gentlemancode.id
MUMPUNG TAHUN 2018 BARU MULAI, BELUM TELAT BRO UNTUK PUNYA RESOLUSI KEUANGAN SEKARANG.
Resolusi Keuangan yang Harus Kita Miliki Tahun 2018

RESOLUSI KEUANGAN YANG HARUS KITA MILIKI TAHUN 2018

Published on Thursday, 11 January 2018

Tahun 2018 sudah tiba, sudahkah Lo memiliki resolusi untuk tahun ini? Sebagian dari Lo tentunya punya beberapa harapan dan target untuk dicapai saat membuka lembaran baru ini. Minimal resolusi kali ini bisa terwujud dan bisa memperbarui apa yang telah dicapai sebelumnya.

Dikutip dari Swara Tunaiku, salah satu resolusi yang perlu Lo wujudkan adalah soal keuangan Lo, Bro. Lo tau sendiri, kalo urusan finansial ini cukup penting untuk dipikirkan pengelolaannya, karena ini mempengaruhi kesejahteraan hidup Lo. Lo harus bisa mengelola keuangan agar hidup Lo lebih aman dan terjamin.

Apakah Lo masih bingung menentukan resolusi keuangan untuk tahun ini? kalo iya, Lo bisa simak beberapa tips yang bisa membantu Lo berikut ini, Bro!

1. Telaten mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan

Sebagian orang masih sulit untuk membiasakan hal ini. Namun, kalo Lo nggak begini, keuangan Lo bisa kacau, karena Lo nggak paham bagaimana uang Lo bisa begitu cepat habisnya dan nggak mengerti detail uang yang Lo keluarkan di tiap-tiap pos pengeluaran. Sekarang udah banyak banget aplikasi pencatat keuangan yang bisa Lo unduh di telepon pintar Lo dan itu akan sengat membantu!

2. Membuat anggaran dan menaatinya

Kalau poin pertama bisa Lo lakukan, poin kali ini bakal lebih mudah melakoninya. Jika masih belum, keduanya bisa Lo lakukan bebarengan. Misalnya, Lo bisa membagi penghasilan ke beberapa pos keuangan, 40% Lo gunakan untuk biaya kebutuhan setiap bulan, 30% bisa Lo tabung atau membayar cicilan, 20% nya lagi Lo pakai untuk rekreasi atau hiburan, dan yang terakhir 10% gaji Lo bisa untuk investasi. Pembagian anggaran tiap pos fleksibel, bisa disesuaikan dengan kebutuhan Lo.

3. Membayar semua tagihan tepat waktu

Sering telat membayar utang atau cicilan? Apabila iya, jadikan membayar tagihan tepat waktu sebagai resolusi Lo, Bro. Ini bukan kebiasaan baik untuk dilakukan terus lho. selaian, Lo harus membayar denda, riwayat Lo sebagai debitur juga kurang baik. Bisa-bisa Lo jadi kesulitan ketika akan mengajukan kredit lain.

4. Menyiapkan rencana penghematan

Kalo Lo pengen membiasakan diri menabung, coba buat strategi supaya Lo bisa membiasakan diri untuk hidup hemat. Misalnya, membawa bekal makan ke kantor, pulang pergi menggunakan transportasi umum, kurangi nongkrong di cafe, kurangi pemakaian listrik atau internet untuk hal yang nggak perlu. Kemudian sinergikan cara-cara tersebut dengan anggaran yang udah Lo buat.

5. Menyediakan sebuah rekening khusus untuk tabungan

Rekening untuk kebutuhan sehari-hari dan untuk tabungan sebaiknya dipisahkan, Bro. Kalo masih digabung dalam satu rekening, tanpa sadar uang tabungan Lo bisa habis untuk memenuhi kebutuhan Lo. 

6. Mendapatkan tambahan penghasilan

Kebutuhan makin banyak dan harga barang juga semakin tinggi. Sudah selayaknya Lo berpikir untuk mencari penghasilan tambahan. Kini ada banyak cara yang memudahkan Lo memperoleh pekerjaan sampingan demi keuangan yang lebih baik. Kamu bisa menjadi freelancer di sebuah perusahaan/instansi, bisa juga membuka usaha online shop yang keuntungannya bisa cukup besar kalo Lo serius dan telaten.

Nah, apakah sekarang Lo udah mulai dapat pencerahan untuk resolusi keuangan Lo?  Poin-poin diatas bisa Lo sertakan dalam resolusi keuangan Lo, Bro. Semoga tips dan trik ini bisa ngasi gambaran ya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share. Thanks.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

Bro, terima kasih karena sudah setia membaca www.gentlemancode.id ya! Sebagai salah satu bentuk apresiasi, gentlemancode ngajak Lo semua untuk gabung ke dalam Gentleman Community yang akan kami launching tanggal 15 Januari 2018!

Gentleman Community bisa menjadi tempat Lo menulis banyak hal bermanfaat yang pingin Lo bagikan ke orang lain via website kami, tapi tentunya melalui kurasi dulu ya bro!

Jangan kuatir, setiap kegiatan yang Lo lakukan seperti mendaftar community, melengkapi data dan menulis artikel (kemudian kami tayangkan), akan mendapatkan poin yang bisa Lo tukarkan dengan hadiah menarik.

Info lebih lanjut langsung klik di sini, Bro!

Hobi nulis dan pengen dapet hadiah menarik? Yuk gabung community!
terpopuler
close
gentlemancode.id