gentlemancode.id
Penyebab dan Cara Menghindari Kaki Melepuh Saat Memakai Sepatu

PENYEBAB DAN CARA MENGHINDARI KAKI MELEPUH SAAT MEMAKAI SEPATU

Published on Friday, 26 October 2018

Ketika kita memakai sepatu, pasti ada aja drama yang terjadi mulai dari nyeri pada jari, pegal, lecet, sampe yang paling parah adalah kaki melepuh. Penyebab kaki melepuh sebetulnya macem-macem bro, tapi umumnya kaki melepuh terjadi karena gesekan atau tekanan akibat menggunakan ukuran sepatu yang tidak cocok. 

Nah, dibawah ini Gw akan menjelaskan mengenai penyebab dan cara menghindari kaki melepuh ketika memakai sepatu. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan Gw dibawah ya!

1. Pilih Ukuran Sepatu Yang Sesuai

Perkara memilih ukuran sepatu itu sebetulnya gampang-gampang susah, bro. Masalahnya adalah, setiap produsen sepatu membuat ukuran sepatu berdasarkan ukuran dan bentuk kaki secara umum. 

Nah, ketika Lo memilih sepatu, agar Lo nyaman ketika memakainya adalah pastikan sepatu yang Lo pilih itu nggak sempit dan nggak terlalu longgar. Pastikan pas dan nyaman ketika Lo pakai untuk berjalan.

Terus, sepatu yang seperti apa sih yang pas untuk kaki itu?

Sepatu yang pas untuk kaki itu adalah sepatu yang memiliki jarak sekitar 1,25CM antara jari kaki terpanjang dengan ujung sepatu. Hal ini perlu Lo perhatikan bro karena dalam satu hari itu kaki bisa membengkak 8% dari ukuran aslinya. Kebayang kan kalo Lo beli sepatu yang bener-bener pas sama kaki Lo? Bisa-bisa kaki Lo melepuh ketika kaki Lo sedang membangkak.

2. Pilih Kaus Kaki yang Tepat

Nggak hanya sepatu, pemilihan kaus kaki juga nggak kalah penting bro untuk menghindari kaki melepuh. 

Sebaiknya, pilih kaus kaki dengan bahan katun agar Lo nyaman ketika memakainya. Kenapa katun? Alasannya adalah karena katun itu bisa menyerap kelembapan, menghindari bau, dan menghindari gesekan antara sepatu dan kaki yang dapat menyebabkan kaki melepuh. 

3. Jangan Lupa Untuk Mengganti Sepatu

Sebaiknya, Lo harus punya minimal 2 sepatu bro agar Lo bisa gonta-ganti ketika Lo harus menggunakan sepatu. Keringat yang menumpuk pada sepatu mampu memicu timbulnya jamur dan bau tidak sedap. Lo nggak bakalan nyaman kan bro kalo kaki Lo gatal dan bau?

4. Gunakan Pelumas

Area yang paling sering mengalami lepuh biasanya adalah area punggung dan tumit. Untuk itu, biasakan memakai pelumas di area tersebut untuk mencegah terjadinya pelepuhan. Pelumas itu macem-macem bro, Lo bisa menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun, hingga salep anti gesek.

Nah bro, itu dia 4 cara yang bisa Lo lakukan untuk mencegah terjadinya kaki melepuh saat memakai sepatu. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini sama temen-temen Lo. Thanks and have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini