gentlemancode.id
#LoPastiBisa - Tips Berolahraga saat Puasa

#LOPASTIBISA - TIPS BEROLAHRAGA SAAT PUASA

Published on Friday, 18 May 2018

Ketika puasa, kurang lebih 13 jam kita tidak makan dan minum. Otomatis keadaan ini akan membuat tubuh tidak akan mendapatkan suplai energi seperti hari-hari ketika tidak berpuasa dikarenakan terbatasnya waktu makan kita. 

Dikarenakan kita tidak makan dan minum, rasa lemas adalah hal yang umum terjadi kepada orang-orang yang menjalankan puasa. Hal inilah yang kemudian menjadi penyebab untuk sebagian orang untuk berhenti berolahraga karena takut ibadah puasanya terganggu akibat kelelahan.

Tapi bro, bagaimanapun juga olahraga adalah hal yang baik untuk dilakukan karena kalo kita tahu caranya olahraga bisa membuat tubuh kita tetap bugar selama bulan Ramadan. Buat Lo yang masih bingung mengenai bagaimana cara melakukan olahraga yang baik di bulan Ramadan, dibawah ini adalah beberapa hal yang harus Lo perhatikan, diantaranya adalah:

1. Waktu

Hal pertama yang harus Lo perhatikan ketika Lo ingin berolahraga saat puasa adalah waktu, bro. Sebetulnya, kita tidak disarankan untuk berolahraga saat puasa. Dari informasi yang dilansir dari thenational, olahraga sebaiknya tidak dilakukan saat seseorang sedang berpuasa karena ketika berpuasa perut kita ada dalam keadaan kosong. Nah, waktu terbaik untuk melakukan olahraga justru adalah pada saat berbuka, karena pada waktu tersebut Lo sudah mendapatkan energi kembali.

Meskipun begitu, ada juga yang mengatakan bahwa waktu yang baik untuk melakukan olahraga saat puasa adalah pada saat menjelang berbuka. Dilansir dari Kompas.com, dr. Saptawati Bardosono mengatakan bahwa waktu yang baik untuk melakukan olahraga adalah 30-60 menit menjelang berbuka karena waktu tersebut sudah mendekati waktu makan. Perbedaan pandangan ini sah-sah saja, namun balik lagi kepada kemampuan Lo bro apakah Lo mampu atau tidak melakukan olahraga pada saat puasa. Kalo misalnya Lo nggak mampu, maka lebih baik jangan dan tunggu sampe Lo berbuka terlebih dahulu untuk kemudian melakukan olahraga.

2. Jenis olahraga

Hal kedua yang harus Lo perhatikan adalah jenis olahraga yang akan Lo lakukan, bro. Sebaiknya, lakukan jenis olahraga yang sudah biasa Lo lakukan. Tapi, sebaiknya lakukan olahraga tersebut dengan intensitas yang tidak terlalu tinggi.

3. Makanan

Kita memiliki dua kali waktu untuk makan yaitu ketika sahur dan berbuka. Karena waktu kita makan berubah, ada kemungkinan porsi makan kita juga ikut berubah. Untuk itu bro, usahakan untuk tetap makan dengan jumlah yang sama seperti hari biasa, tidak lebih dan tidak kurang. Selain itu, pilih makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh kita seperti makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral agar kebutuhan gizi tetap terpenuhi.

Makanlah makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi ketika berbuka untuk memaksimalkan energi dan makanlah makanan yang mengandung lemak tinggi saat sahur untuk memperlambat pencernaan sehingga Lo nggak cepat lapar. 

Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung protein yang tinggi karena protein juga sangat diperlukan oleh tubuh. Lo bisa memperoleh protein dari ikan, daging, dan telur. 

4. Perhatikan asupan cairan

Penuhi kebutuhan cairan tubuh selama Lo berpuasa. Asupan cairan yang disarankan adalah 1,5-2 liter per hari, bro. Apabila Lo memutuskan untuk melakukan olahraga ketika Lo berpuasa, maka Lo harus memenuhi kebutuhan cairan tersebut jangan sampe kurang.  

5. Perhatikan lama tidur

Untuk menjaga tubuh tetap bugar selama puasa, maka waktu tidur adalah hal yang penting untuk Lo perhatikan, bro. Orang dewasa setidaknya memerlukan waktu tidur sekitar 7 sampai dengan 9 jam per hari. Ketika Lo kurang tidur, kinerja tubuh Lo akan terganggu bro dan Lo pasti akan merasa lemas. 

Itu dia bro 5 hal yang harus Lo perhatikan ketika akan melakukan olahraga saat puasa. Puasa bukan halangan untuk berolahraga, bro. Asal Lo tahu caranya, #LoPastiBisa!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini