gentlemancode.id
Pentingnya istirahat untuk pembentukan otot

PENTINGNYA ISTIRAHAT UNTUK PEMBENTUKAN OTOT

Published on Thursday, 01 November 2018

Olahraga mati-matian tanpa istirahat demi mendapatkan otot yang besar adalah hal yang salah, bro. Beberapa penelitian membuktikan bahwa  kita harus mengimbangi olahraga dengan istirahat untuk memiliki otot yang lebih kuat. Nah, kalo misalnya sekarang Lo udah latihan mati-matian tapi nggak kelihatan hasilnya, mungkin Lo kurang meluangkan waktu untuk istirahat.

Kenapa istirahat penting?

Manusia itu butuh tidur untuk beristirahat agar tubuh dan pikiran menjadi lebih fresh keesokan harinya. Nah, hal yang sama berlaku untuk otot Lo, bro. Agar otot cepat terbentuk dan lebih kuat, pastikan bahwa tubuh Lo mendapatkan istirahat yang cukup dan berkualitas.

Kalo misalnya setiap hari Lo berolahraga tanpa istirahat, maka Lo akan memiliki risiko untuk mengalami overtraining. Gejalanya antara lain adalah kinerja menjadi menurun ketika latihan, kehilangan koordinasi, sakit kepala, gangguan pencernaan, pola tidur berantakan, daya tahan tubuh melemah, dan tekanan darah naik.

Selain itu, kemungkinan mengalami cedera saat latihan juga akan meningkat kalo Lo sudah menunjukan beberapa gejala overtraining

Tidak hanya itu aja bro, latihan fisik berlebihan juga bisa memicu kerusakan serat-serat otot karena dipaksa bekerja keras setiap hari. Biasanya, kerusakan ini ditandai dengan nyeri otot atau pegal.

Beda halnya kalo misalnya Lo istirahat bro, otot-otot Lo jadi punya kesempatan untuk memperbaiki setiap jaringan dan serat yang mengelami kerusakan. Jadi, otot Lo akan lebih cepat terbentuk dan tentunya jadi lebih kuat dibanding Lo latihan tiap hari tanpa istirahat.

Berapa lama waktu yang ideal untuk istirahat?

Sebuah penelitian dalam Journal of strength and Conditioning Research tahun 2011 memaparkan bahwa waktu ideal untuk mengistirahatkan otot setelah bekerja keras adalah 48 jam atau dua hari.

Penelitian sebelumnya dalam jurnal Medicine and Science in Sports and Exercise juga menunjukan hasil yang sama. Istirahat selama satu sampe dua haru sudah cukup untuk memulihkan kekuatan otot.

Tapi bro, waktu istirahat ini bergantung pada seberapa keras Lo berolahraga setiap hari. Jadi, semakin sering dan intens berolahraga, otot Lo akan semakin mudah menyesuaikan terhadap tekanan sehingga waktu istirahat yang dibutuhkan mungkin nggak akan sebanyak para pemula.

Kapan harus menjadwalkan waktu istirahat dan tidak latihan?

Untuk seorang pemula yang ingin membentuk otot lebih kuat, maka sebaiknya Lo istirahat di setiap hari ketiga, bro. Misalnya gini, hari senin dan selasa Lo latihan, maka Lo harus istirahat di hari Rabu. Lalu, lanjutkan dengan latihan di hari kamis dan jumat, kemudian istirahat lagi pada hari Sabtu dan Minggu.

Buat Lo yang udah sering olahraga berat, istirahat lah minimal sekali dalam seminggu. Namun setiap delapan minggu sekali, cobalah untuk beristirahat selama seminggu penuh. Selama istirahat, sebaiknya Lo menghindari aktivitas fisik yang berat agar istirahat Lo bisa optimal, bro.

Jangan lupa juga untuk menyeimbangkan latihan untuk otot yang berbeda-beda. Hindari melatih bagian otot yang sama terus menerus agar setiap otot bisa beristirahat dan tumbuh lebih kuat.

Jadi gitu bro kenapa istirahat itu penting dalam proses pembentukan otot. Sekarang Lo udah tahu kan kalo olahraga keras terus menerus tanpa jeda itu nggak baik? Oke deh, Gw rasa itu aja yang bisa Gw bagi sama Lo kali ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini sama temen-temen Lo ya. Thanks and have a nice day!

Sumber:
[1] https://hellosehat.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini