gentlemancode.id
Capai Keuangan Stabil Sebelum Usia 30 dengan Tips Jitu Ini

CAPAI KEUANGAN STABIL SEBELUM USIA 30 DENGAN TIPS JITU INI

Published on Tuesday, 06 February 2018

Mempunyai keuangan stabil di usia 30 tahun tentu menjadi idaman banyak orang. Dengan keuangan yang stabil, Lo bisa punya waktu luang untuk keluarga dan sahabat. Dan tentunya, Lo akan terbebas dari jeratan masalah keuangan. Agar bisa punya keuangan yang stabil, Lo bisa mencoba beberapa tips jitu dari Swara Tunaiku berikut ini, nih. 

1. Tingkatkan kualitas diri

Selama masih muda, jangan ragu untuk mencoba hal-hal baru. Lo bisa mencoba berbagai kegiatan untuk mengasah dan mengeksplorasi diri. 

Asah bakat dan minat Lo agar bisa menaklukan berbagai tantangan. Kalau memang ingin dapat pekerjaan yang mapan, maka harus berusaha untuk meningkatkan kualitas diri dari sekarang.

2. Menyusun rencana jangka panjang

Saat memiliki berbagai rencana seperti membeli mobil atau rumah sampai menikah, Lo pasti jadi terdorong untuk menyusun rencana jangka panjang, bukan? Dengan adanya target, Lo harus mulai menyusun rencana untuk menabung dan menyiapkan anggaran pengeluaran. 

3. Mendaftar asuransi

Cukup sulit memang untuk memprediksi segala kebutuhan di masa depan. Namun, Lo bisa mengantisipasinya dengan mendaftar asuransi. Baik untuk asuransi harta benda maupun asuransi jiwa dan kesehatan. Sehingga, kalau Lo butuh sesuatu secara mendadak, tidak akan kelimpungan untuk mencari pinjaman uang. 

4. Bayar semua utang

Terjebak utang memang bukan pengalaman yang menyenangkan. Jika saat ini Lo masih mempunyai banyak utang, segera bayar semua utang tersebut. Sebenarnya, berutang bukanlah kebiasaan yang baik. Jika memang tidak mendesak, usahakan untuk hidup bebas utang

5. Menabung untuk pensiun

Menyiapkan dana pensiun selagi muda dapat dilakukan dengan menabung. Dengan menabung, Lo bisa mencapai tujuan pensiun yang sudah disusun. Sembari menunggu waktu pensiun, uang tabungan bisa Lo pakai dulu untuk investasi properti, reksa dana, saham, maupun obligasi. 

6. Membatasi penggunaan kartu kredit

Kartu kredit sering dipakai pada waktu mendesak. Risikonya, Lo harus membayar biaya administrasi yang cukup tinggi. Kalau itu terus dilakukan, maka itu bisa memberikan pengaruh buruk pada keuangan Lo. Sehingga, sudah sewajarnya untuk membatasi limit kartu kredit. 

7. Mencatat pengeluaran

Dengan mencatat pengeluaran bulanan, Lo punya dasar untuk menyusun rencana keuangan. Bisa dimulai dengan mengumpulkan struk transaksi harian sampai mencatatnya pada buku pengeluaran. Dengan begitu, Lo tahu uang Lo habis untuk apa saja. 

8. Tidak cepat puas 

Ketika Lo menerima gaji, apakah yang Lo rencanakan selanjutnya? Daripada memakainya untuk berbelanja berbagai barang, lebih baik gaji tersebut ditabung. Lo bisa hidup hemat sesuai dengan skala prioritas yang ada. 

9. Mencari penghasilan tambahan

Mencari uang tambahan bisa dilakukan dengan membuka bisnis kecil-kecilan. Lo tidak perlu punya keahlian khusus dan bisa dilakukan setelah pulang dari kantor. Dengan cara ini, Lo bisa meningkatkan penghasilan, baik dari kantor maupun dari bisnis Lo. Lumayan kan? 

Jika memang ingin punya keuangan jangka panjang yang stabil, maka harus siap untuk bekerja keras dalam waktu yang lama. Selama usia masih muda, Lo wajib untuk menyusun strategi keuangan. Semoga saja tips ini bisa membantu Lo untuk mendapatkan keuangan yang stabil di masa depan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya. Thanks.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini