gentlemancode.id
7 Hal yang harus Dilakukan Dalam Persiapan Pernikahan

7 HAL YANG HARUS DILAKUKAN DALAM PERSIAPAN PERNIKAHAN

Published on Thursday, 12 April 2018

Menikah adalah salah satu hal yang didambakan oleh setiap orang. Bisa hidup bersama dengan orang tercinta dan memiliki keturunan adalah salah satu anugerah paling indah di dunia yang diberikan oleh Tuhan.

Buat Lo yang sudah yakin dan mantap untuk melanjutkan hubungan ke tahap yang lebih serius, ada beberapa hal yang harus Lo lakukan dan jangan sampai terlewat. Apa aja? Simak di bawah, bro!

1. Samakan Persepsi Mengenai Konsep Pernikahan

Indonesia dengan kultur dan budaya yang begitu beragam menyebabkan pertemuan pasangan beda latar belakang jadi sangat mungkin terjadi. Perbedaan suku, ras, marga, maupun negara sangat mungkin terjadi sama Lo bro, apalagi di zaman modern ini.

Ketika sudah mantap untuk menikah, kalian berdua harus sepakat dulu tentang bagaimana konsep pernikahannya. Apakah menggunakan adat mempelai wanita, adat mempelai pria atau menggunakan tema modern saja.

Kesamaan persepsi ini akan bisa membuat Lo lebih mudah menyampaikan ke orang tua masing-masing, sehingga tidak ada ekspektasi yang begitu tinggi dari masing-masing keluarga.

2. Bilang ke Orang Tua Lo dulu Baru Kemudian Orang Tua Pasangan

Sampaikan ke orang tua Lo bahwa Lo sudah yakin dengan calon yang Lo pilih ini. Sampaikan juga apa yang menjadi alasan Lo memilih dia sebagai pendamping hidup Lo nanti.

Setelah menyampaikan niat baik Lo tersebut ke orang tua Lo, saatnya "meminta" persetujuan dan restu dari orang tua pasangan. Sebagai gentleman, katakan kalau Lo sudah siap untuk berumah tangga dan bertanggung jawab atas hidup pasangan Lo ke mereka. Hal itu bakal bikin orang tua pasangan menjadi yakin dan 100% akan mendukung keputusan kalian berdua untuk menikah.

3. Buka Tabungan Bersama

Biaya untuk menikah itu gak murah lho, bro! Mulai dari sewa tempat, catering, jumlah tamu yang diundang, dokumentasi, dekorasi sampai penyewaan band untuk mengiringi resepsi.

Memang sih pengeluaran untuk menikah bisa disesuaikan dengan budget masing-masing pasangan. Tapi, berapapun budget Lo, Lo tetap harus mempersiapkannya dengan baik. Nah, biar duit Lo nggak ilang gitu aja, segera buka tabungan bersama, bro. Tabungan tersebut khusus dipakai untuk persiapan-persiapan pernikahan mulai dari beli mas kawin, biaya lamaran (kalau ada), biaya akad nikah sampai resepsi beserta printilan-printilannya.

Tentukan juga jumlah tabungan yang mampu kalian berdua setor ke rekening tersebut. Memang harus ada pengorbanan seperti mengurangi jatah "belanja" tiap bulan, tapi jangan sampai keterlaluan ya bro. Harus tetap balance dengan kebutuhan primer Lo.

4. Saling Mengingatkan Kalau Persiapan Menuju Pernikahan Adalah Salah Satu yang Terberat

Masa-masa persiapan pernikahan adalah masa di mana kalian berdua secara ajaib bisa jadi tiba-tiba nggak yakin dengan pernikahan ini. Jangan kuatir, itu umum kok dirasakan oleh setiap pasangan. Gimana engga, Lo akan menyerahkan seumur hidup Lo sama dia. Dia bakal jadi orang orang pertama dan terakhir yang Lo liat setiap harinya. Wajar kalau kalian bisa punya momen nggak yakin kaya gitu.

Nah, di sinilah perlunya kedewasaan dan sikap saling pengertian. Kedua belah pihak harus rela ngalah sama pihak lain yang ngerasa tiba-tiba down dan nggak yakin. Tugas Lo sebagai calon suami adalah ngasih tahu kalau dia adalah pasangan terbaik buat menemani sisa hidup Lo, begitu juga sebaliknya.

Jangan sampai momen kaya gini menghambat persiapan pernikahan Lo ya, bro!

5. Sampaikan dan Diskusikan Ide Konsep Pernikahan ke Orang Tua

Lanjutan dari poin nomor 1. Setelah Lo berdua sepakat dengan konsep pernikahan kalian, sampaikan juga kepada orang tua kalian ya, bro. Sampaikan berapa nominal uang yang bisa Lo berdua kumpulkan, untuk kemudian menyesuaikan konsep dan tipe pernikahan Lo nanti.

Usahakan jangan sampai berhutang apalagi sampai menjual asset seperti rumah maupun mobil. Kehidupan Lo berdua masih sangat panjang dan nggak wise aja kalau Lo berdua udah menghamburkan uang "cuma" buat pesta pernikahan. 

Banyak yang bilang kalau pernikahan anak itu juga ada "gengsi" orang tua. Nah, di sinilah pinter-pinternya Lo untuk melobi orang tua masing-masing agar bisa sejalan dan sepikiran dalam menjalani persiapan pernikahan.

6. Komunikasikan Setiap ada Masalah yang Terjadi

Masalah itu datang nggak kenal waktu bro termasuk ketika Lo lagi mempersiapkan momen bahagia Lo. Untuk itu, komunikasikan setiap masalah yang kalian alami jangan sampe dipendam sendiri. Dengan mengkomunikasikan setiap masalah yang terjadi, maka akan semakin cepat masalah tersebut selesai dan nggak akan mengganggu persiapan lainnya. 

7. Toleransi

Ini yang paling penting! Lo akan menyatukan dua keluarga. Dua keluarga dengan latar belakang berbeda yang akan menjadi satu. Sebagai calon suami, Lo harus bisa memposisikan diri dengan baik antara kedua belah pihak.

Memang terkadang ada aja ketidakcocokan antara kedua keluarga ini, dan itu merupakan salah satu ujian buat kalian berdua. Jangan sampai ada satu pihak yang merasa dirugikan ya.

Buat Lo yang lagi mempersiapkan pernikahan, semoga semuanya berjalan lancar ya sampai hari H nanti. Buat yang belum, jangan putus asa bro! Tetap semangat karena jodoh Lo lagi nunggu disuatu tempat.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini