gentlemancode.id
Tips untuk mengatasi  rasa Galau Karena Kepikiran Hal yang Sama Berulang Kali

TIPS UNTUK MENGATASI RASA GALAU KARENA KEPIKIRAN HAL YANG SAMA BERULANG KALI

Published on Tuesday, 10 July 2018

Sadar atau tidak, Lo mungkin pernah mengalami ini bro dimana Lo memikirkan satu hal secara terus menerus sampe membuat Lo menjadi merasa cemas. Misal, Lo kepikiran terus mengenai apakah pekerjaan Lo sudah tepat atau belum padahal Lo sudah berusaha semaksimal mungkin dalam mengerjakannya. Perasaan ini memang cukup menganggu karena perasaan ini kerap membuat tidak enak hati dan selalu dihantui oleh pikiran negatif yang nggak jelas asal-usulnya. Dalam dunia psikologis, kondisi ini disebut dengan ruminasi.

Banyaknya hal negatif yang Lo pikirkan berlarut-larut dan sebetulnya tidak perlu dipikirkan bisa memicu stres. Terus, gimana caranya cara menghentikan pikiran negatif yang terus menghantui Lo itu?

Nah, dibawah ini adalah tips jitu dalam menghilangkan rasa khawatir akibat memikirkan hal yang sama terus menerus, diantaranya adalah:

1. Alihkan Perhatian

Kalo Lo menyadari bahwa Lo mulai melamun, carilah sesuatu yang bisa mengalihkan perhatian Lo, bro. Caranya, lihat sekeliling Lo, dan jangan biarkan pikiran Lo kosong. Misal, dengan Lo mengobrol dengan teman, menonton film, membaca buku, atau berjalan ke luar ruangan.

2. Buat rencana dan segera ambil tindakan

Daripada Lo mengulangi pemikiran yang sama berulang-ulang, ada baiknya Lo membuat rencana untuk mengatasinya. Pikirkan setiap langkah yang akan Lo ambil untuk mengatasinya atau Lo ambil secarik kertas untuk menuliskan semua rencana Lo. Melakukan hal ini bisa membantu Lo membuat otak untuk tidak memikirkan hal-hal negatif dalam pikiran Lo dan bisa membantu Lo untuk keluar dari jebakan tersebut.

3. Jadikan kesalahan sebagai pengalaman

Pikiran berulang yang muncul seringkali berupa ketakutan terhadap kesalahan di masa lalu. Kalo misalnya Lo terlanjur melakukan sebuah kesalahan, jangan coba hiraukan perasaan itu namun jangan juga terlalu memikirkannya karena itu sudah berlalu dan tidak bisa diulang kembali. Ingat bro, setiap manusia di dunia ini pasti pernah membuat kesalahan. Hal terbaik yang bisa Lo lakukan adalah Lo harus bisa memperbaiki diri dan berusaha sekuat tenaga untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut.

4. Pahami sebabnya

Setiap kali Lo merasa gelisah, segera catat tentang situasi yang sedang Lo hadapi, misal Lo sedang berada dimana dan pukul berapa Lo mengalami hal tersebut? Catatan ini bisa membantu Lo untuk mengetahui penyebab rasa gelisah Lo sehingga Lo bisa belajar untuk mengatasi perasaan gelisah Lo itu.

5. Usahakan untuk selalu berfikir positif

Cara kita berfikir bisa membantu dalam mengatasi dan menghilangkan pikiran negatif dan rasa khawatir, bro. Berfikir positif bisa membantu Lo menjauhkan diri dari kecemasan, sikap pesimis, dan pikiran negatif yang bisa memicu ruminasi. 

Kalo Lo masih megalamai kecemasan terus menerus hingga sangat mengganggu aktivitas, ada baiknya Lo meminta bantuan orang terdekat untuk mendukung dan memberikan masukan-masukan yang positif. Mungkin Lo bisa melakukan konsultasi pada psikolog untuk mencari cara mengendalikan pikiran negatif tersebut.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini