gentlemancode.id
Sebaik Apa Ketahanan dan Kekuatan Otot Lo, Bro? Cek di Sini!

SEBAIK APA KETAHANAN DAN KEKUATAN OTOT LO, BRO? CEK DI SINI!

Published on Friday, 08 February 2019

Salah satu ciri yang menunjukan bahwa tubuh Lo kurang bugar salah satunya adalah Lo mudah lelah ketika Lo baru berjalan atau naik tangga sedikit saja. Ngomong-ngomong soal kebugaran nih, pada dasarnya kebugaran tubuh itu terbagi kedalam beberapa komponen yaitu kebugaran kardiorespirasi, komposisi tubuh, kelenturan, serta ketahanan dan kekuatan otot.

Gw akan meng-highlight bagian ketahanan dan kekuatan otot nih bro karena Lo memang perlu tahu bagaimana ketahanan dan kekuatan otot Lo. Buat Lo yang lagi mulai nge-gym atau udah niat pengen ngebentuk badan, Lo perlu tahu mengenai seberapa kuat otot Lo sehingga bisa memberikan gambaran sejauh mana Lo harus berlatih agar tubuh Lo menjadi bugar dan bertenaga.

Apa itu ketahanan dan kekuatan otot dan apa sih manfaatnya?

Kekuatan otot adalah ukuran yang digunakan untuk menghitung seberapa besar daya yang mampu dihasilkan otot ketika beraktivitas. Sedangkan ketahanan otot digunakan untuk mengetahui seberapa lama otot bisa menahan kontraksi atau ketika otot menegang pada saat menahan beban atau gerakan.

Nah, dari pengertian tadi, udah jelas kan bro kalo manusia itu dalam kesehariannya sangat bergantung kepada ketahanan dan kekuatan otot agar bisa menjalankan aktivitas dengan maksimal. By the way, di bawah ini adalah manfaat dari ketahan dan kekuatan otot, yaitu:

Bisa menjalankan aktivitas dengan lancar setiap hari

Seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa kekuatan dan ketahan otot sangat diperlukan ketika kita melakukan aktivitas kita sehari-hari. Dengan berfungsinya kekuatan dan ketahan otot, maka kita bisa melakukan semua kegiatan yang harus melibatkan kerja otot seperti mengangkat beban, berpegangan di kereta, membuka botol, dan lain sebagainya. Untuk itu bro, kekuatan otot harus Lo jaga sampe Lo tua supaya Lo bisa melakukan semua aktivitas secara mandiri nantinya.

Otot yang kuat juga bisa membantu Lo menjaga keseimbangan tubuh, sehingga mengurangi risiko terjatuh, seperti misalnya ketika Lo lagi jalan. Untuk yang sudah berumur, tentu ini sangat bermanfaat, mengingat banyak orang yang sudah berumur sering mengalami masalah dalam keseimbangan badan mereka. Maka dari itu, olahraga teratur wajib Lo lakukan untuk menjaga kekuatan dan ketahanan otot sampe tua nanti.

Mencegah Penyakit Kronis

Olahraga merupakan salah satu cara yang bisa Lo lakukan untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot. Massa otot yang meningkat akan membuat massa lemak pada tubuh menurun. Hal ini nantinya bisa melindungi Lo dari berbagai penyakit kronis bro, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan pengapuran sendi.

Mengendalikan Berat Badan

Mempertahankan massa dan kekuatan otot juga bisa membantu Lo menjaga berat badan, bro. Massa otot yang banyak di dalam tubuh bisa membantu meningkatkan metabolisme dan membuat tubuh Lo membakar kalori lebih banyak. So, Lo jadi lebih gampang untuk mempertahankan dan menurunkan berat badan.

Gimana caranya mengukur ketahan dan kekuatan otot?

Dari yang Gw lansir dari MayoClinic, kekuatan dan ketahan otot bisa diukur melalu beberapa tes, misalnya:

Tes Sit-up

Tes sit-up dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kekuatan dan ketahanan otot perut Lo. Lakukanlah sit-up sebanyak yang bisa Lo lakukan dalam waktu satu menit. Lalu, bandingkan jumlah sit-up dengan data dibawah ini.

Kalo jumlah sit-up yang bisa Lo lakukan ada dibawah data tersebut, artinya Lo harus melakukan lebih banyak olahraga agar kebugaran tubuh Lo meningkat.

USIA WANITA - JUMLAH PRIA -JUMLAH
25 39 44
35 30 40
45 25 35
55 21 30
65 12 24

Tes Push-Up

Tes ini dilakukan untuk mengukur kekuatan dan ketahanan otot lengan Lo, bro. Lakukan push-up sebanyak yang Lo bisa sampe Lo capek dan berhenti. Lalu, bandingkan jumlah push-up yang bisa Lo lakukan dengan table di bawah ini.

Kalo misalnya Lo bisa melakukan lebih banyak dari jumlah yang ada di table ini maka itu artinya kebugaran tubuh Lo oke, bro. Tapi kalo dibawah, berarti Lo harus berusaha untuk meningkatkan kebugaran tubuh Lo.

USIA WANITA - JUMLAH PRIA -JUMLAH
25 20 28
35 19 21
45 14 16
55 10 12
65 10 11

Sumber:
[1] https://hellosehat.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini