu sangat penting dalam menjaga kekuatan yang seimbang di seluruh tubuh bagian atas Lo.

Lengan

Pull up adalah sebuah latihan gabungan bro dimana otot dan sendi bekerja bersamaan. Otot lengan bawah, biceps, dan triseps akan bekerja bersama-sama ketika Lo melakukan latihan ini sehingga otot-otot pada bagian tersebut akan lebih kuat.

Cardiovascular

Pull up akan meningkatkan detak jantung Lo bro karena Lo aktif bergerak. Nah, ini tentu baik buat kesehatan Lo karena kalo Lo kurang gerak maka detak jantung Lo juga jadi rendah dan tentu ini akan memberikan efek yang kurang baik untuk kesehatan Lo.

Bagaimana cara melakukan Pull Up

Melakukan pull up emang nggak gampang bro, terlebih lagi kalo Lo melakukannya salah, maka Lo pasti akan mengalami cidera. Untuk itu, ikuti langkah-langkah dalam melakukan pull up dengan benar agar Lo terhindar dari cidera.

  • Lompat dan raih gagang dengan tangan Lo sampe Lo menggantung
  • Tarik badan Lo dengan menggunakan lengan sampe dada Lo hampir menyentuh gagang pegangan Lo. Setelah itu, angkat badan Lo lebih tinggi lagi sampe pipi Lo lebih tinggi dari gagang pagangan. Pastikan dada Lo yang mengatur irama gerakan pull up yang Lo lakukan dan jaga bahu Lo agar tetap berada di belakang dan dalam posisi rendah untuk mecegah cedera.
  • Jangan ayunkan kaki Lo ke depan atau belakang. Jangan juga Lo mengayunkan kaki ke kiri atau kanan karena itu bisa berpotensi menyebabkan cedera.
  • Sekarang, perlahan turunkan badan Lo ke posisi awal dan ulangi gerakan tadi sampe Lo nggak bisa melakukannya lagi.

Keuntungan melakukan pull up

Nah, dibawah ini adalah beberapa keuntungan melakukan latihan pull up diantaranya adalah:

1. Pull up mudah untuk dilakukan

Ya bro, karena ini adalah olahraga yang mengandalkan berat badan Lo sebagai beban, olahraga ini bisa dibilang mudah untuk dilakukan. Lo hanya perlu pegangan yang bisa menahan berat badan Lo dan 2 lengan Lo saja. Sekarang udah banyak banget bro orang yang menjual alat pull up yang bisa dengan mudah Lo pasang di rumah. Jadi, Lo nggak perlu bingung atau ribet.

2. Pull up bisa melatih banyak otot secara bersamaan

Pull up adalah sebuah latihan yang menurut Gw lengkap bro karena latihan ini akan melatih banyak bagian otot seperti bisep, triseps, lengan bawah, pergelangan tangan, kekuatan genggaman, lat, dan juga bahu.

Nah, ketika Lo melakukan pull up, dimana Lo mengangkat badan Lo sendiri, maka itu membuat latihan ini menjadi sebuah latiihan yang sangat efektif buat Lo dalam mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Sepertinya, belum ada sih jenis latihan yang bisa sekaligus melatih banyak otot dalam satu waktu seperti pull up.

3. Meningkatkan kekuatan genggaman

Dalam aktivitas kita sehari-hari, kita tentu banyak melibatkan genggaman tangan dalam akitivitas kita, bener nggak? Nah, itulah alasannya kenapa pull up sangat bermanfaat untuk kekuatan genggaman tangan kita, bro. 

Bayangin aja nih bro, tangan dan jari Lo harus menahan berat badan Lo ketika Lo melakukan pull up. Hal ini membuat pull up menjadi latihan yang sangat sempurna untuk melatih kekuatan genggaman tangan Lo.

4. Memiliki banyak variasi gerakan

Melakukan latihan dengan gerakan yang sama dari hari ke hari tentu bakalan bikin bosen, bener nggak? Nah, pull up memiliki banyak variasi gerakan yang bisa Lo coba bro sehingga Lo nggak bakalan bosen ketika melakukannya. 

Beberapa variasi gerakan pull up yang bisa Lo coba diantaranya adalah:

  • Wide gripped overhand pull ups
  • Reverse grip pull ups
  • Close grip pull ups

Variasi gerakan pull up tadi bisa Lo lakukan di alat yang sama sehingga Lo nggak perlu membeli peralatan yang baru. Setiap variasi gerakan tadi memiliki fungsi untuk melatih otot yang berbeda-beda, bro. Misal reverse grip pull ups yang berfokus kepada otot bisep Lo.

5. Menurunkan Berat Badan

Manfaat berikutnya yang bisa Lo dapet dari pull up adalah Lo bisa menurunkan berat badan, bro. Emang sih kalori yang dibakar nggak bakalan sebanyak ketika Lo melakukan kardio atau lari dan bersepeda, tetapi satu hal yang pasti bahwa dengan melakukan pull up, Lo pasti bisa membakar kalori.

Kalo Lo ingin lebih banyak membakar kalori dengan melakukan pull up, maka Lo harus melakukan pull up dengan cara lebih cepat dan lebih banyak.

6. Membuat Punggung Menjadi Lebih Kuat

Otot punggung adalah salah satu otot yang mendapatkan manfaat yang sangat besar dari latihan pull up. Punggung yang kuat akan membuat penampilan Lo menjadi lebih baik karena Lo berarti memiliki postur tubuh yang baik, bro. 

Melakukan pull up juga meningkatkan sesuatu yang disebut kekuatan fungsional, yang didapat dari melakukan latihan gabungan dan membiasakan agar semua otot bekerja sama untuk melakukan aktivitas fisik tertentu.

Nah bro, itu dia beberapa manfaat dari latihan pull up apabila Lo melakukannya secara rutin. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini sama temen-temen Lo ya. Sukses buat Lo semua, thanks and have a nice day!

Sumber:
[1] https://www.darkironfitness.com/benefits-of-doing-pull-ups/

[2] https://www.fitandme.com/benefits-of-pull-ups/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini