gentlemancode.id
#LoPastiBisa - Pola Makan Berantakan? Coba 6 cara ini untuk memperbaikinya!

#LOPASTIBISA - POLA MAKAN BERANTAKAN? COBA 6 CARA INI UNTUK MEMPERBAIKINYA!

Published on Tuesday, 22 May 2018

Kehidupan yang sehat tidak akan pernah bisa Lo dapatkan ketika pola makan Lo berantakan karena pola makan teratur adalah salah satu cara untuk menjalankan pola hidup sehat. Mengapa demikian? Dengan memperbaiki pola makan, maka kita bisa mengontrol berat badan dan kita bisa mengurangi risiko untuk terkena penyakit. Selain itu, pola makan yang sehat adalah cara yang paling tepat untuk mendapatkan bentuk badan yang ideal dan tentunya sehat. Namun sayang, tidak semua orang bisa dan mengerti mengenai bagaimana cara mengatur pola makan yang tepat.

Dibawah ini adalah langkah-langkah yang bisa Lo lakukan untuk memperbaiki pola makan Lo yang berantakan, diantaranya adalah:

1. Merencanakan Menu Makanan jauh sebelum waktu makan

Kenapa ini penting? Jadi gini bro, ketika Lo merencanakan menu makanan jauh sebelum waktu Lo makan, maka Lo akan memiliki waktu untuk memilih makanan apa saja yang sehat buat Lo. Beda ketika Lo menyiapkan menu makanan secara mendadak, maka Lo akan cenderung memakan makanan yang tidak sehat dan mengandung banyak kalori.

Jadi, sangat disarankan untuk membuat menu makanan Lo jauh sebelum waktu Lo makan atau akan lebih baik lagi kalo Lo membuatnya untuk seminggu kedepan.

2. Pilih makanan berprotein tinggi dan rendah lemak

Terdapat banyak sekali makanan yang mengandung protein seperti ayam, telur, dan ikan. Tapi bro, nggak semua makanan yang megandung protein itu baik untuk dikonsumsi karena bisa-bisa Lo akan lebih banyak mengkonsumsi lemak.

Pilihlah makanan dengan protein yang tinggi namun sedikit mengandung lemak seperti dada ayam, tahu kukus, dan sayur-sayuran.  Makanan yang terlalu banyak lemak akan mengakibatkan kegemukan apabila dikonsumsi secara terus menerus. Untuk itu, perhatikan jenis makanan yang Lo pilih ya. 

3. Kurangin makanan manis dan kurangi gorengan

Mungkin ini nggak akan mudah bro karena siapa sih yang nggak suka makan gorengan dan makanan manis? Hehe. Tapi, sebaiknya Lo mulai untuk belajar mengurangi asupan gula dan gorengan kalo Lo ingin tetap sehat. Konsumsi gula berlebih dan lemak dari gorengan akan meningkatkan risiko seseorang untuk terkena penyakit diabetes atau kolesterol di masa depan. Untuk itu, sebisa mungkin Lo harus menghindarinya atau minimal Lo mulai menguranginya.

4. Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur

Kalo selama ini Lo sering mengkonsumsi jenis camilan yang tidak sehat seperti gorengan atau makanan ringan lainnya, ada baiknya Lo mengganti camilan Lo itu dengan buah atau sayuran, bro. Membiasakan diri untuk lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayur adalah salah satu cara dalam menjalankan pola hidup sehat. Pilihlah buah atau sayuran yang Lo sukai dan masukan buah dan sayuran tersebut kedalam menu harian Lo.

5. Perbanyak minum air putih

Air memiliki peranan penting untuk tubuh manusia. Diantara fungsinya adalah air membantu tubuh untuk mencerna makanan yang kita konsumsi agar bisa tercerna dengan baik. Selain itu, air juga memiliki fungsi untuk mengangkut nutrisi menuju sel-sel di seluruh tubuh manusia. Untuk itu, biasakan untuk mencukupi kebutuhan cairan dengan memperbanyak minum air putih.

6. Sarapan sebelum jam 9

Sarapan secara teratur adalah cara yang tepat untuk mengatur pola makan. Pilihlah menu sarapan yang sehat yang bisa memenuhi kebutuhan energi Lo sepanjang hari. Makanan yang baik untuk sarapan adalah makanan yang memiliki protein tinggi dan karbohidrat dengan  kandungan serat yang tinggi serta mengandung lemak yang sehat.

Mengatur pola makan adalah langkah awal yang bisa kita lakukan untuk melakukan pola hidup sehat. Kesehatan itu sangat berharga bro, jadi jaga kesehatan Lo dengan menjaga pola makan Lo. Meskipun awalnya mungkin sulit, #LoPastiBisa!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini