gentlemancode.id
#LoPastiBisa - Penghasilan Boleh Kecil, Investasi Jangan!

#LOPASTIBISA - PENGHASILAN BOLEH KECIL, INVESTASI JANGAN!

Published on Friday, 04 May 2018

Hidup di kota besar memang terkadang membutuhkan pengeluaran ekstra, bro. Apalagi kalo Lo berada di lingkungan yang hype dan selalu ingin melakukan banyak hal setelah jam kantor. Tentu tidak ada salahnya untuk ikut untuk seru-seruan, malah hal tersebut bisa membentuk ikatan yang lebih kuat antara Lo dan rekan kerja Lo. Tapi tidak ada salahnya juga untuk sekali-sekali menolak, atau malah mundur pelan-pelan. Bukannya apa-apa bro, saat ini semua serba mahal. Kebutuhan primer seperti membayar tagihan, makan, maupun cicilan sudah bisa mencekik leher dan kadang bikin kelabakan.

Banyak yang bilang kalau kebangkrutan seseorang di masa mendatang bukan karena kecilnya penghasilan yang ia dapat, melainkan besarnya pengeluaran setiap bulannya. Yuk saatnya mengencangkan ikat pinggang dan mulai memilah mana saja pengeluaran yang tidak perlu dilakukan setiap bulannya. Tujuannya agar Lo bisa berinvestasi tentunya, bro!

Di Mana Bisa Investasi?

Seperti yang sudah dibahas di artikel sebelumnya tentang jenis investasi, ada tujuh jenis investasi yang bisa pelan-pelan Lo cicil dari sekarang. Logam mulia seperti emas masih bisa menjadi pilihan utama karena nilai jual yang terus naik dan punya harga yang cenderung lebih pas di kantong (pada saat artikel ini publish, harganya adalah IDR 655,000 menurut website harga-emas.org).

Masih kelihatan mahal? Tenang aja bro, sekarang Lo bisa nyicil harga emas di Pegadaian mulai dari IDR 5,000an aja! Lebih lengkapnya cek situs resmi Pegadaian ya!

Pengeluaran Masa Depan Mahal

Investasi sangat berguna untuk masa depan. Jangan sampai Lo terlena dengan jabatan atau penghasilan Lo sekarang. Walaupun Lo sekarang adalah seorang direktur maupun CEO perusahaan besar, artis, maupun pengusaha sukses, jangan lupa untuk berinvestasi, bro!

Sebagai gambaran, ada beberapa pengeluaran yang harus Lo siapkan dari sekarang:

Pernikahan & Berkeluarga

- Biaya pernikahan dan persiapannya
- Biaya periksa bayi ketika dalam kandungan
- Biaya kelahiran
- Biaya kebutuhan anak 
- Biaya pendidikan anak
- dan seterusnya

Cicilan Kebutuhan

- Cicilan Kendaraan (mobil, motor)
- Cicilan tempat tinggal (apartment, rumah)
- Cicilan lain-lain (kartu kredit, pinjaman usaha)

Selain kebutuhan-kebutuhan di atas, masih ada kebutuhan-kebutuhan lainnya bro seperti kebutuhan mendadak karena sakit, liburan, kebutuhan rumah dan lain-lain.

Gimana, udah kebayang kan bro banyak kebutuhan yang menanti di depan mata?

30% Penghasilan Sudah Habis Untuk Bayar Cicilan

Nah, usahakan cicilan yang Lo ambil jangan lebih dari 30% gaji tiap bulan Lo. Berarti tinggal 70% gaji yang harus Lo bagi antara pengeluaran primer, pengeluaran sekunder, kebutuhan tak terduga dan investasi ke depan.

Mulailah untuk bersakit-sakit dahulu bro dengan menabung dan hidup hemat. Dengan begitu, hasilnya akan Lo rasakan nanti dengan hasil investasi yang bisa menjamin kehidupan Lo. Kurangi hal yang bisa menghabiskan uang Lo begitu saja, tambah dengan hal yang bisa membuat Lo hidup lebih tenang di masa mendatang, yaitu investasi.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini