gentlemancode.id
9 Aturan Untuk Menghemat Uang Yang Wajib Lo Ketahui

9 ATURAN UNTUK MENGHEMAT UANG YANG WAJIB LO KETAHUI

Published on Tuesday, 02 April 2019

Bro, sebagai cowok Lo pasti ingin menjadi orang yang diandalkan, bener nggak? Nah, memiliki keadaan keuangan yang stabil dengan memiliki tabungan yang cukup adalah salah satu cara agar Lo bisa menjadi orang yang bisa diandalkan. Ya sih uang memang bukan segalanya, tapi dengan memiliki uang kehidupan Lo akan jauh lebih enak.

Ngomong-ngomong soal uang, banyak diantara kita yang masih kesulitan dalam mengelola keuangan sehingga akhirnya uang kita selalu habis. Nah, kali ini Gw akan berbagi tips tentang cara untuk menghemat uang yang Gw kutip dari brightside.me, simak penjelasannya dibawah ini ya!

1. The 24-hour rule

Apa yang dimaksud dengan the 24-hour rule? The 24-rule adalah sebuah aturan dimana Lo harus berfikir terlebih dahulu selama 24 jam atau sehari sebelum Lo memutuskan untuk membeli sesuatu. Intinya tanyakan sama diri Lo, apakah Lo bener-bener butuh barang tersebut atau Lo cuma pengen doang.

2. Selalu bayar secara cash

Jangan membiasakan diri Lo untuk berbelanja dengan menggunakan kartu debit apalagi kartu kredit, bro. Kebiasaan itu akan membuat Lo selalu merasa bisa membeli apapun sehingga akhirnya duit Lo cepet banget abis. Lain halnya kalo Lo pake duit cash, Lo sebelumnya pasti udah nyiapin apa aja keperluan Lo dan kira-kira butuh bawa duit berapa. Setelah itu, Lo pasti akan lebih disiplin dalam menggunakan duit Lo itu. 

3. Buat anggaran dan patuhi anggaran tersebut

Ini sangat penting bro dan jangan sampe Lo abaikan. Anggaran itu akan membantu Lo untuk disiplin dalam mengatur uang dibandingkan ketika Lo tidak membuatnya. Buatlah anggaran setiap Lo gajian dan sebisa mungkin Lo patuhi anggaran tersebut.

4. Kalo bisa, gunakan uang Lo untuk hal yang bisa menghasilkan uang

Lo nggak perlu menyiksa diri ketika Lo akan berhemat, bro. Orang-orang kaya banyak menggunakan uang mereka untuk investasi. Untuk itu, gunakan sebagian uang Lo untuk hal-hal yang penting dan bernilai investasi. Misal Lo membeli laptop atau kamera untuk pekerjaan Lo, yang mana barang-barang tersebut akan membantu Lo dalam menghasilkan uang.

5. Dahulukan Tagihan

Ya bro, bayar buru-buru kalo misalnya Lo punya tagihan jangan sampe Lo tunda-tunda. Kalo Lo tunda, takutnya entar Lo lupa dan akhirnya Lo lewat jatuh tempo. Lewat jatuh tempo artinya Lo akan kena denda dan itu akan menjadi pengeluaran ekstra buat Lo.

6. Investasikan sebagian uang Lo untuk hal-hal yang membuat Lo bahagia dan sehat

Sesekali menggunakan uang Lo untuk hobi nggak apa-apa, bro. Hidup itu harus seimbang, Lo juga perlu menikmati hasil kerja keras Lo dengan menggunakannya untuk sesuatu yang Lo sukai. Asal, jangan sampe Lo memaksakan diri dan memprioritaskan hobi Lo diatas kebutuhan lain yang lebih penting.

7. Coba sesekali untuk tidak belanja apapun selama satu atau dua hari di setiap minggu

Ya bro, cobalah untuk tidak berbelanja apapun setiap satu atau dua hari di setiap minggu agar Lo bisa lebih banyak menabung. Misal, Lo masak di rumah daripada Lo harus beli makanan. Coba deh dan rutin Lo lakukan, pasti akan berasa banget di tabungan Lo.

8. Simpan dengan baik uang kembalian

Jangan remehkan uang kembalian ketika Lo berbelanja atau jajan, bro. Meskipun receh, kalo Lo kumpulin terus menerus jumlahnya bakal lumayan. Untuk itu, mulai sekarang simpan dengan baik uang kembalian supaya nanti pas Lo mau make gampang!

9. Untuk barang yang rusak, jangan asal buang

Nah, ini kebiasaan buruk nih, bro. Kita sering banget asal buang barang-barang yang rusak, padahal mungkin barang-barang tersebut masih bisa diperbaiki. Mulai sekarang, coba deh untuk Lo coba perbaiki barang-barang Lo yang rusak. Siapa tahu barang tersebut masih bisa digunakan. Uang untuk membeli barang baru, jadinya bisa Lo simpen, bro!

Kira-kira gitu sih bro tips nya. Semoga artikel ini bermanfaat ya, thanks and have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini