gentlemancode.id
5 Hal yang Mesti Lo Lakuin Ketika Baru Gajian

5 HAL YANG MESTI LO LAKUIN KETIKA BARU GAJIAN

Published on Wednesday, 13 September 2017

Ketika Lo sudah memasuki dunia kerja, otomatis Lo akan mengetahui setiap tanggal berapa Lo akan mendapatkan uang gaji Lo, Bro. Gaji itu hak kita, yang di bayar atas kewajiban kita bekerja. Tanggal dimana Lo mendapatkan gaji  biasanya jatuh di tanggal yang sama setiap bulannya, kecuali pembayaran Lo itu berdasar pada komisi. Tapi rata-rata setiap perusahaan pasti akan menggunakan sistem gajian bulanan dalam artian Lo akan mendapatkan gaji pada tanggal yang sudah ditetapkan setiap bulannya.

Nah, ketika Lo udah kerja, otomatis Lo akan selalu mengingat, menghargai, menunggu dan pasti pengen selalu buru-buru ketemu sama tanggal gajian Lo. Tanggal tersebut bisa Lo sebut sebagai tanggal keramat dalam hidup Lo, ngaku deh Bro. Kalo Gw sih gitu. Hehe.

Biasanya, sebelum tanggal gajian tiba, rata-rata kita pasti suka hidup pas-pasan alias jajan yang irit dan saking pengen ngiritnya sampe-sampe kita bawa bekal dari rumah. Tapi begitu tanggal gajian tiba, hidup kita rasanya berasa jadi indah banget dan kita pun mengalami perasaan seperti orang terkaya di dunia. Sampe pengen beli planet rasanya, hehehe bercanda ya Bro.

Oke, sekarang Lo sudah mendapatkan "tanggal keramat" Lo itu. Apa yang selanjutnya harus dilakukan supaya gaji Lo tidak langsung habis? Ada 5 hal yang wajib banget Lo catet dan lakuin nih Bro di hari Lo gajian, dan sifatnya mendasar banget! Yuk, kita simak apa aja hal tersebut di bawah ini!

1. Bayar segala tagihan

Yep, ini mandatory alias wajib banget, Bro! Gak mau kan Lo, gara-gara keburu foya-foya setelah gajian tanpa bayar kewajiban, gaji Lo keburu habis deh  sebelum sempet bayar tagihan. Daripada Lo dikejar-kejar debt collector, mendingan Lo bayar dulu tuh semua tagihan Lo biar Lo bisa tenang. Kalo gak ada tagihan? Cakep banget tuh Bro, tapi tetap jangan langsung foya-foya ya! Inget kebutuhan Lo masih banyak. Sekarang kita lanjut ke point dua!

2. Hitung biaya hidup Lo sebulan ke depan

Bayar tagihan udah? Oke, lanjut ke perhitungan biaya hidup dan transportasi sebulan ke depan. Bingung cara aturnya? Silakan baca lagi tulisan Gw mengenai hal tersebut disini ya tentang bagaimana cara mengatur pengeluaran.

3. Belanja kebutuhan dasar

Bayar tagihan, checked. Hitung biaya hidup sebulan ke depan, checked. Next? Belanja kebutuhan dasar! Misalnya, belanja kebutuhan toiletries atau perlengkapan mandi, atau pun membelanjakan kebutuhan dapur nyokap. Karena bagaimanapun juga Lo pasti harus tetap membantu meringankan pengeluaran rumah, Bro. Dalam bagian ini, jangan lupa juga untuk siapkan biaya untuk berakhir pekan Bro, gimanapun juga Lo tetap butuh refreshing biar gak penat. Kalo pun engga, budget tersebut bisa Lo tabung, Bro.

4. Tabung 10% dari sisa uang gaji Lo

10% dari sisa uang yang sudah Lo hitung setelah Lo bayar tagihan dikurangi biaya hidup sebulan ke depan dan dikurangi lagi sama belanja kebutuhan dasar harus Lo simpan sebagai tabungan Lo, Bro. Kalo bisa lebih besar sih itu oke banget. Untuk masalah ini silahkan dihitung sendiri ya Bro, karena jumlahnya pasti akan berbeda-beda untuk setiap orang.

5. Berbagi dengan orang tua tercinta

Ini adalah point terakhir dan jangan sampe Lo lupain Bro karena keberkahan itu ada pada doa orang tua. Untuk part ini silahkan Lo berikan seikhlas yang Lo bisa dan semampu Lo, balik lagi ini harus disesuaikan dengan kemampuan Lo ya dan jangan pelit-pelit juga.

Nah kira-kira itu ya Bro, 5 hal yang mesti Lo lakuin ketika baru gajian. Ingat Bro, menjaga finansial itu memang butuh niat dan juga kontrol yang baik, tapi itu sama sekali tidak akan merugikan Lo kok. Yang penting Lo harus berani mengatur dan tau batasan, result-nya pasti akan oke banget. Misalnya pun Lo memiliki wish list barang atau destinasi yang kepingin Lo tuju, pasti bisa kalo Lo mengatur semua pengeluaran Lo dan tabungan Lo. Semangat and goood luck, Bro!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini