gentlemancode.id
Tips Memiliki Rumah Pribadi di Usia Muda

TIPS MEMILIKI RUMAH PRIBADI DI USIA MUDA

Published on Tuesday, 07 August 2018

Resolusi tiap orang pasti akan berbeda-beda, tapi nggak ada salahnya kalo Lo punya resolusi yang lain daripada yang lain, selagi Lo masih muda, bro. Seperti punya rumah pribadi misalnya. Siapa sih yang nggak ingin punya rumah pribadi dengan hasil jerih payah sendiri. Kalo Lo punya resolusi ini, Lo keren, bro! Nah, kali ini Gentlemancode akan membagikan tips bagaimana memiliki rumah pribadi di usia muda! Kalo Lo masih di rentang usia 20-an, masih single dan sudah memiliki penghasilan tetap, Lo bisa banget mencoba tips ini. Tapi jika Lo sudah menikah atau memasuki usia 30-an, nggak ada kata terlambat bro. Langsung aja, ada beberapa hal yang harus Lo patuhi demi mewujudkan resolusi Lo memiliki rumah pribadi, bro, ini dia!

1. Disiplinlah dalam menabung

Kedisiplinan dalam menabung memang sebaiknya diterapkan dari saat Lo masih kecil. Dan kalo Lo sudah memiliki tabungan semenjak Lo sekolah, ini bagus banget, bro. Kalau hal tersebut belum Lo terapkan, nggak apa-apa bro, nggak ada kata terlambat. Oke let's say Lo sudah bekerja dan sudah mendapatkan penghasilan tetap. Mungkin dalam pikiran kita, akan susah sekali untuk mewujudkan membeli rumah, dengan penghasilan Lo yang sekarang. Tapi,  bukan berarti nggak bisa lho, bro. Ubah mindset Lo, Lo bisa menetapkan jumlah tabungan yang akan Lo simpan setiap bulannya, minimal 30%. Kalau bisa siapkan rekening khusus untuk tabungan ini. Memang akan butuh waktu yang nggak sebentar, tapi kalo Lo lakukan secara disiplin dan konsisten, percayalah  usaha nggak akan menghianati hasil.

2. Berinvestasilah

Investasi di usia muda itu penting banget, bro. Nah, setelah Lo melakukan step pertama dan dirasa tabungan Lo sudah cukup besar, Lo bias mengkonversikan untuk membeli emas, jika memungkinkan konversikan uang tersebut menjadi emas 25gram, dengan kisaran Rp. 13.000.000 - 15.000.000. Kenapa harus emas? Gini bro, emas memilik nilai intrinsik yang tinggi, dan harga emas cenderung lebih stabil dibanding dengan nilai tukar mata uang. Nggak hanya itu, kita bisa mengasumsikan bahwa nilai emas tumbuh sebesar 15-20% per tahunnya dan sementara nilai properti tumbuh 10-15% per tahunnya, bro. Atau dengan kata lain, emas yang Lo punya akan lebih cepat tumbuh nilainya daripada rumah yang Lo inginkan, bro. Jika Lo tetap menyimpan tabungan Lo dalam bentuk Rupiah. Harga rumah akan naik jauh lebih cepat dari nilai tabungan Lo.

3. Mencari Pekerjaan Sampingan

Lo belum merasa cukup dengan gaji yang Lo punya saat ini. Kuncinya adalah bekerja cerdas bro, opsi pertama Lo bisa bekerja dengan tekun agar cepat naik level dan mendapatkan kenaikan gaji, opsi kedua Lo mencari perusahaan baru yang menawarkan kompensasi yang lebih besar atau opsi terakhir, Lo bisa  mencari pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, bro. Mungkin Lo akan kesulitan menabung jika mengandalkan gaji yang jumlahnya akan terpakai untuk memenuhi kebutuhan pokok. Nah, mencari pekerjaan sampingan ini wajib Lo coba. Tapi inget bro, carilah pekerjaan yang nggak mengganggu pekerjaan utama Lo di kantor ya.

Saat ini banyak lho perusahaan yang mencari freelance dan banyak banget situs-situs buat mencari pekerjaan secara online, nggak ada salahnya Lo manfaatkan untuk mendapatkan pekerjaan sampingan, dan pastikan sesuai dengan keahlian Lo ya. Nah, penghasilan dari pekerjaan sampingan ini bisa Lo simpan seutuhnya agar resolusi Lo buat memiliki rumah bisa lekas terwujud, bro.

4. Menghemat Biaya Tempat Tinggal

Apakah Lo sekarang masih ngontrak atau ngekost? Kalo Lo bekerja di luar kota dan jauh dari keluarga, memang nggak ada alternatif  lain selain mengontrak atau ngekost. Memang akan memakan sebagian gaji Lo bro, tapi memang nggak ada opsi lain, kan? Sementara Lo belum memiliki rumah pribadi, sebaiknya pilihlah dan sewa tempat tinggal dengan harga yang terjangkau. Kalau bisa Lo join dengan teman Lo agar harganya lebih murah. Jika Lo saat ini masih ngekost atau mengontrak di tempat yang mahal, pikirkanlah kembali resolusi Lo untuk memiliki rumah bro.

5. Mencicil

Melakukan cicilan atau angsuran sah-sah aja kok, bro. Tapi sebelum memutuskan untuk mencicil, pertimbangkan matang-matang ya, pertimbangkan lokasi rumah, durasi cicilan, perusahaan pembiayaan yang Lo tuju dan pastikan Lo mendapatkan informasi sejelas-sejelasnya terkait layanan KPR. Dan yang paling penting, pertimbnagkanlah penghasilan Lo dengan nilai cicilan KPR yang harus Lo bayarkan setiap bulannya. Lo musti cermat dalam perhitungan keuangan Lo ya. Kuncinya Lo jangan tergoda dengan jangka cicilan pendek cuma karena bunga yang ditawarkan jauh lebih ringan, bro. Sekali lagi, Lo tetap harus tetap menyesuaikan kemampuan bayar Lo. Ketika Lo sudah punya dana yang cukup untuk mengajukan KPR, maka ajukanlah, bro.

Nah, itu dia bro tips bagaimana memiliki rumah di usia muda versi Gentlemancode. Kalo Lo menjadikan rumah sebagai kebutuhan yang pengadaannya bersifat prioritas, maka jangan pernah tunda untuk memilikinya. Memang dibutuhkan perjuangan dan waktu yang nggak sebentar. Beda cerita kalo Lo memiliki rumah karena warisan orang tua, bro. Rumah memang bukan segalanya, tapi yang perlu diingat, rumah akan menjadi tempat yang hangat buat keluarga Lo kelak, dan menjadi tempat Lo kembali untuk melepas lelahnya bekerja. Semoga keinginan Lo untuk memiliki rumah pribadi segera tercapai ya, bro. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di-share ya! Thanks!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini