gentlemancode.id
Skizofrenia itu seperti apa sih?

SKIZOFRENIA ITU SEPERTI APA SIH?

Published on Friday, 08 June 2018

Bro, Lo pernah dengar istilah skizofrenia nggak? Dikutip dari alodokter.com, skizofrenia merupakan gangguan mental yang bisa membuat orang yang menderita gangguan ini mengalami delusi, halusinasi, pikiran kacau, dan juga perubaha perilaku. Nah, hal ini menyebabkan orang tersebut tidak bisa membedakan mana yang nyata dan mana yang tidak.

Di Indonesia sendiri, penderita skizofrenia nggak bisa di bilang sedikit, bro. Menurut data yang diperoleh dari Kemenkes RI (2014) menyebutkan bahwa penderita skizofrenia di Indonesia mencapai 400.000 orang. 

Nah, kalo Lo suka nonton film, banyak juga bro film yang mengangkat kisah orang yang mangalami skizofrenia ini, seperti A Beautiful Mind, Shutter Island, atau The Soloist. Sebenarnya apa sih yang dialami oleh penderita skizofrenia? Yuk simak penjelasan berikut!

1. Mereka sering mengalami halusinasi

Halusinasi yang dialami oleh penderita skizofrenia biasanya berhubungan dengan pandangan dan pendengaran. Mereka sering melihat atau mendengar sesuatu yang sebetulnya nggak ada dan mereka nggak bisa membedakan kejadian itu nyata atau tidak.

2. Mendengar suara yang sebetulnya tidak ada

Suara-suara ini bisa macam-macam bro bentuknya, bisa berupa bisikan, omongan biasa, sampe teriakan. Nah, penderita skizofrenia biasanya sering mendengar suara-suara seperti ini yang sebetulnya tidak ada.

3. Mengalami delusi

Orang yang mengalami delusi memiliki kesadaran palsu dari pemaknaan kenyataan yang tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya. Meskipun sudah jelas terbukti bahwa apa yang diyakini mereka berbeda dengan kenyataan, mereka tetap berpegang teguh pada pemikirannya.

4. Merasa diawasi

Perasaan ini adalah bagian dari delusi yang dialami oleh penderita skizofrenia. Mereka merasa ada orang lain yang terus mengawasi dan mengikuti kemana pun mereka pergi. 

5. Tidak mau bersosialisasi

Karena halusinasi yang mereka alami, penderita skizofrenia cenderung malas untuk keluar rumah karena hal ini akan membuat mereka semakin tertekan.

6. Susah Konsentrasi

Dikarenakan banyak hal yang terjadi di dalam pikiran orang yang menderita skizofrenia, hal ini menyebabkan penderitanya susah untuk berkonsentrasi.

7. Susah Berbicara

Hilangnya konsentrasi menyebabkan penderita skizofrenia susah untuk merangkai kata sehingga mereka susah ketika berbicara untuk menyampaikan sesuatu.

8. Sering Gelisah

Segala hal yang terjadi pada penderita skizofrenia membuat mereka sering merasa gelisah dan tertekan. Nggak heran, mereka sering melakukan hal yang mungkin di luar kebiasaan, seperti berteriak dan marah-marah.

Dari penjelasan di atas, Lo bisa memahami apa yang dirasakan oleh para penderita skizofrenia. Dengan begitu, Lo bisa tahu cara terbaik untuk menanggapi mereka. Kalau misalnya ternyata Lo pernah mengalami gejala-gejala di atas, Lo perlu segera menghubungi psikiater bro untuk segera mendapatkan bantuan.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini