gentlemancode.id
Tips Aman Berolahraga ketika musim hujan

TIPS AMAN BEROLAHRAGA KETIKA MUSIM HUJAN

Published on Wednesday, 21 November 2018

Musim hujan udah tiba, bro. Buat Lo yang udah rutin olahraga atau mau mulai olahraga, jangan jadikan hujan untuk berhenti berolahraga ya karena sebetulnya Lo tetap bisa melakukan olahraga. Tapi Lo harus ingat bro, karena keadaan pas musim hujan itu berbeda dari musim kemarau, maka Lo harus hati-hati ketika misalnya Lo berolahraga di luar ruangan karena saat hujan Lo lebih riskan untuk mengalami cedera. Jalanan yang licin dan becek akan membuat Lo beresiko untuk jatuh karena terpeleset.

Nah bro, kali ini Gw ingin membagikan tips buat Lo yang ingin berolahraga ketika cuaca hujan. Apa aja? Simak selengkapnya dibawah ini ya!

1. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan

Jangan pernah Lo melupakan ritual yang satu ini, bro. Pemanasan adalah ritual wajib yang harus Lo lakukan sebelum melakukan olahraga baik itu ketika cuaca panas atau cuaca dingin. Melakukan olahraga tanpa pemanasan, terlebih di dalam cuaca dingin, akan meningkatkan risiko Lo untuk terkena cedera.

Lakukan pemanasan dengan baik setiap kalo Lo akan berolahraga. Para ahli menyarankan Lo untuk melakukan pemenasan minimal 15 menit di dalam ruangan terlebih dahulu agar suhu tubuh Lo bisa meningkat dengan cepat. Setelah itu, lakukan gerakan peregangan untuk mencegah cedera.

Kalo Lo nggak bisa melakukan pemanasan di dalam ruangan, Lo bisa menyiasatinya dengan melakukan pemanasan dinamis atau pemanasan yang dilakukan dengan berpindah tempat sampe tubuh Lo memanas.

Contohnya ketika Lo lari, maka pemanasan dinamis yang bisa Lo lakukan diantaranya adalah jalan cepat atau jogging. Setelah itu, Lo bisa melakukan senam di tempat untuk meregangkan otot paha, bokong, dan punggung bawah.

2. Jangan gunakan baju tipis, gunakan baju berlapis

Kalo Lo mau olahraga pas musim hujan, sebaiknya hindari menggunakan pakaian tipis, bro. Sebaiknya gunakan baju berlapis agar Lo nggak kedinginan.

Hindari menggunakan baju olahraga yang berbahan katun karena baju dengan bahan ini bisa menyerap keringat. Nah, baju yang basah oleh keringat akan membuat suhu tubuh Lo menurun bro sehingga bisa beresiko terkena hipotermia.

Tapi, jangan juga Lo menggunakan baju yang terlalu tebal karena baju yang terlalu tebal akan membuat Lo berkeringat.  Pastikan aja bahwa Lo nggak kedinginan dan tidak kegerahan.

3. Jaga asupan cairan dengan minum cukup

Udara yang dingin, mungkin akan membuat Lo jadi nggak ngerasa haus bro sehingga Lo jadi lupa untuk minum. Padahal nih, Lo tetap mengeluarkan keringat ketika berolahraga saat musim hujan.

Untuk itu bro, Lo harus tetap minum untuk menggantikan cairan tubuh Lo yang hilang biar Lo nggak dehidrasi. Minumlah setiap 15-20 menit sekali ketika Lo berolahraga agar Lo tetap terhidarasi dengan baik.

4. Gunakan sarung tangan dan topi

Tubuh akan memusatkan aliran darah lebih banyak di inti tubuh untuk mempertahankan diri selama cuaca dingin. Kondisi ini akan membuat ujung-ujung tubuh seperti kepala, tangan, dan kaki menjadi rentan mengalami kedinginan.

Untuk menghindari hal ini, Lo bisa menggunakan topi dan sarung tangan bro ketika Lo berolahraga saat musim hujan. Selain untuk mencegah kedinginan, topi juga bisa digunakan untuk menangkal gerimis yang tiba-tiba muncul ketika Lo berolahraga.

5. Jangan lupa melakukan pendinginan setelah Lo selesai berolahraga

Meskipun cuaca udah dingin, bukan berarti Lo nggak perlu melakukan pendinginan, bro. Selalu sediakan waktu sekitar 5-10 menit untuk melakukan pendinginan, misal dengan berjalan santai. 

Pendinginan bisa membantu Lo menurunkan suhu otot yang tadinya panas agar bisa pulih dengan cepat dan terhindar dari nyeri. Pendinginan juga sangat diperlukan agar mengurangi kekakuan otot yang rentan terjadi ketika Lo selesai berolahraga.

Kesimpulannya, musim hujan jangan sampe menjadi halangan untuk Lo berolahraga bro karena gimana pun juga badan Lo harus tetap bergerak agar badan Lo tetap sehat dan bugar. Nah, itu dia 5 tips yang bisa Lo ikuti untuk berolahraga ketika musim hujan yang Gw lansir dari hellosehat.com. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini ya. Sukses buat Lo semua, thanks and have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini