gentlemancode.id
Rutin olahraga vs cukup istirahat, mana yang harus didahulukan?

RUTIN OLAHRAGA VS CUKUP ISTIRAHAT, MANA YANG HARUS DIDAHULUKAN?

Published on Tuesday, 06 November 2018

Kita sama-sama tahu bahwa rutin melakukan olahraga dan cukup istirahat adalah dua hal yang sangat penting untuk kita lakukan untuk mendaptkan tubuh yang bugar. Tapi, ketika misalnya kita ngerasa capek dan kita lagi kurang tidur, apakah kita masih perlu untuk bangun lebih awal untuk melakukan olahraga?

Nah, sulit memang menentukan pilihan diantara meneruskan tidur untuk memenuhi waktu istirahat yang kurang atau memaksakan diri untuk bangun dan berolahraga. Namun Gw akan mencoba menjawabnya melalu artikel ini yang Gw dapet dari hellosehat.com, simak baik-baik penjelasannya ya!

Tidur dan olahraga sama pentingnya

Menurut Edward Laskowski, MD, seorang residen dan professor pengobatan fisik di Mayo Clinic, olahraga dan tidur itu ibarat makanan dan air. Jadi, kedua hal ini tidak hanya diperlukan oleh tubuh, namun keduanya sangat sulit untuk dipisahkan satu sama lain. 

Seorang peneliti obat tidur dari Stanford University of California, San Fransisco, Cheri Mah menambahkan, jika berdasarkan dari banyak hasil penelitian, diketahui bahwa rutin olahraga sangat penting untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, dan tidur yang berkualitas sangat penting untuk kinerja fisik.

Cheri Mah juga mengatakan, bahwa pada intinya tidur adalah kebutuhan paling mendasar yang menjadi sebuah fondasi dimana pikiran dan tubuh yang sehat terbentuk. Kalo fondasi tersebut goyah, tentu akan berdampak pada kesehatan Lo. Mulai dari kekebalan tubuh, energi, selera makan, suasana hati dan lain sebagainya.

Lalu, bagaimana caranya untuk bisa mendapatkan tidur yang cukup dan tetap rutin olahraga?

Dari berbagai penelitian yang sudah Gw sebutkan di atas, diketahui hubungan antara tidur dan olahraga pada dasarnya tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Itu sebabnya Lo tetap harus berusaha keras menyeimbangkan keduanya. Bagaimana caranya? Berikut ini beberapa cara yang bisa Lo lakukan untuk menyeimbangkan antara rutin olahraga dan cukup tidur.

Pertama, cobalah untuk mengorbankan jam tidur normal Lo untuk berolahraga pada pagi hari, minimal dua sampai tiga hari selama seminggu. Tenang bro, di hari-hari selanjutnya Lo bisa tidur lebih lama, kok!

Kalo Lo tidur hanya kurang dari enam jam hampir setiap malam, mungkin ini saatnya buat Lo untuk memikirkan kembali jadwal rutinitas yang Lo lakukan setiap harinya. Lo bisa melihat di mana Lo akan lebih efisien dalam soal waktu. Misalnya, tidur 15 menit lebih awal atau mengurangi 10 menit rutinitas pagi untuk mendapatkan waktu tidur sedikit lebih lama.

Kalo Lo bukan tipe orang yang bisa bangun pagi, pertimbangkan untuk mencuri-curi waktu istirahat makan siang atau setelah pulang kerja untuk berolahraga. Lo bisa berolahraga setidaknya 40 menit dengan intensitas sedang tiga kali perminggu.

Kalo Lo sakit, Lo harus mendahulukan tidur dan menunda olahraga sampai kondisi Lo benar-benar stabil. Pasalnya, latihan yang terlalu dipaksa atau berlebihan, selain semakin menurunkan daya tahan tubuh Lo ketika sakit, juga dapat menyebabkan penurunan kualitas dan durasi tidur Lo.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini