gentlemancode.id
#LoPastiBisa - Suka susah buat nabung?  Coba mulai belajar deh di bulan puasa ini bro!

#LOPASTIBISA - SUKA SUSAH BUAT NABUNG? COBA MULAI BELAJAR DEH DI BULAN PUASA INI BRO!

Published on Friday, 11 May 2018

Sebesar apapun penghasilan Lo, semuanya bakalan habis bro kalo Lo nggak pandai mengelolanya. Mau Lo CEO perusahaan besar atau Lo artis ternama, kalo Lo nggak pinter buat nabung niscaya uang yang Lo miliki akan habis begitu saja. Menabung emang bukan persoalan gampang, terlebih kita hidup di zaman yang serba ada dan serba gampang kaya sekarang. Mau makan tinggal order, mau belanja tinggal order, mau traveling tinggal order, semuanya gampang bro, apalagi Lo punya uang. Nah, segala kemudahan ini akan membuat Lo gelap mata kalo misalnya Lo nggak punya "rem" untuk mengendalikan keinginan Lo itu, sehingga ujung-ujungnya uang Lo habis entah kemana. 

Kalo misalnya Lo adalah tipe orang yang susah buat nabung, coba deh Lo belajar nabung di bulan puasa ini bro. Mumpung lagi puasa, dibawah ini adalah tips buat Lo untuk mulai belajar menabung. Simak baik-baik ya!

1. Simpan jatah uang sarapan dan makan siang Lo

Kalo misalnya ketika Lo dikantor Lo suka beli sarapan dan makan siang, maka Lo bisa menyimpan budget sarapan dan makan siang Lo itu untuk di tabung, bro. Coba untuk konsisten menyimpan budget uang makan tersebut secara konsisten selama satu bulan. Meski walaupun jumlahnya nggak gede-gede banget, kebiasaan Lo ini akan melatih Lo untuk konsisten menabung dan akan menumbuhkan rasa sayang kepada uang yang akan Lo keluarkan. Selain itu, kebiasaan ini akan melatih kebiasaan hemat yang akan sangat berguna ketika Lo ingin membiasakan diri Lo untuk menabung.

2. Buat Lo yang merokok, simpan juga jatah uang rokok Lo

Sama halnya seperti uang makan, jatah uang rokok Lo juga pasti nggak bakalan sama kaya hari biasa, bro. Nah, simpan uang rokok Lo untuk Lo tabung juga. Hasilnya akan lumayan bro kalo ditambah dengan uang makan Lo tadi. Selain belajar nabung, Lo juga akan belajar mengurangi konsumsi rokok yang biasa Lo hisap bro. Lumayan kan? Lo bisa hemat dan Lo juga jadi lebih sehat, nice!

3. Kurangi hang out atau nongkrong selepas pulang kerja

Biasanya, uang Lo akan nggak kerasa keluar ketika Lo hang out atau nongkrong selepas jam kerja. Nah, karena di bulan puasa itu Lo harus berbuka dan malamnya Lo harus melaksanakan ibadah tarawih, maka sebaiknya Lo hindari dulu hang out dan nongkrong selepas pulang kerja, bro. Selain Lo akan menghemat pengeluaran, Lo juga jadi bisa ikut melaksanakan tarawih dan ibadah puasa Lo akan lebih maksimal.

4. Ikut bukber sesekali aja jangan keseringan

Nah, kegiatan bukber ini biasanya adalah kegiatan yang hampir sering dilakukan selama bulan puasa. Lo harus hati-hati bro jangan keseringan mengikuti kegiatan ini karena kalo keseringan bisa-bisa Lo lebih boros dari biasanya. Kalo gratisan sih nggak masalah, tapi kalo misalnya Lo bayar sendiri lebih baik sesekali saja karena biaya yang Lo keluarkan biasanya lumayan. Daripada buat bukber mendingan Lo nabung untuk kebutuhan lebaran nanti.

5. Jangan gampang tergoda promo

Pas bulan puasa, biasanya akan banyak promo yang diberikan oleh berbagai brand entah itu restoran atau brand fashion. Nah, jangan sampe Lo gampang tergoda bro sama promo-promo itu karena kalo Lo sampe tergoda bisa-bisa rencana Lo untuk nabung akan berantakan. Tahan keinginan Lo sampe uang THR turun bro supaya tabungan Lo nggak keganggu. 

Seberapa besar penghasilan Lo, itu semua nggak akan bisa menjamin kehidupan Lo nanti ketika Lo nggak bisa menabung. Untuk itu, wajib hukumnya buat Lo untuk menyisihkan penghasilan Lo untuk Lo tabung agar nanti kehidupan Lo dimasa depan bisa terjamin. Asal Lo mau, #LoPastiBisa bro untuk menyimpan uang Lo untuk Lo tabung. Berapapun penghasilan Lo, menabung itu wajib hukumnya dan jangan ditunda-tunda lagi. Buat Lo yang masih suka susah buat nabung, coba deh mulai belajar pas bulan puasa ini. Good luck!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini