gentlemancode.id
Tips Untuk Mengatasi Badan Pegal Agar aktivitas tidak berantakan

TIPS UNTUK MENGATASI BADAN PEGAL AGAR AKTIVITAS TIDAK BERANTAKAN

Published on Wednesday, 11 July 2018

Ketika badan Lo sudah terasa lelah akibat aktivitas fisik yang berat, mungkin Lo akan merasakan pegal-pegal pada bagian tubuh tertentu, bro. Meskipun Nampak ringan, jangan sembarangan menanganinya karena kalo salah malah bisa berbahaya. Untuk itu, lakukan cara ini untuk mengatasi badan yang terasa pegal, diantaranya adalah:

1. Istirahat

Cara paling mudah untuk menangani badan pegal adalah dengan memberi tubuh waktu untuk istirahat, bro. Kenapa? Alasannya adalah karena istirahat dapat membantu tubuh untuk menyembuhkan diri sendiri meskipun membutuhkan waktu.

Biasanya, pegal-pegal akan mereda dalam 24 hingga 48 jam hanya dengan beristirahat.

2. Melakukan Peregangan

Sebelum melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, maka jangan sampe Lo lupa untuk melakukan pemanasan yang terdiri dari gerakan-gerakan peregangan seperti ayunan tangan, jalan di tempat, atau berjalan perlahan kemudian lebih cepat.

Pemanasan akan membantu tubuh untuk menyiapkan diri untuk beraktivitas sehingga bisa membantu terhindar dari risiko trauma otot.

3. Lakukan Gerakan yang Benar

Gerakan atau postur yang tidak tepat selama beraktivitas dapat menimbulkan rasa pegal setelahnya, bro. Untuk itu, usahakan untuk menjaga gerakan dan postur tubuh agar tetap tepat agar tubuh terhindar dari pegal-pegal.

4. Olahraga Secara Rutin

Tubuh yang terasa pegal bisa membuat Lo malas untuk bergerak. Padahal olahraga adalah kunci hidup sehat. Lagipula, tanda pegal akibat olahraga bisa berarti bahwa otot dalam proses perkembangan menjadi lebih kuat.

Untuk itu, tetaplah melakukan olahraga dengan intensitas ringan secara rutin. Olahraga bisa membantu mempercepat proses pengurangan asam laktat yang tertumpuk, yakni kondisi yang bisa memicu rasa pegal.

5. Cukup Minum

Menjaga tubuh tetap terhidrasi selama beraktivitas akan membantu mencegah kram otot dan menurunkan risiko pegal-pegal, bro. Air mineral adalah sumber air terbaik untuk berolahraga.

Kalo misalnya Lo melakukan aktivitas yang berat yang mengeluarkan banyak keringat, minuman berenergi bisa dipilih untuk mengembalikan natrium dan elektrolit yang hilang sebagai tambahan air mineral.

Pada dasarnya, ada banyak cara mengatasi badan pegal yang dapat Lo lakukan secara mandiri, misalnya melakukan peregangan setelah berolahraga dan mengompres area pegal.

Bila cara-cara di atas tidak meredakan rasa sakit setelah beberapa hari atau justru memperburuk kondisi Lo, segeralah melakukan pemeriksaan ke dokter. Apalagi bila pegal juga disertai dengan sulit bernapas, demam tinggi, leher kaku, dan lemas.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini