gentlemancode.id
Kesalahan dalam Menggosok Gigi

KESALAHAN DALAM MENGGOSOK GIGI

Published on Monday, 15 April 2019

Setiap hari, Gw yakin Lo semua pasti udah rutin menggosok gigi. Demi menjaga gigi agar tetap bersih dan sehat, menggosok gigi memang jangan sampe kita lewatkan bro setiap harinya karena kalo kita males maka banyak sekali permasalahan mulut dan gigi yang bisa menimpa Lo. Hiiii.

Mengingat begitu pentingnya kesehatan mulut dan gigi, banyak orang menganjurkan untuk menggosok gigi minimal dua kali sehari. Tapi sayang, meskipun sudah banyak orang yang aware mengenai pentingnya menggosok gigi, banyak sekali diantara mereka yang masih melakukan kesalahan-kesalahan ketika menggosok gigi. Nah, kesalahan-kesalahan ini kalo terus dilakukan dalam waktu yang lama maka pada akhirnya akan menyebabkan penyakit pada gigi.

Untuk itu bro, hindari tujuh kesalahan ini ketika Lo menggosok gigi:

1. Salah Memilih Sikat Gigi

Awalnya, Gw kira semua sikat gigi itu bisa Gw pake. Tapi, ternyata itu salah, bro. Memilih sikat gigi itu harus disesuaikan dengan kebutuhan kita. Jadi, pastiin Lo memilih sikat gigi yang bisa menjangkau semua bagian gigi sampe bagian yang sulit dijangkau.

Pastikan Lo memilih sikat gigi yang lembut. Bulu sikat gigi yang Lo pake juga harus lentur agar bisa memasuki celah-celah sempit antara gusi dan gigi.

Selain itu, pastikan juga bentuk kepala dan bentuk sikat giginya itu nyaman buat Lo pegang dan nyaman di mulut Lo supaya Lo nggak kesulitan ketika menggosok gigi.

2. Terlalu Keras Dalam Menggosok

Segera hentikan kebiasaan ini kalo Lo sering melakukannya, bro. Menggosok gigi terlalu keras bisa bahaya untuk kesehatan Lo. 

Gusi Lo bisa rusak akibat tekanan yang terlalu keras sehingga menyebabkan sebagian akar gigi terekspose. Perlu Lo ketahui, area ini sangat sensitif terhadap panas dan dingin. 

Sebetulnya, plak itu memiliki tekstur yang lengket namun lembut. Jadi, Lo nggak perlu terlalu keras bro membersihkannya.

3. Terburu-buru ketika menggosok gigi

Dua menit sebetulnya udah cukup untuk menggosok gigi. Namun sayang, banyak sekali orang yang melakukannya dengan cepat, bahkan dibawah satu menit.

Sebaiknya, pastikan Lo menggosok gigi selama dua menit dan membagi waktu untuk setiap bagian mulut itu masing-masing 30 detik.

4. Jarang mengganti sikat gigi

Gw termasuk orang yang jarang ganti sikat gigi sebelum Gw mengetahui pentingnya untuk mengganti sikat gigi secara rutin. Pastikan untuk mengganti sikat gigi setiap tiga atau empat bulan sekali. Selain itu, pastikan Lo menyimpan sikat gigi pada tempat yang kering dan terkena udara agar terhindar dari bakteri dan jamur.

5. Arah Menggosok yang Salah

Pastikan Lo menggosok gigi dengan arah yang benar. Mulailah menggosok gigi dari gusi dengan gerakan ke atas dan ke bawah. Buatlah sapuan pendek dan memutar seperti membentuk lingkaran kecil. Cara ini bertujuan agar bulu sikat bisa mengeluarkan plak yang tersembunyi di balik batas gusi.

6. Tidak Membersihkan Gusi

Kebanyakan dari kita mungkin hanya akan fokus pada bagian gigi doang. Padahal bro, menggosok gigi itu harus menyeluruh sampe gusi juga.

Gusi merupakan tempat yang sangat disukai oleh bakteri. Untuk itu, Lo jangan sampe lupa untuk membersihkan bagian gusi ketika menggosok gigi.

7. Terburu-buru menggosok gigi setelah makan

Jangan gosok gigi ketika Lo baru aja selese makan, bro. Setidaknya tunggu 30 menit setelah Lo selese makan. Kenapa harus gitu? Alasannya adalah karena makanan yang memiliki kandungan asam sitrat bisa melemahkan enamel gigi.

Nah, sekarang Lo sudah tahu kan kesalahan-kesalahan apa aja yang bisa merusak kesehatan gigi Lo? Semoga bermanfaat ya, thanks and have a nice day!

Sumber:
[1] https://www.brilio.net/

Sumber gambar:
[1] https://shawsmiles.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini